Posted in Travel stories

Nyepi Staycation di Novotel Nusa Dua Bali

NYEPI = Bali’s Day Of Silence

Nyepi merupakan Hari Raya umat Hindu untuk memperingati tahun baru Saka. Hari Raya ini biasanya ditandai dengan beberapa ritual keagamaan baik sebelum atau sesudah Nyepi seperti melasti dan pawai Ogoh-ogoh. Pada saat Nyepi berlangsung (Selasa, 28 Maret 2017) terdapat ritual Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelunganan dan Amati Lelanguan seperti info di papan pengumuman hotel dibawah ini. Pada intinya pulau Bali untuk 1 hari mati suri mulai dari 6 pagi sampai dengan 6 pagi keesokan hari.

APA? NYEPI DI BALI? YAKIN? NEKAT!!!!!

Hahaha, gitusih reaksi pertama saya ketika suami memutuskan untuk long holiday di Bali.

Mau tau apa aja sih yang bisa kita lakukan di saat NYEPI di BALI?

Keuntungannya liburan Nyepi di Bali itu adalah tiket pesawat (kecuali H-1 Nyepi) dan akomodasi hotel relatif murah. Banyak hotel menawarkan paket Nyepi selama 2 malam 3 hari. Suami akhirnya memilih Novotel Nusa Dua karena dapat tawaran menarik dari Accor Vacation Club dengan upgrade kamar ke one bedroom condo dan extend selama 2 malam dengan harga ciamik, sehingga kami menginap selama 4 malam 5 hari.

Liburan ke Bali sebenarnya rencana yang cukup mendadak dan NEKAT! ini jadi pengalaman perdana saya liburan bersama 2 anak tanpa membawa nanny karena mbak sus pulang kampung ke Solo.

Gimana rasanya? seneng, deg-degan, capek dan challenging. Badan luluh lantah remuk redam karena adek A nemploook terus sama saya, asli nggak mau lepas dari dekapan ibunya. Bapaknya nggak laku. Saya sampe nggak bisa ngapa2in. Ke kamar mandi nemplok, mau masak di pantry nemplok, mau bersihin kamar nemplok. Kayaknya adik A aji mumpung. Kesempatan mumpung mbak sus nggak ada dan ibunya nggak kerja, langsung lengket kayak perangko. Mana susah makan lagi, maunya cuma ASI sama cemilan2 aja. Ibu setrooooooong.

Setrooong sebatas fisik aja, yess! tapi emosi??? Tantangan TER-berat adalah menahan emosi dan sabar yang TER-nyata saya KALAH dengan ketidaksabaran saya sendiri. Nyesel dan sedihnya masih keinget sampe sekarang :”(. Saya jadi ngerti kondisi ibu2 yang “tega” menganiaya anak sendiri karena ketidaksadaran atau ketidaksengajaan akibat nggak bisa menahan emosi. Lewat Setan sedetik, akal sehat lenyap seketika dan manusia bisa aja melakukan sesuatu yang berbahaya. Hiiiii, ngeri aaaah ngebayanginnya….

Enough said! lanjut ngomongin liburannya aja yaaa……

20170325_150138

So, this is our room One Bedroom Condo for 4 nights 5 days.

Livingroom

Lumayan luas untuk keluarga kecil dengan 2 anak. Fasilitas lengkap mulai dari spacious livingroom dan diningroom yang sofanya bisa dibuka dijadiin bed. Pantry lengkap dengan aneka peralatan masak dan makan, kompor listrik, microwave, toaster, kulkas besar, tempat cuci piring berikut sabun dan sabutnya.

Penerangannya yang menurut saya terlalu redup temaram, ditambah lagi lantai dari parket coklat tua jadi tambah gelap. Kesannya sih romantis, tapi maklum mata udah jompo jadi butuh lampu yang terang apalagi kalau buat masak.

Bedroom & Bathroom

Kamar tidurnya relatif sempit menurut saya, malah lebih besar bathroom daripada bedroom. Bednya pun hanya queen size jadi kalau untuk tidur berempat nggak muat. Jadi saya dan adik A tidur di kamar, suami dan mas B tidur di livingroom.

Di kamar tidur ada balkon yang menghadap ke taman tapi saya lupa foto… lumayan bisa buat santai2 kalau suntuk di dalam kamar melulu.

Bathroomnya gedaaa nggak kira-kira, saya kurang suka karena walaupun besar tapi nggak ada bathtubnya cuma ada pancuran. Walaupun pancuran dan toilet dipisah tapi nggak ada pintunya, Huuuwaaa. Jadi yaa ngablak aja gitu. Udah gitu tau gak? mosok ruang toiletnya ada jendela gede dengan kaca buram yang persis menghadap ke lorong luar. Makjaaaaaan, bayang-bayang kita yaa pasti keliatan laah dari lorong luar. ME DON’T LIKE IT! Walaupun kami masih 1 keluarga tapi urusan biologis saya tetep butuh privasi, which means toilet is supposed to be tertutup, harus ada pintunya. Titik.

Ooooh ya soal jendela besar di toilet itu bikin masalah juga saat NYEPI kemarin itu. Jadi pas jam 6 sore itu kan seluruh tamu hotel disuruh masuk kamar, nggak boleh keluar2 dan nggak boleh keliatan lampu dari luar. Jadi kita udah siap2 tutup semua gorden sampe rapetpet. Naaaah kecolongan deh tuuuh jendela yang di kamar mandiri karena kan nggak ada gordennya. Jam 7 malam security ngetok2 kamar kita, minta kita untuk matiin lampu di kamar mandi. Yaudaaah laaah jadi pas malam saya kebeles pipit, cenanak cenunuk gelap2an masuk ke kamar mandi. Hiiih rempong deeeh… Naah paginya pas kita keluar kamar, saya liat condo di sebelah ternyata ngakalin jendela kamar mandinya ditutup pakai bantal guling. Hahahaha, mana kepikiran yaa…..

Di dalam bathroom tersedia juga sink besar dan mesin cuci, jadi lumayan bisa nyuci2 dan ngeringin di mesin juga.

Untuk kualitas akustik dindingnya menurut saya terlalu tipis, jadi beberapa malam saya masih denger suara berisik saat ada anak lari-larian di lantai atas dan orang ngobrol di balkon kamar bawah.

Kids Club

Saya suka banget sama kids clubnya. OK punya! caretakernya ramah, nggak membedakan kita tamu dari lokal dengan tamu international. Semua disapa dengan ramah and i mean with genuine, ikhlas gitu senyumnya. Kegiatannya banyak dari pagi sampai sore. Kebetulan karena libur Nyepi, jadi banyak penduduk Bali yang nggak Neypi memanfaatkan hotel untuk staycation dengan keluarga dan anak2. Jadi Kids club rame dan selalu full dengan anak2.

Kegiatannya ada indoor, ada outdoor. Waktu H-1 Nyepi, hotel mengadakan pawai ogoh-ogoh versi mini. Anak2 bule didandanin dengan kostum Bali, lalu mengikuti prosesi ogoh-ogoh mulai dari sembahyangan, ngarak ogoh-ogoh keliling hotel. Lucu deh. Blessing in disguise, walaupun batal/gagal liat pawai ogoh-ogoh di pusat BTDC, tapi cukup senang liat yang versi mini di hotel. Sayang sih sebenernya, kalau liat langsung pasti lebih seru dan menarik, udah kadung mager.

Outdoor Facility

Waktu Nyepi kemarin, semua penghuni hotel tumpah ruah di kolam renang dan taman. Nyepi itu hanya berlaku di perumahan dan jalan-jalan, tapi nggak berlaku di hotel. Hahahaha. Asli looooh, ramenya kayak pasar. Ada yang berenang, makan buffet di restoran, main2 di playground, olahraga di taman (badminton, bola, kasti, catur) dan anak2 kumpul di kids club.

Oooh iya, playground untuk anak2 menurut saya lokasinya kurang pas karena kalau siang kesentor matahari yang panassssnya luar biasa, jadi anak2 kalau main disitu agak bahaya karena selain kulitnya bakal terbakar, playsetnya pun panas kalau dipegang. Harus ditambah pohon kaliyaa supaya rindang. Waktu yang paling cocok buat main di playground mulai jam 4 sore, dimana angin lumayan sejuk dan matahari mulai terbenam.

Saking luasnya Novotel Nusa Dua ini, disediakan juga golf cart untuk mengantar tamu yang lokasi kamarnya jauh dari lobi. Kami pun sempat diantar pake golf cart ini.

Beberapa tips untuk mentemen yang mau liburan Nyepi di Bali:

  1. Don’t expect too much untuk bisa keliling atau berwisata pulau Dewata Bali selama beberapa hari sebelum hari raya Nyepi. Menjelang Nyepi biasanya penduduk Bali sudah sibuk menyiapkan acara dan sembahyang. Acara yang bisa kita nikmati minimal melihat melasti di pinggir pantai atau di Pura. Dapet sewaan mobil untuk 2-3 hari sebelum Nyepi aja udah alhamdulillah. Karena mobil2 yang biasa disewa biasanya akan dipakai pemiliknya untuk keperluan sembahyang dan melasti. Saya cukup bersyukur bisa sewa mobil untuk 2 hari. Itu juga bener2 dimanfaatin hanya untuk belanja dan cari makan.
  2. Cari hotel yang memiliki fasilitas dan kegiatan lengkap sehingga walaupun cuma beraktifitas di dalam hotel tapi tetap menyenangkan dan nggak membuat bosan.
  3. H-1 Nyepi saya saran untuk melihat pawai Ogoh-ogoh. Pawai ini diadakan oleh semua banjar. Contohnya beberapa banjar di Nusa Dua membuat aneka macam Ogoh-ogoh dan acara puncaknya diadakan di pintu masuk BTDC. Jadi disana dibuat panggung besar untuk atraksi Ogoh-ogohnya. Atau di Kuta dipusatkan di Legian.
  4. Apabila masih ada keperluan untuk belanja, cari makan atau lainnya, manfaatkan waktu semaksimal mungkin di H-1 Nyepi s.d jam 12 siang. Karena mulai sore hari sekitar jam 2 banyak tempat dan akses jalan ditutup untuk persiapan Ogoh-ogoh dan sembahyang. Lengkapi keperluan masak/makan untuk 1 hari di saat Nyepi terutama untuk anak2.
  5. Ikuti peraturan hotel dengan tertib dan nyaman. Walaupun di saat Nyepi kegiatan ditiadakan dari jam 6 pagi s.d jam 6 pagi besok harinya, tapi khusus untuk hotel masih diperbolehkan berkegiatan di area dalam hotel dari pagi s.d jam 6 sore. Bebas mau kegiatan apa aja, mulai dari berenang, olahraga, spa, main dengan anak2 dll. Jam 5.30 sore seluruh fasilitas hotel tutup sudah nggak terima order mulai dari spa, restoran, kolam renang. Jam 6 sore semua tamu diminta untuk masuk ke dalam kamar, tutup semua akses penerangan supaya nggak terlihat dari luar s.d jam 6 pagi keesokan hari. Hotelpun ikut mati suri. Hanya kedengaran suara jangkrik dan tokek. Krik krik krik, toook keeeeek.

Kayaknya segitu dulu tipsnya untuk Nyepi Staycation. Kalau ditanya kapok nggak liburan ke Bali di saat Nyepi? Nggak sama sekali. Judulnya juga staycation, dengan catatan: dapat hotel dengan fasilitas dan kegiatan lengkap/bagus yaaa……

Selamat berlibur….

Save

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

7 thoughts on “Nyepi Staycation di Novotel Nusa Dua Bali

    1. Iyah Adhya, hotel yg luas penting juga supaya ruang gerak & view kita lebih bebas cuma lumayan encok sih kl jalan dr kolam renang/cafe/lobi ke kamar sambil gendong anak 10 kg ahaha… jauuuuh

      Like

  1. Bagian ‘ga bawa mba’ ini sempet jadi isu antara gw n keluarga. Mereka ga paham kenapa gw berisik soal kids friendly area, karena selama ini adek n ibu saya selalu punya mba buat jaga anak selama mereka makan atau santai. Lah si mba ini cuma bdua bapake 😄

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s