Posted in Culinary therapy

Serunya ngeliwetan 

Mentemen pasti tau donk nasi liwet yg dimakan beramai2 beralas daun pisang dari warung Teteh yg lagi heitsz itu. Warung Teteh berada di Jl. Petogogan Jaksel. Saya sendiri belum pernah kesana tapi kata temen saya kalau makan disana nggak nyaman tempatnya. Sempit, parkir susah dan panas. Satu paket nasi liwet untuk 4 porsi dijual seharga Rp 120.000,- dengan lauk ikan manis, ikan tawar, ikan asin, tahu & tempe, lalapan serta sambal terasi dadak dan pencok kacang. Pesennya harus minimal 2 hari sebelum hari H. Either mau dine in or take away tetep harus pesen sebelumnya.

Nah, ternyata metode makan seperti ini (saya sebut aja ngeliwetan)  lagi eksis dan kekinian banget dipakai untuk acara arisan, kumpul keluarga, kongkow dengan teman dll.

Kebetulan tadi siang saya ngeliwetan sama temen2 kuliah saya. Awalnya mau pesen nasi liwet warung Teteh untuk di-take away tapi terpaksa batal karena teteh lagi berduka dan hari ini nggak nerima pesanan nasi liwet.

Akhirnya temen saya pesen menu2 dari warung makan Sunda di deket rumahnya, trus beli alas daun pisang di pasar dan menyajikan menu2 tadi ala2 ngeliwetannya warung Teteh.

Saya pikir yg namanya nasi liwet itu semacam nasi liwet Solo gitu. Tipikal nasi dengan santan yg rasanya manis dan gurih dicampur sambel goreng, ayam, telur, kumut dan krecek. Ternyata nasi liwet yg asalnya dari Sukabumi ini beda banget dgn nasi liwet Solo.

Konon tradisi ngeliwetan ini asalnya dari sebuah mitos di Jawa Barat dimana ibu hamil harus membuat nasi liwet saat gerhana bulan untuk mengusir roh jahat/buto ijo yang ingin mengambil jabang bayi. Percaya nggak percaya sih tapi di beberapa daerah tradisi ini masih dijalanin demi kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi.

Di Jakarta sendiri, ngeliwetan lagi jadi trend. Kalau saya bilang ngeliwetan ini yaa nggak ada bedanya kayak kita makan di RM prasmanan Sunda. Hanya saja penyajiannya nggak pakai piring, sendok dan garpu tapi disajikan di alas daun pisang dan makan pakai tangan secara beramai2.

Kalau saya sebut cara makan seperti ini Banca’an.

Kebetulan tadi temen saya menyajikan nasi bakar, nasi putih, ayam goreng, cumi balado, sate paru, ikan kembung, ikan mas goreng, tempe tahu goreng, ikan jambal asin, PETE bakar, 2 macam sambel terasi, pepes tahu, oncom lenca, krupuk bangka. Hhhmm apalagi yaa, banyak deh lampirannya. Nggak ada lo nggak rame….

Rasanya? Endeeeussss suendoool pemirsaaaah. Kalaaaap. Mertua lewat dadaaaah…

Abis makan sambil ngobrol2 ditutup manis dengan pisang ijo dan puding Kerbie. Alhamdulillah, seru dan nikmat banget rasanya. Wareg to the max. Mangan ora mangan pokoke ngumpul plus silahturahmi.

Ada yang udah pernah ngeliwetan belum? Cobain deh, seru dan asik looooh…..

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

10 thoughts on “Serunya ngeliwetan 

  1. Baru ngeh dan heran juga kalo ini sedang hitss.. Buat orang Sunda terutama yg tinggal di pedesaan atau kota kecil, yg namanya ngaliwet itu hal biasa kalo pengen makan bersama murah meriah. Dan ngaliwetnya di rumah, bukan di restoran. Kebiasaan ngaliwet ini dimulai sejak anak-anak, sejak mereka ngerti gimana cara masak nasi dan lauknya. Kalo zaman aku dulu sejak kelas 5 SD udah ngaliwet bikin sendiri bareng teman sekolah atau sekompleks..

    Liked by 3 people

  2. Iya, Mbak. Ngeliwetan ii lagi ngetrend. Seru sih makan rame-rame pake tangan gitu.
    Aku belom pernah bikin sih, kebayangnya nasi liwet dari Ayam Gorneg Fatmawati aja hahaha

    Like

  3. Baca judulnya karena baca di IG lagi ke Solo kirain mau bahas nasi liwet Solo :D.

    Idem, sempat kecele juga sih, waktu masih tugas di Pangkalpinang dan ada warung tenda baru pakai spanduk nasi liwet, udah mikir wah lumayan ini buat mengobati kerinduan akan makanan kampung halaman, eehh ternyata nasi liwet ala Sunda, hehehe…. Tapi enak juga, sih, walaupun beda banget tapi bisa dinikmati dengan kekhasannya sendiri.

    Like

  4. Nasi liwet wongso lemu solo aku doyan bangeeet! Ada (katanya) ponakan wongso lemu jualan nasi liwet solo di toko tas tajur yang gede itu, enaaaaak.

    Nasi liwet ala sunda lebih ngok di hati n rasa secara bapak anak garut asli. Kebayang itu nasi liwet ngebul beserta segala sayur dan lauk, dimakan di teras belakang rumah nenek ramean sambil liatin sawah n angin sepoi2.

    Beliin tiket dong neeeek 😭

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s