Posted in Big brother - mas B, Parenting, School is cool

TK B to SD

Masih inget ya postingan saya tentang mas B naik kelas dari TK A to TK B   Insha Allah bulan Juli tahun ini mas B masuk SD. Dududu, ibu mulai mellow. Alhamdulillah, walaupun diawali dengan perjuangan speech delay tapi perjalanan mas B di TK B berjalan semakin lancar dan perkembangannya cukup signifikan, baik dari segi sosial emosi, kognitif, motorik halus, motorik kasar, fokus, konsentrasi dan baca tulisnya. Walaupun baca tulis nggak menjadi syarat utama masuk SD tapi saya sudah persiapan kursus privat di rumah untuk baca tulis. Belum bisa membaca 1 kata secara utuh tapi sudah bisa mengeja. Slowly but sure. Secara motorik halus juga masih ada yang harus dicermati terutama cara memegang pensil. Nggak ada hal yang major yang perlu dikhawatirkan, semuanya on track dan tetap butuh stimulasi yang konsisten.

Seperti tahun2 sebelumnya, kegiatan rutin yang diadain di sekolah antara lain:

  1. Hari Ayah

Kalau tahun lalu ada hari persembahan untuk ibu, tahun ini adalah hari persembahan untuk ayah. Pernah saya ceritakan di sini. Jadi para ayah datang ke sekolah untuk lihat anak2 perform dan ayah2nya pun dengan antusias perform juga di depan anak2. Kocak banget sih liat atraksinya. Jadi para ayah di kelasnya mas B janjian untuk menampilkan operet. Mereka berlakon jadi anak2 dan memperkenalkan permainan anak2 jaman dulu seperti ular naga panjangnya, kuda2an dari kayu, pedang2an dari bambu, layang2 dll. Inti ceritanya agar anak2 nggak melulu main gadget. Saya sendiri nggak liat langsung tapi liat dari video rekaman dari ibu2 yang dateng.

Selain itu, anak dan ayah sama2 bikin surat yang ditujukan untuk Ibu. Surat itu dikirim langsung ke rumah melalui kantor pos yang ada di sekolah, ceritanya belajar berkirim surat gitu deh. And You know what isi suratnya?

“Terima kasih Bapak dan Ibu karena sudah baik sama mas B sudah sayang dan ajak mas B ke London Inggris tadi senang karena pemandangannya bagus”

Meleleh akuuuuuuu….

Anak kecil kan nggak bisa boong ya buuk, apa yang dia tulis yaa apa yang dia rasakan. Alhamdulillah ternyata perjalanan yang singkat membawa kesan yang mendalam buat anak lanang.

2. Pentas Seni Budaya Sulawesi Selatan

Pentas seni budaya kali ini menampilkan budaya Sulawesi Selatan atau Makasar. Jadi anak2 menari menyanyi dan berpakaian tradisional ala Makasar. Beberapa hari sebelumnya, anak2 juga diperkenalkan dengan makanan khas Makasar seperti es pisang ijo dan coto makasar. Seneng banget liat mas B makin PD tampil di muka umum, hapal semua nyanyian dan gerakan2.

 

3. Pentas Akhir Tahun

Pentas Akhir Tahun kali ini masih menampilkan cerita mengenai binatang. Kali ini mas B tampil sebagai macan tutul yang beratraksi menjadi 4 scene:

  • Scene 1: Menyanyi dan menari
  • Scene 2: bermain bola basket
  • Scene 3: Taekwondo
  • Scene 4: Gymnastic

Di pentas akhir tahun ini, saya datang bersama ibu saya (eyang uti), mbak sus dan adek A. Bapaknya nggak ikut karena sedang dinas ke Bandung.

 

 

Ada satu momen yang bikin saya terharu yaitu di saat anak2 menyanyikan lagu “Terima Kasih Ayah Ibu”, mereka lalu turun dari panggung dan membagikan setangkai bunga mawar ke ibu/ayahnya masing2, begitu juga dengan mas B dan saya udah GR aja donk mau terima bunga mawarnya, etapiii tau nggak apa yang mas B lakukan? mas B kasih bunga mawarnya ke……………… eyang uti alias ibu saya yang duduk persis di sebelah saya. Saya aja yang notabene anaknya belum pernah sekalipun kasih bunga mawar ke ibu saya. Laah ini cucu lanang malah lebih perhatian sama eyang utinya daripada ibunya sendiri. Masya Allah, bapernya jadi double deh. Alhamdulillah, semoga eyang uti sehat2 terus yaa supaya bisa liat cucu-cucunya berhasil dan sukses dan semoga cita2 mas B untuk jadi professor tercapai. Aamiin yra.

Siap menuju SD! Anaknya cuek, ibunya yang senewen panas dingin karena harus siap2 menghadapi PR2 dan ujian2 selama 6 tahun ke depan. Tetap semangat ya mas B….

 

 

Save

Save

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

5 thoughts on “TK B to SD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s