Review. My Tulisan bags

 

Tulisan is a collection of handmade, limited-edition illustrated prints that are applied to bags, totes and household accessories. Each illustrated edition is based on a story reflecting varying themes of the heart and is complemented by color palettes that are hand-selected to illuminate each soulful narrative. Tulisan is for everyone who loves fresh prints and exceptional handmade items. — source: tulisan.com

Mungkin banyak dari teman-teman yang sudah familiar dengan brand “TULISAN”ย  designed by Melissa Sunjaya. Saya sendiri penggemar produk2 Tulisan dari jaman dulu. Kebanyakan dari produknya berupa bags & totes. Seiring berjalan waktu produknya makin bervariasi seperti asesoris (bag charms, passport envelope, card holder, pouches dll), stationery (gift card kit, wraping paper, card, books), for the home (apron, cushion cover, placemat, tea towel, napkin, hat) dll. Dan semuanya bagusss bagusss.

Kenapa kok saya suka banget sama produk Tulisan? Well here’s the reason….

Perpaduan antara kreatifitas yang tiada batas, latar belakang cerita yang unik, proses produksi yang rumit menjadikan produk2 Tulisan banyak diminati penggemarnya termasuk saya. Bahannya kayak semi kulit waterproof gitu, nggak gampang kotor, kalau kotor sedikitpun gampang bersihinnya. Selain itu, siapa sangka yaa produk2 unik dan menarik ini berasal dari seniman asal Jakarta, Indonesia. Yaa Melissa Sunjaya selalu menoreh tulisan “Jakarta” dalam setiap goresannya and she’s proud of it. Uniknya lagi produk Tulisan itu beda banget sama produk lokal Indonesia pada umumnya yang identik dengan batik, warna2 yang less colorfull, bahan2 kulit yang cenderung coklat2 gitu. Gimana ya, kalau saya bilang, nggak keliatan Indonesianya malah.

Saking tingginya tingkat bahasa dan cerita dibalik desain Tulisan, kadang saya nggak ngerti juga sih relevansi antara cerita tersebut dengan hasil desain yang dibuat. Hahaha, tapi ya sudahlah saya nikmati hasil akhirnya aja…

Saking gandrungnya sama produk ini, setiap launching produk baru saya pasti menyempatkan waktu untuk cek ke butiknya baik yang di Dharmawangsa Square maupun di Plaza Senayan. Just ceki-ceki aja, belum tentu beli juga hihihi, buat nyegerin mata aja. Abis butiknya juga cozy sih, betah berlama-lama di dalamnya. Instagrammable pulak. Rasanya pengen diborong semuaaaaaaaa, hahaha. Asli cakep2 semua sis. Soal harga menurut saya, dibandingkan produk lokal sejenis relatif tinggi ya, makanya saya bener2 tahan diri dan cukup selektif saat mau beli produk Tulisan ini.

Ini beberapa tas Tulisan yang saya punya berikut dengan story behind it yang saya ambil dari webnya Tulisan. Saya seringkali gonta ganti pakai, baik untuk ke kantor maupun untuk acara santai. I LOVE THEM ALL!!

  1. Tulisan Collectors edition – โ€œLes Papillons de Victorโ€

Jujur waktu koleksi โ€œLes Papillons de Victorโ€ collector edition ini keluar, saya bingung seribu bingung mau pilih yang mana. Pengen sih borong ke-5 warnanya. Tapi ada 3 warna yang saya incer: warna fuschia gambar cowok cewek di dalam tenda, warna kuning gambar anak laki lagi main ayunan (waktu itu yang kebayang mas B lagi main) dan warna soft pink gambar cewek berambut kriting. Akhirnya saya pilih yang soft pink, abis lucu gemesin gimana gitu. Tas ini biasa saya pakai kalau lagi santai ke mall atau liburan, tinggal cemplang cemplung muatnya banyak. Sayangnya tas ini nggak ada resletingnya.

Karena ini collector’s edition jadi jumlahnya sangat terbatas dan di setiap tasnya, pembeli diberi semacam kartu garansi bertuliskan nama pembeli dan nomor seri.

Tulisan proudly presents the premiere of โ€œBy MS with Loveโ€ tote collection on 22 October 2012, inspired by โ€œLes Papillons de Victorโ€ storybook. This signed and numbered Limited Edition of 100 is part of our Collectorโ€™s Edition series and will be available in six different color ways.

Every tote is manually silk-screened and individually made with artisanal craftsmanship using our finest trim components. It comes with a matching pouch, a special dust bag and a certificate of authenticity.

The original version of this delightful story was written by a French writer, Virginie Kasse, who now lives in Paris

my tulisan

2. HAMPA – Bio Fantasy Print Edition in Smokey Ash Bowler Tote (released in March 2016)

Our new collection is aimed at honouring Angkatan โ€™45 โ€“ Chairil Anwarโ€™s art and literary movement. Thus I created 45 basic drawings with pen and ink as the primary visual elements, arranged into 75 final illustrated editions depicting a cornucopia of imaginary microscopic cells.

Edisi Bio Fantasy ini salah satu favorit saya karena ini pertama kali saya liat Melissa Sunjaya mulai ngeluarin desain yang sifatnya abstrak. Biasanya kan desain Tulisan terkenal dengan gambar bunga, orang, binatang, daun yang sifatnya lebih real. Saya justru nggak terlalu suka dengan motif gitu. Balik lagi ke selera masing2. Makanya begitu edisi ini keluar, saya seneng banget dan langsung pilih warna smokey ash (putih abu agak kebiruan). Saya ngebayanginnya motif ini tuh kayak universe atau space luar angkasa gitu deh. Ada sedikit unsur math dengan adanya garis2 orange kayak rasi bintang. Haduuuh saya khayalnya ketinggian, makanya dinamain bio fantasy kali yaaa, hahaha….

Saya pilih yang model bowler tote dan ada long strapnya. Bowler tote ini dalamnya luas banget dan bawahnya lebar jadi lagi2 saya tinggal cemplang cemplung barang aja. Cuma yaa itu, nggak ada resletingnya.

3. The Sound Of Dawn – Nero Jet Print Edition in Orkestra Luna Tote (released in March 2016)

Wednesday, May 27, 2016, Tulisan launched the latest collection, โ€˜The Sound of Dawnโ€™ย for Spring-Summer 2016 with the art of wood-block. This edition was made by Melissa in 2011. The Sound of Dawn edition has become one of the most searched amongst Tulisan collectorโ€™s items. This edition also examines the concept of self-love. Prose full of sensuality is peeling a spiritual awakening that encourages the discovery of ecstasy and happiness within ourselves

Love opens our hearts and minds
to unlimited possibilities
Love is the only reason
for our existence
Love is a universal gift
that does not choose sides
Love is my unconditional gift
to you
M.S., The Sound of Dawn, 2011

nero jet orkestra lun atot

Morning is an orchestra, a new musical arrangements everyday — Pic source: tulisan.com

Belum berakhir di Hampa, saya akhirnya ambil juga yang seri The Sound of The Dawn. Sebenernya seri ini identik dengan motif ayam jago. Lucu juga sih, tapi balik lagi saya kurang suka dengan motif yang keliatan banget “gambar”nya. Jadi saya pilih motif orkestra (gambar garis2) warna Nero Jet (hitam putih) dengan model Luna Tote.

Awalnya saya ragu dengan Luna tote ini, abis kok keliatan kecil dan nggak muat banyak. Eeeeh dugaan saya salah ternyata. Luna Tote ini malah sekarang jadi the most favorite Tulisan bag. Saya sering banget pakai buat ke kantor karena bisa untuk semi formal. Secara fisik keliatan kecil tapi muatnya banyak, bentuknya fleksibel dan lentur bisa ngikutin isi barang. Long strapnya juga posisinya pas diiket di kiri kanan tas, jadi begitu dipasang di pundak, tasnya tetep jatuhnya simetris. Kalau setiap masuk ke mesin x-ray di security pun ukurannya pas jadi nggak perlu dipletat pletotin dulu. Ada resletingnya pulak. Di luar ada kantongnya juga jadi gampang buat saya nyemplungin HP kalau lupa dimasukin ke dalam tas. Most Fav lah luna tote ini.

Oiya, Nero jet ini saya beli sepaket sama dompetnya juga. Dompetnya pun favorit banget karena bisa isi banyak terutama compartment untuk kartu2 dan HP saya muat di dalamnya tanpa terlihat bulky. Lagi2 dompet Most Fav!

4. New East Indies – Deformasi Red Rumor Chemist Bag

Deformasi : An attitude towards the interior of self which examined every imperfection and undressed every defect would definitely shock many faces. Through the transparency of this approach, vanity in individualism was deliberately sabotaged to be aware on the importance of taking down ego, destroying old masks, and forming a fresh character. I visualized this deconstructive attitude in several ink splashes.

Koleksi terakhir yang saya beli edisi New East Indies model Chemist bag warna red rumor (merah biru) dengan motif Deformasi (berupa tumpahan cat). Yang saya suka dari tas ini adalah motif dan warnanya, tapi dari segi bentuk chemist bag is not my favorite one. Muat banyak yes, ada resleting yes, ada long strap yes tapiiii somehow kalau ngebuka tas ini agak susah. Posisi long strap itu diiketnya bukan di kiri kanan tas tapi dekat dengan short handlenya jadi kalau saya buka resleting agak ketahan gitu sama handle besinya yang besar. Duuuh gimana ya neranginnya, pokoknya gitudeh, hehehe. Posisi kantong luarnya pun ada di kiri kanan tas jadi kalau mau nyemplungin barang2 kecil agak susah juga.

Chemist bag ini dilihat sekilas paling proporsional dan simetris diantara model lainnya dan konon kata si mbaknya, model ini emang paling favorit di semua edisi.

Dari semua tas yang udah dilaunch sama Tulisan, sebenernya saya tuh ngincer bangettt yang edisi Delightfully Yours, kenapa? soalnya gambarnya cupcakes unyu-unyu, Hahaha cocok banget kan sama saya yang tukang makan. Asli lucuk banget loooh. Sayangnya edisi Delightfully Yours ini udah nggak diproduksi lagi.

Ada inceran lain lagi? ADA! saya pengen banget beli cushion covernya, kayaknya OK banget kalau ditaruh di rumah biar keliatan lebih homey, cozy dan sedep dipandang mata. Tapi saya masih nggak rela kalau cushion cover yang harganya selangit harus diompoli atau ditumpahin coklat sama mas B dan adik A. Huhuhuhu, nanti aja deh kalau mereka udah agak gede dan rumah saya udah kembali rapih dari mainan anak2.

Kira2 perburuan saya di tas Tulisan bakal stop sampai disini nggak ya? Hhhmmmm…

Kalau kalian sendiri gimana, suka nggak sama produk Tulisan, atau malah udah ada koleksi? Share donk reviewnya, kali aja bisa meracun bersama, hahahaha….

Save

Save

13 thoughts on “Review. My Tulisan bags

  1. gw suka yang cerita2 daerah gitu mak, kl yg abstrak keknya ga special jg kalau dipake disini, kl dipake di Jkt pasti pada tahu ya abstrak2 Tulisan:)
    Cushion nya gw punya juga 2 bijik, edisi cerita daerah jg, lgs pop up lho sofa nya, lagi naksir edisi orang utan nya nih ๐Ÿ™‚

    Like

  2. Pengen banget punya. Tp selalu kehabisan kalo order lewat webb. Dulu pernah ada di bandara Juanda. Tp koleksi nya ndak lengkap. Yg aku incer ndak pernah ada. Cediiih๐Ÿ˜ก

    Like

  3. Luna says:

    Tulisan bags itu nagih banget.. masi suka hunting utk edisi lama dan slalu menantikan edisi baru. Sekedar cuci mata. Klo sreg beli. Trus dpake kurang, ya jual hehehe

    Liked by 1 person

Leave a comment