Posted in Travel stories

Destinasi Impian

masjidil-haram
source: internet (dakwatuna.com)

Destinasi impian saya banyak sekali, sepertinya semua tempat di belahan dunia ini worth to explore karena masing2 tempat punya keindahan sendiri, punya keunikan dan ragam budaya yang menarik untuk dinikmati.

Sadar dengan segala kemampuan dan keterbatasan, pastinya ada satu tempat yang masuk di urutan pertama, jadi TOP PRIORITY destinasi impian saya. Tempat itu bernama MEKAH dan MADINAH.

Sebenernya nggak perlu penjelasan panjang lebar lagi kenapanya, semua juga tahu bahwa naik haji ke Baitullah merupakan rukun Islam ke-5 yang harus dijalani sebagai umat Muslim. Fardhu Ain (bila mampu). Untuk pergi haji mungkin perjalanan dan perjuangannya akan lebih panjang, nggak hanya dari segi finansial tapi juga mental spiritual. Sebagai langkah awal menuju kesana, kita bisa menjalankan umroh terlebih dahulu atau disebut juga haji kecil. Allahualam, mana duluan yang bisa dijalani, semua atas ridho Allah.

Saya sendiri sudah pernah umroh bersama keluarga, jauh sebelum saya menikah. Sejak menikah dan punya anak, harapan dan cita2 untuk umroh dan naik haji ke Mekah sama keluarga kecil saya masih terus terpendam. Seperti yang banyak orang bilang, sekali kamu pernah menginjakkan kaki ke Baitullah, maka rasa rindu untuk kembali lagi TER-amat sangat tinggi. Sambil nulis blog, lihat foto teman2 yang sedang dan baru pulang umroh sambil diiringi lagu “Rindu Kami Padamu” dan “Sajadah Panjang” Bimbo, hiiii merindiiiiiing. Kangennya luar biasa. Bukan hiperbol, saya sudah membuktikannya, karena saat sudah sampai disana, satu2nya yang mau kamu lakukan adalah ibadah, ibadah dan ibadah.

Diluar dari kegiatan ibadah yang sifatnya fardhu ain, sesungguhnya kota Mekkah dan Madinah juga menyimpan keindahan tersendiri terutama kemegahan dan keagungan mesjid-mesjidnya. Saya suka mengamati detail2 dari setiap bangunan, sejarahnya dan menikmati suasana kota. Terlebih lagi Mekah dan Madinah kan kota di Timur Tengah yang terkenal panas dan gersang, pastinya suasananya nggak akan bisa saya temui di negara tropis seperti Indonesia.

Beberapa masjid dan tempat bersejarah di kota Mekah: (foto dan info dari berbagai sumber internet)

  • Masjidil Haram yang berlokasi di pusat kota Mekkah adalah tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah Shalat. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar di dunia, diikuti oleh Masjid Nabawi di Madinah al-Mukarramah sebagai masjid terbesar kedua di dunia serta merupakan dua masjid suci utama bagi umat Muslim.
  • Jabal Nur (gunung cahaya) atau Jabal Hira’, Jabal Rahmat, Masjid An Namirah atau masjid Ibrahim atau masjid Arafah, Masjid Al Khief, Jabal Kurban, Jabal Tshaur, Perkuburan Al Mu’allah, Masjid Ju’ranah, Jabal abi qubais, Masjid Al Jin, Masjid Sayyiduna Abu Bakar Ash Shiddi, Rumah Sayyidatuna Khadijah Binti Khuwaili, Darul Arqam, Masjid Tan’ie, Padang Arafa, Muzdalifah, Mina

Sementara masjid dan tempat bersejarah di kota Madinah yang dapat kita nikmati antara lain: (info dari sini) 

  • Masjid Nabawi yang berada di pusat kota Madinah udah nggak diragukan lagi kebesaran dan kemegahannya. Salah satu fitur terkenal Masjid Nabawi adalah Kubah Hijau yang berada di tenggara masjid dan kanopi yang bisa dibuka dan ditutup pada waktu2 ternetu. Masjid Nabawi dulunya merupakan rumah Aisyah dimana kuburan Nabi Muhammad berada.
  • Makam Nabi Muhammad SAW, Raudhah, Makam Baqi, Masjid Quba, Masjid Qiblatain atau Masjid dua kiblat, Jabal Uhud, Makam Hamzah paman Nabi Muhammad SAW, Parit Khandaq (Masjid Khamsah), Jabal Magnet atau “Manthaqotul Baido” (tanah putih)

Dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu kita juga bisa melipir ke negara tetangga lain di Timur Tengah seperti Turki, Mesir dan Iran yang nggak kalah menarik untuk di-explore. Tentunya cari negara yang aman yaa.

Berawal dari mimpi, niat dan usaha, Insya Allah someday saya, suami dan anak2 bisa mewujudkan harapan dan cita2 menuju destinasi impian ke Mekah dan Madinah. Aamin yra.

Aaah, i can’t wait………

” Tulisan di atas diikutsertakan untuk giveaway milik Nyonya Sepatu dan Jalan2liburan

Save

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

9 thoughts on “Destinasi Impian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s