Posted in Beauty Talk, Health, Pregnancy Journal

Skincare essentials untuk ibu hamil

image

Belajar dari pengalaman hamil pertama yang sempet bikin kulit kering, meregang, mengelupas dan gatal2, di kehamilan kedua beberapa bulan yang lalu, saya jadi lebih ekstra care sama urusan perawatan kulit dan badan. Kebetulan bawaan calon anak perempuan juga kalik yaa jadi lebih ‘agak’ rajin dan centil ngurus badan.

Kemungkinan karena faktor hormon, saya jadi super sensitif masalah perwangian dan perbauan jadi saya cari skincare yang wanginya soft bahkan nyaris tak berwangi. Dulu sempet pake skincare dari Sebamed tapi berasanya kok kayak pake obat ya dibanding beauty skincare jadi sekarang cari alternatif skincare lain dan akhirnya pilihan jatuh ke skincare dibawah ini.

1. L’occitane extra gentle soap
Pertama coba sabun ini dapet dari beauty kit salah satu hotel atau airline gitu deh. Gretongan boo’.. qkqkqk. Awalnya sih biasa aja tapi setelah hamil ini dicoba lagi saya jadi suka. Baunya gak terlalu wangi, slighty milky tapi seger, moist/nggak bikin kulit kering. Konon sabun batangan kan emang lebih bagus daripada sabun cair. Untungnya urusan kulit hamil kedua nggak separah hamil pertama, saya masih bisa kombinasi sabun ini dengan sabun baby atau kadang2 pake sabun cair juga tapi tetep L’occitane extra gentle soap ini jadi sabun utamanya.

2. L’occitane extra gentle lotion + L’occitane velvet balm
Dari semua skincare yang saya pakai untuk muka dan badan, saya paling suka dan paling boros pake body lotion. Punya beberapa merk dan jenis body lotion tapi untuk saat ini saya pakai si L’occitane dulu. Malah body lotion saya yang wanginya cukup strong (buat hidung sensitif bumil) saya hibahkan ke adik saya. Nggak kuku sama wanginya. Awalnya saya pake L’occitane extra gentle lotion on daily basis setiap habis mandi. Kadang kalau siang berasa pliket/keringnya, saya suka kombinasiin pake lotion dari Nivea.

Trus berhubung stoknya uda habis (seperti keliatan di foto), pas mau beli lagi di counter eeeh dilalah tergoda sama rayuan BAnya, akhirnya bungkus deh L’occitane velvet balm yang harganya 2x lipatnya gentle lotion. Alamakjaaaan, bangkruts deh eikeee… etapii tunggu dulu.. beneran nggak nyesel beli si velvet balm ini. Rasanya asli lebih moist, lebih creamy dan wanginya lebih seger dari si lotion tapi nggak lengket. Berhubung harganya lumejeeen ya neeek, velvet balm ini biasanya saya pakai sedikit-sedikiiit *nggak mau rugi* sebelum tidur di tangan dan bagian badan yang cenderung lebih kasar seperti siku. Berharapnya sih kalau dibawa tidur, bisa lebih meresap di kulit biar makin lembut and smooth 😉

3. L’occitane gentle hand cream
Ini kayaknya hand cream sejuta umat yaa. Temen saya di kantor sampe nyimpen yang ukuran giant sizenya looh jadi saya suka minta deh, hehehehe.. Maklum bumil seharian di kantor ber AC dan kadang kurang minum air putih, yg keserang duluan biasanya kutikula jd pecah2. Jadi saya sering pake si hand cream ini di sela2 kuku supaya nggak pecah lagi.

4. Bio Oil
Bio oil ini termasuk mainan baru. Saya sering liat iklannya tapi baru bener2 ngeh ini produk apa waktu ikut TUMluncheon bulan April yang lalu dan begitu dengerin penjelasan dari narasumbernya kalau produk ini cocok untuk ibu hamil dan bayi, langsung mikir hhhhmmm boleh juga nih produk. Cuss deh langsung beli dan bener2 nggak nyesel. Love at first sight deeh sama Bio Oil. Sukak bangettt!!
Saya yang biasanya males2an pake produk yang bersifat oily, sama Bio Oil ini rajin banget di lesoles ke seluruh badan khususnya area yang banyak stretchmark kayak perut, pinggang, pinggul, betis dan siku.. bahkan di muka pun saya suka pake… laaaaah semuwa badan donk ituuuh.. hahahaha… konon bisa menghilangkan stretchmark dan bekas luka, tapi kalau stretchmarknya uda berabad-abad kayak punya saya gini sih nggak jaminan yeee, agak samar2 dikiiiiiit boleh laaaah daripada nggak dipakein apa2 sama sekali..
Karena Bio Oil kandungannya alami dan suka saya oles di muka, untuk sementara jadi pengganti SKII FTE yang jarang saya pakai selama hamil. Enak sih kulit jadi kenyel-kenyel goewy like a jelly gitu.. hihihi…

5. Kerastase Spesifique anti dandruff mosturising shampoo
Buat yang punya masalah kulit kepala berminyak tapi sering berketombe kering seperti saya, ini shampoo asli mujarab bin tokcer banget! Setelah berkelana berpuluh tahun berbagai jenis shampoo, Kerastase ini satu2nya jawaban buat masalah kulit kepala saya. Saya uda pake Kerastase ini more than 5 years. Itu juga nggak sengaja kepincut rayuan BA pas ada booth di PIM *sigh.. jadi orang kok gampangan dirayu banget sik*… saya pertama coba shampoo dan 10 days serumnya. Awalnya ragu2 banget mau beli karena harganya relatif tinggi dibanding produk shampoo yang ada di pasaran tapi berhubung ini kepala uda gatel menahun dan saya pikir nggak ada salahnya laaah sekali2 coba produk “bagus”, hitung2 investasi buat rambut. And my decision never go wrong! Harga nggak boong! Mahal iya tapi super ekonomis. Haah kok bisa? Iyess.. Kalau kita beli shampoo di pasaran yang harganya relatif dibawahnya Kerastase pasti sesuka hati kaan makenya, mak srosoooot gitu yang penting busanya banyak. Kalau Kerastase ini cukup pake sedikit aja, busa nggak terlalu banyak tapi khasiatnya siiiis, langsung kerasa deeh. Untuk rambut pendek, kalau shampoo sebelumnya habis 1 botol hanya utk 1-2 bulan, kalau Kerastase ini bisa saya pakai selama 3-4 bulan untuk pemakaian rutin keramas setiap 2-3 hari. Jadi setahun cukup beli 2-3 botol aja. Susahnya Kerastase ini harus beli di salon2 tertentu, di supermarket atau beautyshop gitu nggak ada.

6. Wardah facial wash dan facial scrub
Buat urusan muka saya kan nggak suka ribet yaa, jadi cari yang praktis aja. Saya suka banget pake produk dari Wardah ini. Cocok di kulit muka saya, wanginya seger dan cocok di kantong tentunya 🙂

7. Jo Malone + Chanel Chance
Saya yang biasanya penggemar berat wewangian dari The Bodyshop dan Mark and Spencer, selama hamil kedua ini saya lagi anti berat sama merk ini. Gatau deeh kenapa, aneh banget. Even untuk wangi favorit saya White Musk dan Japanese Cherry Blossom (TBS) nggak bisa akrab di hidung saya.
Dari beberapa koleksi, 2 perfume ini yang sering saya pakai selama hamil kedua ini and Chanel Chance is my most favorite one. Perfume lain terpaksa saya karantina dulu, nanti setelah lahiran dan hormon mulai stabil mungkin bisa dikeluarin lagi. Saya lebih sering pake si Chanel Chance karena wanginya lebih sweet, sementara Jo Malone lebih fresh and light.

Untungnya di hamil kedua ini, rasa kering, itchy dan ngelupas kulit nggak seheboh hamil pertama dulu, mungkin karena udah meregang duluan kali yaa. Jadi pemakaian skincare diatas masih bisa diseling sama skincare lain yang sering dipakai jaman sebelum hamil. Senengnya waktu melahirkan di RSPI, saya dikasih gift babybag beserta isinya juga paket L’occitane isi sabun, shampoo, conditioner, bodywash and body lotion oleh pihak RSPI. Aaaaaak…. u know exactly what i’m looking for… trink trink trink…

Kalau temen-temen, skincare favoritnya apa?

Save

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

