Filosofi kecantikan Dewi Saraswati

Baru aja aq baca beauty talk Wulan Tilaar di Fimela dan dapet pencerahan baru tentang filosofi kecantikan Dewi Saraswati…

Filosofi kecantikan seperti Dewi Saraswati, seorang dewi pengetahuan dengan empat tangan. Multirole Dewi Saraswati itulah yang menjadi simbolisme kecantikan perempuan, yaitu;

  • Tangan pertama memegang sekuntum bunga, artinya perempuan tampil menarik dengan menjaga penampilan,
  • dan tangan kedua memegang tasbih yang bermakna perempuan menjadi tiang eluarga dengan keimanannya yang kuat,
  • lalu, di tangan ketiga memegang sitar yang melambangkan alat komunikasi, artinya perempuan akan cantik bila bisa bertutur kata baik, sopan, dan suaranya bisa menyatukan orang, bukan menimbulkan perpecahan,
  • tangan terakhir yang memegang daun lontar bermakna perempuan harus memiliki kemampuan atau keahlian yang membuat kita bisa berdiri di atas kaki kita sendiri.

Jadi perempuan mandiri itu harus.

iiiih, cakep banget yaaa… me like it! 😀

Past, Present, Future

Yang pertama: Hari kemarin. (PAST)
Kita tak bisa mengubah apa pun yang telah terjadi. Kita tak bisa menarik perkataan yang telah terucapkan. Kita tak mungkin lagi menghapus kesalahan; dan mengulangi kegembiraan yang kita rasakan kemarin. Biarkan hari kemarin lewat; lepaskan saja…

Yang kedua: Hari esok. (FUTURE)
Hingga mentari esok hari terbit, Kita tak tahu apa yang akan terjadi. Kita tak bisa melakukan apa-apa esok hari. Kita tak mungkin sedih atau ceria di esok hari. Esok hari belum tiba; biarkan saja…

Yang tersisa kini hanyalah : Hari ini. (PRESENT)
Pintu masa lalu telah tertutup; Pintu masa depan pun belum tiba. Pusatkan saja diri kita untuk hari ini. Kita dapat mengerjakan lebih banyak hal hari ini bila kita mampu memaafkan hari kemarin dan melepaskan ketakutan akan esok hari.

Hiduplah hari ini. Karena, masa lalu dan masa depan hanyalah permainan pikiran yang rumit. Hiduplah apa adanya. Karena yang ada hanyalah hari ini; hari ini yang abadi. Perlakukan setiap orang dengan kebaikan hati dan rasa hormat, meski mereka berlaku buruk pada kita. Cintailah seseorang sepenuh hati hari ini, karena mungkin besok cerita sudah berganti. Ingatlah bahwa kita menunjukkan penghargaan pada orang lain bukan karena siapa mereka, tetapi karena siapakah diri kita sendiri, jadikan mereka teman yang baik, jangan biarkan masa lalu mengekang kita atau masa depan membuat kita bingung, lakukan yang terbaik HARI INI dan lakukan SEKARANG juga!!!!!!

source : anonimous

Batik as the world heritage from Indonesia

Eyang…..
Kalau dirimu masih ada sekarang, kamu pasti bangga..
Tepat hari ini, 02.10.09, Batik dinobatkan sbg the world heritage dari Indonesia..
(Hampir) seluruh masyarakat Indonesia hari ini pakai baju batik..
Tapi kenapa baru sekarang ya Eyang, bukan dari dulu..
Di saat Eyang masih ada.. Di saat “Batik Wijaya” lagi jaya2nya.. Di saat masih banyak sesepuh pake kebaya & jarig utk baju keseharian mereka..

Eyang….
Teramat tinggi perjuanganmu pada masa itu m’besarkan & m’pertahankan batik sbg tradisi, budaya & penopang hidup keluarga..
Teramat b’kesan bagi kami, hidup di balik lembaran kain mori, wangi aroma malam, tumpukan canting, gemulainya para p’batik melukis motif2 sido mukti, sido luhur, sido mulyo, parang, kawung dll..

Eyang….
Seiring perkembangan jaman, pesona batik Solomu tergerus & terhimpit oleh modernisasi & trend fashion dari manca negara..
Kebaya & jarig yg jadi pakaian wajib pesta & acara formil tergantikan oleh mewahnya gaun malam..
Bahkan para sesepuh yg dulunya pakai jarig, kebaya & b’sanggul utk pakaian sehari2 sudah beralih ke daster modern, blouse & rok bahkan clana panjang..
“Ribet!”, begitu alasan mereka kenapa ga’ mau pakai kebaya & jarig..
“Norak! Jadul!”, begitu alasan mereka kenapa ga’ mau pakai baju batik..

Tapi sekarang smuanya berubah…..

Eyang…..
Batik sekarang sudah menjadi pahlawan di negri sendiri..
Batik sudah mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia..
Batik sudah mulai menggeliat & menunjukkan eksistensinya sendiri..
Kamu pasti bangga, Eyang..

Semoga anak cucu Eyang bisa meneruskan perjuangan melestarikan Batik Solo..
Semoga kecantikan & keagungan BATIK INDONESIA bisa bertahan sepanjang masa..

♥ ♥ special contributed to Eyang Darsowiguno, the owner of “Batik Wijaya” & Eyang Djojosisworo, the anchestor of Batik Laweyan ♥ ♥

Pantang mati sebelum ajal

Kick Andy! Minggu, 26 April 2009 | Metro TV

Hmmm, baca judulnya udah ngeri duluan ya.. Tapi ceritanya gak seserem judulnya kok.. “Pantang mati sebelum ajal” adalah topik dari acara Kick Andy yg saya tonton hari Minggu yl..

Saya merupakan penggemar acara Kick Andy karena ;
– Topiknya selalu menarik, unik & langka.. Sering kita gak sadar bahwa kejadian yg diulas sangat dekat dgn kehidupan kita / luput dari perhatian kita
– Bintang tamunya kompeten & merupakan saksi kunci/pelakon dari topik yg dibawakan
– Hostnya -Andy F. Noya- pintar membawakan acara.. Tidak banyak bicara, fokus, lugas, sharingable, knowledgeable & juga penuh canda
– Banyak pengalaman hidup yg bisa dipetik, dipelajari & dimaknai untuk kehidupan pribadi & sosial bermasyarakat

Topik pada episode “Pantang mati sebelum ajal” adalah mengenai ketegaran & kisah hidup para penderita penyakit yg berhubungan dgn kekebalan tubuh/fungsi syaraf. Bintang tamu yg hadir a.l Pepeng yg menderita multiple schlerosis dan nara sumber lainnya.

Pelajaran yg dpt saya petik dari mereka adalah ketegaran, semangat, kekuatan & dukungan dari keluarga yg sangat kuat.

Salah satu nara sumber yg pernah lumpuh total (dan skrg sudah sembuh walau tdk 100%) mengatakan bahwa kesembuhan berasal dari 3 sumber mll Kekuatan Pikiran (positif thinking, optimis & berbaik sangka), Kekuatan Iman (Kuasa Tuhan) & Kekuatan Menulis (berkarya).. Sedangkan obat hanya untuk meringankan sakit sementara saja.. SUBHANALLAH..

Saya sering mendengar juga bahwa sehat/sakitnya tubuh kita tergantung dari kontrol tubuh kita sendiri terutama dari emosi, pikiran dan hati. Sedangkan faktor luar yg berinteraksi dgn tubuh kita spt makanan, minuman, cuaca dll sifatnya hanya pemicu saja.

Kembali ke topik semula…
Quote yg paling menyentuh hati saya pada acara itu adalah pernyataan dari Nicholas (cucu Dr.Retno Is Tranggono, pemilik brand RISTRA) yg mengidap Gullian Barree Syndrom penyakit auto immune, sistem kekebalan tubuh tidak membunuh virus tapi justru menyerang sistem kekebalan tubuh di dalam diri sendiri. Menyerang syaraf sehingga seluruh otot tidak dapat digerakkan atau lumpuh.

Nicholas/Nichos quote;
“Life is worth to live, so don’t waste your life”

Mungkin terdengar sepele tp saya gak nyangka akan kluar dari seorang anak laki2 usia 13/14 thn dgn emosi yg sangat tenang.

Biasanya seseorang akan lebih bisa memaknai / menghormati hidup & lebih dekat dgn Tuhan apabila sudah pernah merasakan ‘musibah’. Selalu ada hikmah dibalik setiap musibah. (Catatan; bukan berarti sblm terjadi musibah, seseorang tidak dekat dgn Tuhan atau tidak memaknai hidupnya)

Namun dlm sakitnya, seorang Pepengpun tidak pernah mengeluhkan/memperlihatkan rasa sakit kepada keluarganya (pengakuan dari sang istri), tidak pernah berkata “kenapa harus saya?”.. “Kenapa saya bisa menjadi seperti ini?”
Dalam sakitnya, dia selalu berusaha, berpikir dan berdoa “Apa yg saya bisa lakukan untuk mengurangi rasa sakit ini? Mengisi sisa hidup ini dgn hal yg berguna bagi saya & keluarga saya?”

Seringkali dalam setiap doa saya selalu berpikir egois
————————————
Ya Allah Ya Robbi..
Limpahkan kami (saya & keluarga) dgn kesehatan
Limpahkan kami dgn kenikmatan..
Limpahkan kami dgn kemudahan..
Dekatkan kami dgn indahnya surga..

Ya Allah Ya Robbi..
Jauhkan kami dari sakit..
Jauhkan kami dari musibah..
Jauhkan kami dari petaka & marabahaya..
Jauhkan kami dari siksa api neraka..”

Engkau Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
————————————

Lalu bagaimana dgn doa mereka?? Saya percaya bahwa Tuhan itu tidak pernah berkata TIDAK.. Tuhan selalu mengabulkan sgala permintaan dari umatnya, Tuhan selalu memenuhi segala kebutuhan dari umatnya.. Hanya saja Tuhan memberikan itu semua dalam bentuk & wujud yang berbeda dalam waktu yg kita tidak tahu kapan datangnya..

My quote;
“Jangan pernah pertanyakan apa yg sudah saya lakukan hingga saya jadi seperti hari ini tapi apa yang akan saya lakukan hingga saya bisa lebih baik dari hari ini”

NB; semoga bisa menjadi pencerahan & motivasi bagi smua yg masih dalam kondisi sehat walafiat tidak kurang suatu apapun.. Kalau mereka bisa, kenapa kita tidak?

Woooohoooo, Shinta raaawcks!!! **acung jempol, telunjuk & kelingking**

♥ Shinta lagi memandang langit sunset temaram Jakarta yg merah merona dari atas balkon rumah ♥

Kartini & Kebaya

Jakarta | Hari Kartini 21.04.2009 | dendong cantiq & berkebaya bak putri solo

Kemarin siang lewat ‘halo-halo’.. Seluruh karyawan di kantor pusat & cabang dihimbau (lebih tepatnya diwajibkan) pakai baju tradisional/daerah di hari Kartini.. Seketika, pengumuman itu menimbulkan gejolak reaksi yg gak saya duga sebelumnya.. Banyak sekali penolakan atas ritual ‘kebayaan’ tsb..

Padahal waktu dulu masih di cabang, ritual kebayaan di hari Kartini maupun hari Pelanggan Nasional sudah jadi hal yg lumrah & menjadi ‘biasa’.. Bahkan jadi hari yang ditunggu2 krn kita bisa dendong lbh cantik dr biasanya, bisa pamer kebaya model terbaru, kesempatan buat narsis ria (putu2 deh kita).. malah pernah beli bahan kembaran se-frontliner warna meyah gonjreng asik mampus getoh & of course to have fun.. Special moment yg dtg 1x setahun gak bakal disia2in asal tim kita kompak, solid & positif thinking..

Beberapa ‘grundelan’ yg saya dengar..

Ibu A; ngapain sih musti pake kebaya, ribet bgt.. Mustinya yg di cabang aja yg pake kebaya kan mereka yg langsung ketemu sama nasabah.. **ssst, jgn kenceng2 bu, nanti teman2 di cabang ada yg tersinggung**

Bapak B; repot2 amat kita ni.. Pake kemeja batik ajalah.. kan uda berbau daerah tuh.. **halah alesan**

Si Mbak Z; duuuh rese ni, knapa sih musti kebayaan segala.. Gak ada kerjaan banged..

Dan komen yg paling lucu dateng dari ibu S…

Ibu S; knapa sih hari Kartini slalu identik sm kebaya? Apa gara2 Kartini pake kebaya juga? Dulu kan Kartini enak, pake kebaya tapi gak kerja kantoran.. Dirumah aja gak ngapa2in.. Lah ini kita berangkat kantor pake angkot trus kerja seharian mondar mandir meeting sana sini suruh pake kebaya, gimana ceritanya tuh.. Bla bla bla bla…

Bwahahahahahahahaha.. Kocak banget si ibu, ngedumel molo…

………….. Dan Kartinipun menjawab dari surga (diiringi backsound Sabda Alam by Ismail Marzuki; buat yg mw karaokean lirik bisa dilihat dibawah notes ini);
“Yagela aja yalow, hare gene gag mw pake kebaya?!?!?.. Lo pikir gw demen pake kebaya?!?!?.. Kalau gw bisa milih, gw mendingan pake clana skinny jeans sm tank top tali spaghetty shocking pink plus kecemete item blinky, bisa skalian ngeceng sm meneer-meneer Holander.. **Waduh Kartini apa Julia Perez ya ni??**
Peduli amat soal kebebasan wanita.. Kesetaraan gender.. Gw cuma pengen belajar.. Sekolah..
Lu enak kebayaan naek angkot, bisa lirik2an sama si kenek.. Gw dulu mw sekolah aja musti berjuang di balik senapan, cacian, makian.. Jalan kaki berkilo2 jauhnya, paling banter naik sepeda ontel kadang kereta kuda..
Mendingan gw biarin aja wanita2 di jaman gw itu berteman dengan abu, bumbu & debu.. bukan dengan buku..
Mendingan gw biarin aja yang ‘gelap’ menjadi tetap ‘gelap’ dan membiarkan kalian para wanita “jaman sekarang” untuk mencari ‘terang’nya sendiri….
Sekarang kalian tinggal nikmatin emansisapi yg gw perjuangkan dulu, uda bisa naik angkot, duduk semeja, bs ngupi2, chatting, kongkow, ngedisko (hura hura!!), cela2an, tampar2an.. BARENG SAMA LAKI-LAKI..
Malah gw denger dari para malaikat gw.. Uda banyak wanita yg ‘menjajah’ laki-laki.. Betapa nikmatnya.. BRAVO!!!!
Seandainya gw bs jadi…KARTINI MASA KINI yang udah bs nikmati ‘terang’ dunia.. Bahagianya!!”

Backsound Sabda Alam by Ismail Marzuki;
…. Diciptakan alam pria & wanita
…. Dua makhluk dalam asuhan dewata
…. Ditakdirkan bahwa pria berkuasa
…. Adapun wanita lemah lembut manja

…. Wanita dijajah pria sejak dulu
….. Dijadikan perhiasan sangkar madu
….. Namun ada kala pria tak berdaya
….. Tekuk lutut di sudut kerling wanita….

♥ SELAMAT HARI KARTINI ♥

☺ Shinta lagi kesambet arwahnya Kartini.. Tapi Kartininya langganan dugem di X2 kyknya nih..liar.. ;p..