Perawatan pasca melahirkan

image

Sama seperti 5 tahun lalu, 2 minggu setelah melahirkan saya menjalani perawatan pasca melahirkan Paripurna ala putri Kraton… hahaha kraton wasaritooon… katanya siiih supaya badan kembali langsing singset kenceng, nggak cepet capek, lebih seger, ASI lancar, muka lebih bercahaya dan body makin rapet mrepet peeet 😛

Kenapa baru 2 minggu kemudian? Soalnya saya masih cooling down dulu dari super jetlag selesai proses lahiran yang super mendadak dan konsentrasi ke kesehatan baby A.

Kalau dulu saya pakai paket jamu bersalin 40 hari dari Akar Sari dan homemade herbal drink aja, sekarang saya tambah paket dari Dian Mustika, rekomendasi dari temen saya, jadi nggak perlu repot guritain, stagenin dan mbekung badan sendiri karena ada massage therapist yg bantu..

So let’s review one by one….

1. Paket Jamu Bersalin 40 hari Ny. Meneer
Paket ini isinya berbagai macam ramuan herbal dan jamu sesuai kegunaannya.

– Pilis
Pilis adalah bubuk padat yg mengandung ganthi, kencur, kunyit, mint dan kenanga. Fungsinya untuk melancarkan peredaran darah di kepala, menghilangkan rasa pusing, mencegah naiknya darah putih ke kepala, menjaga kesehatan mata dan supaya pikiran bisa seger kembali.
Cara pakainya ambil 1 butir pilis, campur air hangat secukupnya, digerus dan dilarutkan sampai mengental lalu oles di kening. Pilis ini dipakai setiap habis mandi pagi dan sore sampai mengering lalu dibersihkan dengan air.
Saya paling suka pake pilis, rasanya adem dan maknyess gitu. Aroma jamunya juga bikin relaxing.

– Tapel
Tapel merupakan bubuk padat kering, mengandung tepung beras, kencur, adas, pulosari, bangle, klabet jahe, dan kayu manis. 
Fungsinya untuk mengecilkan, mengencangkan dan menghangatkan perut, menghilangkan selulit.
Biasanya saya pakai tapel ini setelah habis massage. Tapel dicampur dengan minyak telon dan air jeruk nipis, dibalur di perut lalu dibebet pake gurita dan stagen sampai se-sesek-seseknya. Ngek ngok! Sadisss banget lah si mbak terapis mbebetnya.

– Parem
Parem berfungsi melancarkan peredaran darah, menguatkan ginjal, membersihkan darah, melancarkan ASI dan menyegarkan badan, Membuat wajah selalu berseri-seri dan tampak awet muda. Parem ini seharusnya dipakai di tangan, kaki dan betis, cuma kali ini saya nggak pakai karena ribet yaa dan kalau jalan kemana2 bikin seisi rumah jadi kotor. Padahal kalau pakai Parem itu enak loh rasanya. Dulu masih sempet pakai karena baru anak pertama nggak mesti kesana kemari.. kalau sekarang udahlaah mesti ngegendong baby masih harus ngejar2 dan ngurusin mas Baron pulak kan.. rempong..

– Pil jamu
Sebenernya untuk jamu yg diminum ini ada 2 pilihan: pil atau bubuk yang diseduh. Saya pilih pil dgn alasan tinggal glek! Eitsss tapi tunggu dulu… sekali glek itu 15 butir yaa.. bentuk pilnya sendiri bulet kecil kayak biji pepaya.. buat saya yg biasa minum pil/tablet harus pake pisang, ini nyiksa banget.. kadang sampe pisangnya abis pilnya blum juga ketelen.. hahaha..

Pil ini terdiri dari 4 dus yang diminum sesuai tenggat harinya mulai dr hari ke 1 s.d hari ke-10, 11 s.d 20, 21 s.d 30, 31 s.d 40.

Dulu waktu beli yg Akar Sari saya hampir habis separonya abis itu bosen nggak saya terusin lagi. Naaah kemarin itu waktu saya minum pil Ny Meneer itu baru juga minum di hari ke 1, malemnya perut saya sakiiiiiit minta ampun…. periiiiiih ngilu kontraksi kayak mau melahirkan lagi gitu.. (padahal selama 2x melahirkan c-section saya nggak pernah ngerasain kontraksi)… gilak itu rasanya.. semaleman nggak bisa tidur cuma gulang guling kiri kanan.. abis itu saya nggak berani minum lagi.. kata si mbak terapis siih sebenernya itu bagian dari proses pembersihan darah kotor tapi harusnya nggak sakit… buktinya temen saya yang sama2 abis melahirkan sukses minum pil ini sampe hari ke 40.. wis lah mboh saya nggak berani coba lagi daripada terjadi sesuatu yg nggak diinginkan… soo, pil jamu sampai sekarang masih utuh deh..

2. Paket perawatan Dian Mustika
Paket perawatan ini atas rekomendasi temen saya. Saya ambil yang paket 15 hari nonstop. Setiap hari terapis dateng ke rumah buat massage dan totok from head to toe, penguapan/meratus pake ramuan/rebusan rempah dan diakhiri dengan mbekung pake stagen dan gurita yang harus dipake at least 12 jam.

Massage/totoknya pake massage oil dari si mbaknya dicampur minyak telon, baby oil dan ditambah lagi lotion pelangsing dari eascox. Kalau lotion ini sifatnya extra yaa, beli terpisah dari paketnya karena ini proyek tambahan laaah dari si terapis. Semacam MLM gitu. Tapi saya pikir kalau emang produknya bagus bolehlah dicoba. Pake produk/slimming lotion yg lain juga boleh atau yg biasa kita pakai. Kalau alat lainnya kayak stagen, gurita, jamu2an semua diprovide dari Dian Mustika. Saya tinggal siapin kasur utk massage, panci seliter utk godog jamu, sarung, bangku plastik yg tengahnya berlubang, ember, gayung buat proses penguapan dilanjutin mandi rempah..

Hari ke-1 s.d hari ke-5 ditotok saya jejeritan kesakitan. Itu sakitnya gilaaaa mbaknyaaa… ngilu banget gegara otot masih keras mrengkel-mrengkel, sampe biru-biru kulitnya kayak abis di-abuse gitu. Lagian mau aja siih ya bayar mahal buat disiksa. Beauty is paaaaaain…

Nah tujuannya ditotok itu biar peredaran darah di seluruh badan lancar, mengurangi rasa capek/pegel pasca melahirkan, melangsingkan badan, muka lebih tirus dan cliiiing, ASI makin lancar, singset seeet bak putri kraton…

Hari ke-6 dan seterusnya uda lebih enakan nggak jejeritan dan uda nggak sakit lagi. Trus rasanya gimana? Yaaa badan terasa lebih enteng, muka lebih tirus (katanya) dan BB lumayan turun sekilo. Haaah sekilo doank? Yabessss busui kan makannya banyaaaak, hahahahaha…. *pembenaran*

Tapi emang bener deeeh, enak banget rasanya. Bedanya ditotok sama enggak itu baru kerasa justru seminggu setelah selesai perawatan hari ke-15. Pas uda nggak ditotok lagi badan jadi cepet capek, pegel dan kaku. Tadinya saya mau lanjutin lagi sampe sebulan tapi setelah dipikir kalau setiap hari harus meluangkan waktu at least 2 jam utk perawatan kayaknya sayang aja. Mending waktunya saya pakai quality time sama mas Baron dan baby A. Uda gitu sayang juga kalau harus pake tabungan ASI selama saya dirawat, mending disimpen buat nanti kalau saya uda masuk kantor lagi.

Perjuangan blum berhenti di hari ke-15 loooh.. sesudahnya kalau masa nifas uda selesai dan baby uda nggak kuning masih lanjut sama perawatan sendiri di rumah berupa uap ratus, jamu sari rapet, masker untuk PD dan jamu godogan/rebusan yg diminum selama 3 hari berturut dan rasa pahitnya nggak ilang sampe 7 generasi….. minumnya aja sambil merem melek kinyir-kinyir saking paitnya… cantik dan sehat itu butuh pengorbanan ndoro ayu…. bleeeeeeh!

image

3. Homemade Herbal Drink
Naaaah kalau yang ini favorit saya. Setiap pagi saya harus, kudu, wajib minum herbal drink ini. Eitts tapi jangan salah, kalau yang ini rasanya enak, pahit sedikit tapi lebih banyak segernya.

Jadi abis sarapan saya selalu minum air kacang ijo. Kadang kalau mbak cus bikin bubur kacang ijonya yaa saya makan juga, hahahaha, lapeer apa maruk buuk. Abis itu lanjut jamu uyup2/pelancar ASI yang dibeli di pasar Mayestik berikut beras kencurnya. Jamu dari pasar Mayestik ini aselik seger deh, nggak pahit dibandingin jamu lainnya, favorit saya niiih. Kok ya pas dilalah mas D dapet oleh-oleh wedang uwuh jadi saya ikutan rajin minum itu juga. Kadang panas kadang dingin. Cucok deeeh, Suweegeeeeerrrr…..

image

Konon kata saudara/temen saya yang dateng ke rumah, body saya cepet balik ke sebelum hamil.. yaa Alhamdulillah disyukuri aja yaa, padahal masih ada PR nurunin 7 kilo lagi niii buat ngebuang sisa-sisa tetelan.. caranya yaa cuma 1, Olahraga!! Kalau busui disuruh diet maah nyerah deeeeh….

11 thoughts on “Perawatan pasca melahirkan

  1. NisadanChicco says:

    Rajinn banget sin… Gue dulu pasca lahiran pake semua itu pilis parem dkk kecuali minum pilnya n jamu2an ahahah gak ketelen.prefer banyakin makan sayur buah aja.walau gak sengaruh minum jamu2an yaa..

    Jadi pengen dipijett jugaaa nih

    Like

    • Kalau secara pribadi sih yang paling berasa, rasa pegel2 cepet hilang, peredaran darah terasa lebih lancar dan ASI lebih lancar.

      Cuma aku nggak percaya dengan metode instan jadi yaa, kalau pola makan masih berantakan sih jangan harap bentuk body cepet balik ke kondisi semula… tetep harus olahraga….

      Like

  2. Firdaus Estin says:

    mba, boleh share atau titip beli smua jamu2nya yg diminum? dari ny. meneer sampe smuanya mba? hehehe soalnya ditempatku ga ada yg jual jamu2 gitu mba. boleh dibantu mba. mantep bgt soale.. makasih ya.. Firda

    Like

    • Hi mbak… sepertinya di onlineshop udah banyak yang jual kok… mungkin bisa lebih cepet sampenya daripada titip sama saya, hehehehe…… Tapi kalau bisa pilih yang bubuk asli ya, jangan yang instan karena biasanya banyak gulanya….

      Like

Leave a comment