Posted in Daily stories, Health

My 1st General Check Up

Pengalaman pertama begitu menggoda. Selanjutnya terserah anda..

Hahaha, paan sik!?

Di kantor saya kalau ada orang yg bilang “udah GCU (General Check Up) nih” atau istilah lainnya Medical Check Up (MCU) artinya usianya sudah diatas 40 tahun dan sudah dapat fasilitas gratis dari asuransi kantor.

Saya sendiri baru dapat fasilitas ini tahun lalu tp blm sempat saya pakai. Baru tahun ini atau tepatnya Jumat kemarin saya melakukan GCU tapi pakai asuransi dr kantor suami. Alasannya karena fasilitasnya lebih bagus, lebih lengkap dan lebih nyaman sih. Udah gitu kan datengnya bisa berdua, jadi sekalian ngedate gitulooh. Laaaah, ngedate kok di Runah Sakit. Hahahaha…

GCU sendiri diartikan setiap orang beda2. Setelah pengalaman pertama kemarin, buat saya fasilitas ini PENTING BANGET dan wajib setiap tahun, apalagi kalau dicover oleh pihak asuransi, karena biayanya cukup tinggi. Kalau pakai biaya sendiri mungkin bisa 2-3 tahun sekali. Saya justru heran sama temen saya yg belum permah sama sekali GCU padahal usianya jauh diatas saya. Alasan beliau karena “takut ketahuan penyakitnya apa”. Laaah padahal justru dengan deteksi dini kan kita bisa lebih awal melakukan pencegahan atau kalau emang perlu ambil tindakan segera. Tapi ya sudahlah, pendapat orang beda2 yang penting sudah diingatkan.

Enihoo, apa aja sih yg dilakukan pd saat GCU. 1st thing 1st, bikin appointment sama pihak RSnya. Setelah itu pihak RS akan kasihtau kita untuk puasa 12 jam sebelumnya, tidak boleh makan tp masih boleh minum air putih secukupnya. Paling enak kalau dapet jadual GCU pagi hari karena puasa dan nunggu antriannya gak terlalu lama. Iyes, GCU itu yg bikin males antrinya. That’s why pemilihan RS yg nyaman dan pelayanan cepat itu penting.

Pemeriksaan yg dilakukan pd saat GCU kurleb seperti ini (nggak berurutan karena tergantung antrian dan yg bisa dilayani lebih dulu)

1. Ambil darah 1 sebanyak 3 ampul dan urine dr hasil puasa 1 selama 12 jam

2. Cek berat badan, tinggi badan, suhu badan, tekanan darah

3. Cek kesehatan secara umum di dokter umum. Disini kita akan ditanya segala sesuatu ttg riwayat kesehatan yg pernah kita alami dan riwayat kesehatan keluarga mulai dari yg ringan sampai yg berat. Misalnya punya sakit asma atau nggak, tekanan darah tinggi, jantung, cancer, diabetes, riwayat operasi, patah tulang, amandel, usus buntu, mengkonsumsi obat tertentu, riwayat haid dll. Bagi pasien wanita, disini jg akan dilakukan pemeriksaan SADARI.

4. Cek THT

5. Cek mata. Saya sampai saat ini nggak pakai kacamata baik untuk membaca jarak dekat atau melihat jarak jauh, tapi akhir2 ini emang penglihatannya udah mulai berkurang sih dan efeknya sering pusing. Kalau baca udah mulai nyureng2 gt matanya. Kebanyakan mainan sosmed deh kayaknya. Hahaha… Ternyata dari hasil cek mata, mata saya perlu kacamata minus 1 dan plus 1. Naaaah kaaan udah mulai keliatan jomponya. Udah gt dokternya sempet juga bilang kalau kolesterol saya tinggi yg efek ke mata. Nah, ini saya yg mau pastikan dari cek darah tadi.

6. USG 1 untuk mengetahui kondisi kesehatan organ tubuh seperti paru2, ginjal, rahim dll. Dari hasil USG ini kayaknya saya harus lebih hati2 dlm mengkonsumsi makanan deeeh….

7. USG 2 mamography bagi pasien wanita

8. Papsmear ke dokter ginekolog bagi pasien wanita

9. Treadmill dan rekam jantung. Sebelum treadmill kita diperbolehkan untuk minum teh hangat dan 1 pcs snack untuk menambah energy setelah puasa 12 jam. Setelah itu badan kita akan dipasang alat deteksi jantung dulu baru diminta untuk jalan/lari sesuai instruksi. Target treadmill adalah detak jantung 80%. Tiap orangĀ  akan beda kondisinya. Ada yg waktunya cepat, ada yg lambat. Semakin lama kita mencapai target itu berarti semakin baik. Jadi misalnya saya baru 9 menit udah mencapai 91% dan itu baru sampai tahap jalan cepat belum lari, sementara suami saya lebih lama waktunya dan sampai tahap lari baru mencapai target. Artinya saya orangnya lebih cepet capek atau jantungnya berespon lebih cepat daripada suami saya. Secara overall, saya dan suami kondisi jantungnya alhamdulillah tergolong baik.

Semakin sering jantung dipakai untuk olahraga maka semakin sehat.

Setelah treadmill pasien diperbolehkan untuk makan besar secukupnya dan setelah itu puasa lg selama 2 jam untuk pemeriksaan darah dan tes urine yg ke 2. Biasanya sambil nunggu kita diminta utk pemeriksaan seperti di atas tadi jadi nunggunya jg gak berasa lama.

Beberapa pemeriksaan yg jadi prioritas saya adalah hasil treadmill rekam jantung, papsmear dan mamography. Karena anggota keluarga saya punya riwayat terhadap penyakit2 tersebut dan saya pun kan udah pernah operasi miom 2x. Alhamdulillah hasil semuanya baik. Hasil cek yg kurang baik justru ada di organ tubuh lainnya yg nggak saya prediksi sebelumnya. Nggak terlalu parah dan nggak perlu tindakan apa2 cuma jadi perhatian saya. Intinya saya harus jaga makanan bangetnget kalau nggak pengen kondisinya lebih parah.

Ada rupa ada biaya. Dari info teman kantor yg udah beberapa kali GCU di RS yang berbeda, beberapa faktor yg perlu diperhatikan saat kita memilih Rumah Sakit untuk GCU antara lain:

  • Kenyamanan dan kebersihan healthcarenya
  • Fasilitas antriannya
  • Keramahan dan kecekatan petugas medisnya
  • Menu makanan yang disediakan

Hal2 di atas ini akan mempengaruhi mood kita jg karena GCU itu memakan waktu kurleb 5 – 6 jam. Pengalaman saya kemarin mulai dr jam 9.30 pagi s.d jam 2 siang.

Mau GCU or no GCU balik lagi ke basic pola hidup. Jaga makanan dan rajin olahraga adalah KOENTJI. Gampang diucapkan, gampang dikomitmenkan tapi sulit dijalankan. Harus bisa dan pasti bisa.

Kira2 gitu sih pengalaman GCU pertama saya. Mentemen ada yg udah pernah GCU belum? Share donk pengalamannya…

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

4 thoughts on “My 1st General Check Up

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s