Posted in Beauty Talk, Review, Tips

[NOT SO] 10 Steps Korean Skincare

Ngomong2 soal skincare Korea pasti uda pernah denger yang namanya 10 Steps Korean Skincare. Naaah, saya lagi keracunan juga nih dengan 10 steps ini.

Mau tau lebih lengkapnya? Just cekidot….

 

innisfree

Masih ingat review SKII saya di sini ?

Belum juga selesai menghabiskan isi botolnya, saya udah pindah ke lain hati ke skincare Korea akibat racun dari Female Daily/FD. Padahal saya nggak ngerti sama sekali loh soal DraKor ataupun K-Pop, not my type. Malah, buat saya artis2 Korea itu mukanya sama semua, nggak bisa dibedain, Hahaha. Kulit putih, hidung mancung, mata sipit, that’s it. Emang anaknya gampang kegoda banget aja sih.

Tumbeeeen! padahal saya kan terkenal orangnya paling malas ribet sedunia, etapii demi muka kinclong, awet muda dan kembali ke usia 40 rasa 20 saya bela2in deeeh. Hahaha, dan harganya cukup affordable dibanding harga skincare dari Eropa maupun Jepang *lirik sinis botol SKII.

Kebetulan beberapa waktu lalu, teman saya ada yang lagi berlibur ke Korea dan buka PO skincare Korea jadi saya titip beli sama dia.

Kegalauan saya muncul ketika saya pengen banget coba Korean skincare tapi masih terlalu awam dengan merk2nya, kualitasnya dan cocok tidaknya dengan kondisi kulit muka. Perlu trial and error. That’s why saya berusaha baca reviewnya dulu di FD, ngikutin stepsnya dari sini dan cari produk yang travel size/paket/best seller.

Pucuk dicinta, Innisfree pun tiba. Setelah beberapa kali survey ke beberapa web Korean skincare sambil WA sama temen saya utk referensi produknya, akhirnya saya menemukan kalau Innisfree mengeluarkan limited edition yang bernama Innisfree Best Collection yang terdiri dari beberapa produk Best Sellernya dan ukurannya pun travel size. Cocok dengan keinginan saya.  Selain itu saya akhirnya beli beberapa best seller dari merk2 lain seperti pimple padnya Cosrx dan cleansernya Banila.co (yang ini belum sempat saya coba karena masih cocok dengan micellar water). Untuk tahap kedua akhirnya saya nambah lagi ke produknya Klairs dan Missha. Udah gitukan kalau kita belanja Korean skincare sering banget dikasih gratisan sample produk2 lainnya dan saya dapet banyaaaak banget buat dicoba. Ini sih sama aja racun baru lagi deh *sigh. Tuuuh kan katanya baru nyoba tapi kok jadi ketagihan hehehe. Apakabar SKII?

Hahaha… tenang aja, that’s why saya kasih judulnya (NOT SO) 10 steps Korean skincare karena stepsnya yang saya lakukan juga nggak total sebanyak 10 steps, produk yang saya pakai juga belum murni Korean skincare karena sekalian menghabiskan produk2 lainnya dulu yang emang udah cocok.

Berdasarkan teorinya berikut ini step2 yang harus dilakukan pada 10 Steps Korean skincare:

  1. 1st cleanser
  2. 2nd cleanser
  3. Exfoaliating toner
  4. Hydrating toner
  5. Booster/FTE/serum
  6. Essence
  7. Sheetmask
  8. Eye cream
  9. Mosturizer
  10. Sunscreen/night cream

Haha ribet yeee… Pasti semua mikir saya akan menghabiskan waktu berjam2 di depan cermin hanya untuk nemplokin aneka minyak di muka saya. Awalnya sih gitu, sempat cenanak cenunuk juga karena belum hapal rangkaian stepsnya, habis ini apa yaaa, tapi lama2 terbiasa dan lebih cepat pakainya. Kebetulan saya speadnya lumayan cepet kalau melakukan segala sesuatu, termasuk untuk melakukan 10 steps Korean skincare ini, nggak lebih dari 10 menit kok (nggak termasuk pemakaian sheetmask yang biasanya menghabiskan waktu 15 – 20 menit sendiri)

So, i adapt this steps according to my limited time dan tingkat ketidaksabaran saya. Hahaha…

DAY SKINCARE

1st cleanser –> 2nd cleanser — > Exfoliating toning –> Hydrating toner –> Booster/FTE –> Serum –> Sheetmask (only on weekend) –> eye cream –> mosturizer –> sunblock

NIGHT SKINCARE

1st cleaner –> 2nd cleanser — > Exfoliating toning –> Hydrating toner –> Booster/FTE –> Serum –> eye cream –> sleeping mask

Dan ini produk2 yang saya pakai:

Step by step:

1. 1st Cleanser

Saya pakai di sore hari untuk menghilangkan make up ringan dari kantor (BB cream, bedak, lipstick, eyebrow, eyeliner, blush on dan kadang eyeshadow tipis). Saya pakai Micellar water dari Garnier atau Bioderma. Selain harganya cukup terjangkau, pemakaiannya praktis. Tinggal basahi ke kapas dan seka ke muka, make up langsung terangkat.

2. 2nd cleanser

Saya pakai pagi dan sore hari. Awalnya saya pakai Wardah white series facial wash. Oooh iya aneka jenis facial wash dan scrubnya Wardah udah pernah saya coba semua dan so far saya paling cocok yang white series ini. Bentuknya kayak gel bening, nggak berbau tapi bikin kulit bersih sempurna. Harganya sangat bersahabat.

Biar Korean skincarenya makin afdol saya coba juga Innisfree jeju cleansing foam sample yang ternyata saya sukaaak banget dan end upnya malah beli yang full size. Hehehe.Tau nggak, cleansing foam ini tuh pakainya iriiiiiit banget. Samplenya aja yang sekecil itu bisa untuk 1 minggu pemakaian. Cukup sedikit aja tuang di tangan langsung usap di muka, busanya udah keluar. Baunya seger. Cuma endingnya di kulit jadi agak keset ya, aku sih OK2 aja cuma ada beberapa orang yang nggak suka dengan efek kesetnya itu.

3. Exfoliating Toner

Sesuai review dari beberapa beauty blogger, yang namanya exfoliating toner cukup dipakai 2x seminggu aja karena efeknya mengangkat sel kulit mati jadi yaa nggak perlu sering2 pakai. Saya pakai exfoliating toner Cosrx One step pimple pad. Sebenernya toner ini ditujukan untuk kulit muka yang sering berjerawat. Saya bukan tipe yang gampang jerawatan tapi sekalinya jerawatan, biasanya jerawat dalam, hilangnya susah dan membekas.

Packagingnya lucu yaa, hihi, beruntung banget saya dapat yang limited edition. Awalnya saya nggak suka sama Cosrx one step pimple pad, karena bau kimianya nyentroooong banget etapiii begitu pertama kali coba langsung jatuh cinta. Saking klepek2nya sama produk ini, saya pakai setiap hari pagi dan sore. Saya berani pakai setiap hari karena kandungannya nggak sekeras baunya dan banyak review bilang emang ini termasuk exfoliating toner yang ringan banget.

Biar nggak boros, saya biasanya pakai 1/2 lembar pad (digunting jadi 2).

4. Hydrating Toner

Saya pakai Innisfree orchid skin yang termasuk di dalam best collectionnya, pagi dan sore. Kadang masih pakai SKII clear lotion juga. Fungsi hydrating toner ini sesuai namanya untuk memberi hidrasi pada kulit, jadi kalau pakai hydrating toner ini efeknya terasa dingin di wajah dan lebih lembab.

5. Booster/FTE/serum

Untuk FTE saya masih mempercayakan pada SKII, sekalian diabisin, sedih sih udah tinggal 1/4 botol tuuh jadi mikir kan mau repurchase atau enggak nantinya secara harganya lumayan tinggi. Kalaupun nggak repurchase udah siapin alternatifnya, Missha FTE, hihihi….

Selain itu saya pakai Innisfree Greentea seed serum salahsatu best sellernya. Sebenernya waktu pakai serum ini saya sempat bingung, dipakainya sebelum atau sesudah hydrating toner, karena ada 2 pendapat nih, tapi akhirnya saya pakai sesudah toner sih. Warnanya gel bening, wangi green tea dan agak lengket. Saya pakai dengan cara ditepuk2 di wajah.

6. Eye cream

Saya masih pakai eycream dari SKII pagi dan sore soalnya emang masih banyak banget isinya. Pakai eye cream itu kan emang sedikit2 udah cukup untuk 2 mata.

20170506_105754

7. Sheet mask

Sheet mask saya pakai hanya saat weekend karena cukup menyita waktu. Itu juga saya colongan di saat anak2 lagi main atau makan sama mbak cus, sementara saya mandi sekalian leyeh2 sebentar pake sheetmask. Innisfree sheetmask pernah saya review di sini

Ooh iya, di review itu saya cerita kalau saya pakai sheetmask menjelang tidur kan, naah sekarang saya masukkan ke dalam bagian dari (NOT SO) 10 steps Korean skincare saya, jadi setelah sheetmask masih ada lanjutannya lagi. Saya akhirnya beli lagi sheetmask dari brand lain tapi belum sempat coba, next review ya.

8. Mosturizer

Pagi: saya pakai mosturizer setelah semua rangkaian Korean skincare sebelum Sunscreen. Kadang pakai Innisfree Orchid lotion atau Innisfree orchid enriched cream. Secara tekstur saya lebih suka yang enriched cream. Sesuai namanya emang rasanya lebih rich, nggak terasa lengket, selain itu ngambilnya juga lebih gampang. Enriched cream ini bisa juga dipakai di malam hari.

Sore: Saya kadang pakai Innisfree greentea sleeping pack atau Laneige Night sleeping mask. Dua-duanya OK sih. Laneige memberi kesan dingin, teksturnya nggak terlalu creamy dan nggak lengket. Sementara yang Innisfree teksturnya lebih kental, ada kayak brenjel2nya dan bau greenteanya seger.

9. Sunscreen

Akhir dari rangkaian (NOT SO) 10 steps Korean skincare saya di pagi hari berakhir di Biore UV Aqua Rich SPF 50. Asli yaa ini sih udah nggak usah diragukan lagi kehandalannya. Enak banget, bikin muka kenyel2 dan terhidrasi dengan sempurna.

Biore UV Aqua rich SPF 50 ini udah lumayan juara deh buat sunscreen, harganya pun cukup affordable. Karena saya sehari2 bekerja di dalam ruangan ber-AC dan jarang terpapar sinar matahari tetep perlu pakai sunscreen supaya kulit nggak dehidrasi dan kering bersisik.

11. Masker

Innisfree super volcanic pore clay mask merupakan salah satu best sellernya Innisfree dan sayapun ikutan coba juga. Saya pakai seminggu sekali atau kalau lagi sempet aja. Pertama kali pakai langsung purging jerawatan. Tapi jerawatnya cepet hilang sih setelah saya timpa pakai Cosrx pimple pad dan FTE. Konon purging itu merupakan proses pengeluaran kotor2an yang tertanam di dalam kulit wajah. Yaaa semoga aja bener ya. Setelah pakai pore clay mask, kulit wajah rasanya halus tapi cenderung kering jadi harus langsung ditimpa lagi pakai rangkaian 10 steps sing ora wiswis itu. Hahaha…

 

Fiuuuh, akhirnya selesai juga rangkaian (NOT SO) 10 steps Korean skincare saya. Hasilnya selama sebulan rutin gimana? Belum kerasa banget sih, cuma saya sendiri ngeasa kalau kulit saya lebih halus, pori2 mulai mengecil terutama di area dagu, whitehead sedikit berkurang dan permukaan kulit nggak bersisik lagi tandanya hidrasinya cukup baik. Satu hal yang masih PR yaitu dark spot. Untuk dark spot saya lagi coba pakai Cosrx Mela14 white ampule yang baru aja datang minggu ini, nanti kalau hasilnya bagus saya review yaa (kalau inget)

Oh ya, kalau ditanya soal kandungan masing2 skincare ini saya nggak paham ya dan efek di masing2 kulit pasti beda tergantung jenis kulit dan tingkat sensitifitasnya. Terus terang saya sengaja cari produk2 ini berdasarkan hasil review dan yang (konon) kandungan kimianya paling sedikit/kecil dan alhamdulillah semua produk ini cocok di kulit muka kombinasi normal cenderung berminyak di area T saya.

Satu yang saya kurang suka dengan efek (NOT SO) 10 steps Korean skincare itu adalah efek lengket di wajah terutama yg dari Innisfree (atau semua Korean skincare rasanya lengket gitu ya?). Entah ini hanya perasaan saya aja, saya pakainya terlalu banyak atau terlalu nabsu jadi bikin muka kinclong meling2 kayak abis disiram minyak jelantah. Hahaha. Tapi kata temen saya, cewek2 Korea justru makin mengkilap makin suka, tandanya skincare yang dipakai sukses.Walaah, yaa sini kan priyayi tanah jawi cyiiin, hihihi… Nah, dengan menutup rangkaian skincare dengan Biore UV, kesan lengket agak tersamar dikit.

Duuuh, ngarep mukanya sekinclong Kim Sung Ryung (sapose orang ngerti, hasil googling artis Korea usia 40++ ketemu mbak ini) sih masih jauh ya. Hitung2 investasi lah buat kulit sehat berseri dan tetap awet muda. Hahaha, teuteup……..

Ada yang udah pernah pakai Korean skincare belum? mau doooonk racunnya…….

Save

Save

Save

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

2 thoughts on “[NOT SO] 10 Steps Korean Skincare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s