Posted in Daily stories

Serba serbi Ramadhan

Alohaa…..

Tidak terasa puasa Ramadhan tinggal 10 hari, artinya Lebaran tinggal sebentar lagi.  Selain menjalankan puasa dan menyiapkan menu berbuka dan sahur, bulan Ramadhan biasanya identik dengan acara buka puasa bersama (bukber), bazaar, pasar kaget dan sale di pusat2 perbelanjaan. Apalagi tahun ini bulan Ramadhan jatuh di bulan Juni, bertepatan Ulang Tahun kota Jakarta dengan program Jakarta Great Sale-nya. Tambah seru deh…

BUKA PUASA BERSAMA

Tahun ini saya mulai mengurangi ikut acara bukber di luar rumah. Kebetulan ajakannya juga nggak sebanyak dulu sih, selain saya juga males ngompor2in atau ngajak2in temen2 lama untuk reuni. Menurut saya, kalau niatnya mau reuni justru lebih enak diadain di luar bulan Ramadhan. Waktunya bisa lebih lama dan acaranya lebih bebas. So far, saya ikut bukber tahun ini sebanyak 6 kali aja, itu pun bener2 selektif dengan keluarga besar, 2 kali bukber kantor, teman dekat dan penutupan arisan dengan ibu2 teman Mas B (berhubung selama arisan setahun ini nggak pernah datang karena selalu weekdays dan saya kerja).

Buka puasa emang paling enak di rumah. Selain karena tuntutan adik A yang nggak bisa tidur kalau ibunya belum pulang, jadi saya nggak bisa pulang malam2. Saya sendiri males kalau mesti macet2an di jalan. Jadi berusaha semaksimal mungkin pulang tanggo, supaya bisa sampai di rumah sebelum atau tepat adzan Maghrib.

BAZAAR/PASAR KAGET

Udah jadi hal yang biasa ya kalau bulan Ramadhan itu jadi ajang jual beli. Mendadak banyak yang jadi pedagang musiman. Seru sih. Saya sih nggak jualan apa2, lebih sering jadi pembeli. Hahaha. Atau kalau saya lagi pesan sesuatu, biasanya saya koordinir pembeliannya supaya hemat di ongkir. Pokoknya nggak afdol rasanya kalau pulang kantor nggak bawa tentengan. Kebanyakan sih beli makanan untuk berbuka dan cemilan.

Biasanya apa aja sih yang ramai diperdagangkan saat Ramadhan?

  1. Makanan dan minuman mulai dari menu pembuka seperti kolak, aneka minuman dingin/es, goreng2an, jajan pasar, kolang kaling, aneka manisan, aneka cemilan/kripik2. Lauk untuk buka puasa seperti rendang, pepes, tempe kering, siomay, lontong sayur dll. Yang paling heits pastinya kue2 kering seperti nastar, putri salju, kastengel, kue kacang, . Selain itu ada juga hantaran parcel isi sembako, cake, makanan2 ringan dll
  2. Fashion item seperti batik2, kaftan2, mukena, sajadah, sarung, baju koko, tas, sepatu/sendal, kerudung2 beserta asesoris hijab lainnya.

SALE DI PUSAT PERBELANJAAN

Kalau dulu jaman belum punya anak saya sampai bela2in ikut hunting di Midnight Sale di mall2. Haha nggak ada kerjaan yaa, kelayapan malem2 dan bela2in antri tengah malam. Tapi sekarang, nyeraaaaaah. Jam 8 aja udah leyeh2 di kasur sama anak2. Hahaha. Maklum udah jompo.

Keseruan Sale di pusat perbelanjaan pun buat saya sekarang udah jadi nggak istimewa lagi, lah wooong tiap season juga selalu ada SALE kan. Jadi saya pikir yaudahlah nanti aja belinya kalau emang ada keperluan. Selain itu sekarang kan udah dimudahkan dengan adanya onlineshop, jadi frekuensi saya ke pusat perbelanjaan udah banyak berkurang kecuali untuk grocerry shopping di supermarket. Udah nggak update lagi deh kalau ditanyain soal mall2.

Kebutuhan akan baju baru saat Lebaran pun juga antara butuh nggak butuh. Kalau ada baju baru alhamdulillah, nggak ada baju baru? yaaa pakai baju lama aja. Kecuali untuk baju anak2 yaa, biasanya mereka butuh baju baru karena emang baju lama udah sempit. Cepet banget gedenya. Contohnya kayak mas B nih. Baju koko tahun lalu masih muat sebenernya tapi lengannya kependekan dan celananya cingkrang karena dia tambah tinggi, jadi mau nggak mau saya beliin baju koko baru. Itu pun juga selain untuk Lebaran, baju kokonya bisa dipakai untuk mengaji di mesjid, jadi nggak murni dipakai saat Lebaran aja. Atau adik A yang dulunya belum bisa jalan, sekarang udah lari2 kemana2, pastinya saya akan sesuaikan lagi bajunya.

Duuuh, rasanya nggak pengen cepet2 habis deh bulan Ramadhan ini. Kalau kalian sendiri gimana dalam menyambut hari Lebaran? nggak kalah seru pastinya yaaa….

 

 

 

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

19 thoughts on “Serba serbi Ramadhan

      1. Gresik, mbak. Klo ada kesempatan nyicip, cobain deh. Enak 🙂 simpel tp enak. Isiny cm empal disuwir (bumbu ungkepannya manis), sambel kyk sambel bajak gitu, sama serundeng.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s