Posted in Little sister - Adik A

1,5 y.o adik A

Bulan ini adik A genap berusia 1,5 tahun. Walaupun terlahir BBLR tapi alhamdulillah proses tumbuh kembangnya cukup baik dan pesat. Malah boleh dibilang lebih cepet dibanding kakaknya dulu.

Beda anak beda karakter dan kemampuan, begitu juga yg dialami adik A. Saya gatau pasti, faktor gender pengaruh atau enggak sih?? Bintang atau shio?? Atau faktor anak kedua??

Katanya nggak boleh membanding2kan kemampuan anak dengan yang lain tapi saya sih tetep suka ngebandingin untuk lihat level of awareness saya juga terhadap kemampuan anak sendiri, at least antara kakak dengan adik. In a positive way, of course. Secara general, motorik halus dan perkembangan bicaranya adik A lebih cepet daripada mas B.

Motorik Halus

Di usia 8- 10 bulan adik A udah jago buka tutup botol sendiri. Dari usia 1 tahun udah bisa minum dari gelas sendiri dan dengan sedotan, buka tutup resleting dan bisa makan dengan pegang sendok/garpu sendiri.

Saya harus lebih hati2 taruh botol2/tube yang bertutup ulir. Pernah suatu kali saya meleng, adik A udah numpahin isi body lotion dan mencetin odol ke lantai. Pernah juga tangannya belepotan balsem dan terus ngucek2 mata jadinya pedes sendiri, endingnya nangis deh. Karena hobinya manjat2 meja makan, nyaris mau buka tutup botol saus sambel.

Setiap lagi disuapin makan biasanya dibekalin piring isi beras/tepung/mie/sayur/salah satu lauk yg dimakan dan sendok/garpu/saringan. Adik A suka banget main masak2an dan hobinya ngaduk2. Oh iya sendoknya harus sendok stainless yaa, kalau sendok plastik mainan pasti dibuang. Huuh gaya banget deh anak kecil….

Motorik Kasar

Gerakan badan dan jalannya juga cepet banget. Berhubung badannya kecil jadi kayak gampang banget pindah dari 1 tempat ke tempat lain. Gesit kayak bola bekel. Yang jagain lebih capek siiih jadinya, ngosngosan boook, nggak boleh meleng sedikit tau2 anaknya uda ngeloyor keluar teras.

Tapi adik A udah ngerti untuk selalu nutup pintu pagar pembatas di tangga supaya anaknya nggak naik ke atas atau turun ke bawah tangga.

Kalau lagi ngempeng ASI, polahe ora umum, posisinya naujubilah akrobat. Nungging ke atas, nyusruk ke bawah, niban badan ibu, berdiri, jongkok, duduk, waaaah semua pose yoga lewaaaat deeeeh….

Gerakan tangannya pun lebih lihai dibanding kakaknya. Segala sesuatu yg ada di atas meja nggak pernah luput dari sasaran tembak adik A. Gratil, gratak dan doyannya ngelempar barang. Jadi saya harus lebih hati2 taruh barang pecah belah. Udah ada mangkok dan gelas jadi korban. Untung nggak ada yg bikin luka. Alat make up sayapun dah luluh lantah nggak jelas bentuknya. Kalau adik A udah pegang mangkok, gelas atau apapun yg berbentuk cekung harus waspadaaaa… karena itu artinya dalam hitungan detik adik A akan langsung lari ke dispenser untuk ambil air. Entah untuk diminum atau untuk menuhin wadahnya aja…. sampai tumpah basah semua lantai… udah biasaaa………

Kalau diajak groccery shopping, segala sesuatu langsung masuk ke trolley padahal dia nggak tau itu makanan apa yg diambil. Nggak jelas! Trus kalau barangnya kita kembaliin ke raknya, langsung ngambek. Yamplooop. Kudu dialihin dulu perhatiannya baru deh ngumpet2 kita balikin ke rak lagi.

But eniwei, mirip banget ibunya doyan belanja ya deeeek. Qkqkqkqk…

Tobaaaaaaat…..

MPASI

Setelah di usia 6-7 m.o sempat GTM dan terindikasi gagal tumbuh, di usia 1 tahun, alhamdulillah nabsu makan adik A luar biasa tingginya. Apalagi kesukaannya terhadap buah dan sayuran. Hobinya ngemil biskuit, roti dan cake, persis banget deh kayak ibunya. Pemakan segala. Hahahaha. Kalau udah minum air putih luarrr biasa banyaknya, sampe perut kembung. Setiap liat ibu, bapak atau kakaknya minum pasti diminta dan kalau dikasih langsung glek glek sampai habiis.

Dari awal MPASI nggak pernah loh dilatih BLW tapi sekarang uda jago makan sendiri pake tangan atau sendok/garpu, walaupun  berceceran, namanya juga masih belajar.

Udah bisa makan pisang, semangka, roti bakar, timun, jambu, cupcakes, biskuit, coklat, krupuk, mie ayam dan bahkan ngemut lolipop sendiri. Segala macam makanan yg dimakan kakaknya dan ibu bapaknya udah dicobain. U name it. MSG pun masuk kakaaaaak. Sigh. Cuma telor aja yang masih harus hati2 karena kadang timbul alergi. Paling putihnya aja.

Anak kedua.. ibunya udah mulai cuek, mulai longgar. Nggak seketat/separno anak pertama dulu yg setiti ngati-ati. Sekarang apapun hajar bleeeeeh selama nggak mengganggu kesehatan dan aman. Pokoknya setiap ngeliat ada orang makan pasti minta jatah. Sebelum tidurpun kadang ngemil lagi bareng kakaknya.

Adik A cuma suka ASI. Di rumah selalu disediain UHT sebagai pengganti ASI tp sering nggak laku. Apalagi kalau pas weekend saya di rumah, UHTnya dilirikpun enggak. Untung asupan makanan dan cemilannya udah cukup banyak jadi saya nggak khawatir kalau UHT nya nggak masuk sedikitpun.

Perkembangan Bicara

Adik A udah pinter nyanyi, berhitung dan ngucap/niru kata2 walaupun baru belakangnya aja.

Burung kakaktua, Satu2 sayang ibu, topi saya bundar dan lagu Cicak paling dia suka. Setiap pagi selalu dengerin lagu anak2 Indonesia yg dinyanyiin Tasya, Enno Lerian, Agnes Monica dan penyanyi2 cilik yg sempet heits di jamannya. Baca surat Al Fathihah pun udah hapal ujung2nya. Alhamdulillah…

Beberapa kata yang udah bisa… Ibu, bapak, kakak, cicak, aduh, jatuh, topi, saya, iya, bubu (minta ASI sambil goleran), (kr)upuk, ape(l), (tom)ato, (ba)nana, papaya, ata(s), (n)aik, iki, apa, apa iki, waaow (baca: kucing), (ga)jah, (jera)pah, (k)upu, kaki, (ma)ta, (pi)je(t), ai(r) dll. And i mean kata2 itu semua diucapin dengan tegas dan jelas. Lumayan progressnya utk anak 1,5 y.o.

Berhitung juga uda bisa sampai angka 10. Kadang disebut lengkap, kadang belakangnya aja. Satu.. dua… (t)iga… empat.. (l)ima… (e)nam.. (tu)juh… (del)apan… (sembi)yang… (sepu)yuh

Perkembangan Emosi

Terus terang cah wedok satu ini bikin saya harus lebih sabar dibanding dulu ngadepin kakaknya. Lebih demanding, nggak mau kalah, kalau maunya nggak diturutin gampang ngambek/nangis, jahil, harus dapetin apa yg dimau saat itu juga. Anaknya nggak bisa dilarang atau agak susah dikasihtau. Udah gitu kalau ada ibunya, maunya ya terus2an sama ibu. Bapaknya nggak laku. Dinikmati wae yo buuk…

Udah pinter ngegodain kita orang dewasa misalnya suka ngumpetin barang. Kalau dilarang sesuatu misalnya nggak boleh mainan remote TV/AC bukannya nurut eeeh malah sengaja dimainin dan kalau kita minta, anaknya kabur sambil ketawa ngekek. Duh gusti…

Mudah2an nggak perlu ngelewatin masa2 terrible two ya deeek. Ibu lelah hayati.. Hahaha…

But eniho, adik A will always gonna be my sweet little cutey pie….

Save

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

4 thoughts on “1,5 y.o adik A

  1. Mba Shinta.. perkembangan adik A bagus bgt loh.. anak kedua ku cowo 20m, yg berkembang pesat motorik kasar nya.. lari, manjat, koprol.. sedangkan untuk ngomongnya baru sekitar 5-10 kata dan dia suka males ngomong.. ga mau ngikutin kita ngomong.. padahal kakaknya cewe bawel banget.. anak tuh emang beda2 ya.. ga bisa dibandingin deh.. semoga adik A sehat terus ya..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s