Posted in Travel stories

Rumah Kelelawar Purwosari Solo

20170304_164231

Weekend kemarin saya ke Solo dalam rangka 1000 harinya alm Bapak. Kami menginap di Hotel Aston Purwosari Solo karena dekat dengan rumah sodara saya. Awalnya saya nggak ngeh kalau hotel Aston ini letaknya persis di depan RUMAH KELELAWAR 🏡

Hiiii, apa sih Rumah Kelelawar?

20170304_164222
Foto diambil dari area parkir Hotel Aston, Solo

It used to be rumah dinas pejabat jaman Belanda. Waktu saya kecil dulu (30 tahun yang lalu) rumah ini masih dihuni oleh orang kaya lama Solo di jamannya. Sebagai pengamat bangunan, rumah ini jadi salah satu favorit saya karena bentuknya bagus, kokoh, artistik dengan ornamen kaca patri. Pokoknya keren deh.

Setelah beberapa tahun, rumah ini tak bertuan & tak berpenghuni sejak lama hingga saat ini. Nggak ketauan siapa pemiliknya hingga dihuni oleh puluhan ribu bahkan jutaan kelelawar. Lokasinya persis di perempatan Jl. Slamet Riyadi ke arah daerah Laweyan.  Setiap lewat rumah ini baik di pagi hari, siang hari apalagi di malam hari, kita akan mendengar suara2 mendesis dan berdecit kelelawar sedang bercengkrama di dalam rumah dan baunya ituloooh mana tahaaan. Setiap jam 18.00 (Maghrib) semua kelelawar akan keluar rumah menuju arah tertentu untuk mencari makan.

Saya dan adik2 saya niat banget nongkrong di lobi depan hotel sekitar jam 18.00 untuk melihat sendiri fenomena keluarnya kelelawar2. The batman hangout for weekend.

Sekitar jam 17.45 kelelawar sedikit demi sedikit mulai keluar sarang dan tepat jam 18.00 beribu/berjuta kelelawar beterbangan diatas rumah. Hiiiiiii, geli-geli merinding, ngeri-ngeri sedap gitu liatnya. Saya sempet videoin sekitar 10 menit dan posting di IG dan path, itu juga nggak abis2. Adalah sekitar 20 menit yaa kalau mau nunggu semuanya keluar. Dan itu terjadi setiap sore looh. Petugas hotel dan abang becak yang mangkal disitu udah biasa banget ngeliat pemandangan tersebut.

Walaupun nggak jelas pemiliknya siapa dan siapa yang memelihara kelelawar2 itu tapi anyway rumah ini ada penjaganya, karena setiap sore lampu balkon dan teras pasti dinyalain berarti kan ada yang bayarin listriknya ya.

Mau saya posting disini videonya tapi WP saya doesn’t support video niih, hihi maklum gatek.Tapi kalau bisa buka link IG saya coba klik @shintagrams

Penasaran ya? Makanya main2 ke Solo yuuuk 🙂

 

Save

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

14 thoughts on “Rumah Kelelawar Purwosari Solo

  1. Cara gampangnya upload videonya ke YouTube dulu baru nanti linknya taruh di postingan, Mba. Biar makin spooky liat langsung, hehehe. Arsitekturnya cantik ya, sayang nggak terawat. Atau orang yang nyalain lampunya juga sebetulnya merawat tapi karena tampak luarnya sudah begitu jadi tetap kelihatan ‘ditinggalkan’ ya.

    Like

      1. Sama sebenernya, sebelumnya nggak pernah upload-upload di YouTube… tapi akhirnya ‘terpaksa’ upload waktu ada lomba blog yang katanya kalau ada video bisa jadi nilai tambah (dan akhirnya nggak menang juga sih, hehehe…).

        Like

  2. IG-nya kalau belum berteman/belum login ketika klik nggak bisa dilihat karena private Mba…tadi nyoba di PC. Kalau tempel link yang langsung ke postingan videonya di IG, katanya bisa juga kok, asal nggak di-private (tapi belum pernah coba, hehehe).

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s