London Trip 2016: Tips

20161210_094734

Berikut ini beberapa tips yang akan saya share untuk temen2 yang mau berlibur ke London.

TIPS SARANA TRANSPORTASI

Selama di London kami sering jalan kaki. Kalaupun jaraknya jauh biasanya kami naik bis dan tube. Khusus untuk ke airport dan train station kami pakai London cab/uber karena bawa koper yang lumayan berat, pun jaraknya juga cukup jauh. Pertimbangannya selain untuk efisiensi, keliling kota dengan jalan kaki sangat menyenangkan. Kita bisa menikmati suasana kota dan berbaur dengan orang2 London. Feel the hype like the Londoners. Kebetulan waktu kami kesana pas autumn, anginnya dingin2 sejuk. Awal datang masih nderedek kedinginan, lama2 terbiasa. Jalan kaki jadi obat paling ampuh melawan dingin.

Jangan kuatir! Infrastruktur dan transportasi di London sangat nyaman, aman dan kids friendly. Trotoir, halte bis, tube station, public toiletnya bersih dan rapi. Adalah sedikit kotor sana sini tapi masih tergolong bersih. Petugas kebersihannya pun ganteng, sterek dan kece badai, David Beckham lewaat. Hahaha.

Tube map dan panduan jadual bis awalnya agak rumit tapi setelah beberapa kali dibaca dan dipelajari ternyata cukup mudah, sangat informatif dan schedulenya tepat waktu.

TIPS SARANA KOMUNIKASI/INFORMASI

Kartu dan aplikasi yang kami pakai selama di London sbb:

1.  SIMCARDS

Simcards ini bisa dibeli di vending machine di Heathrow airport area kedatangan. Kami pilih provider 3 dengan paket £ 30.00 untuk 300 minutes talk + 3000 text + 12 GB data. Kami gunakan untuk 10 hari trip masih sisa banyak. Mostly dipakai untuk WA dengan keluarga di Jakarta dan suami, telpon sesekali kalau nyasar/janjian, browsing internet, pesan Uber dan google map. Untuk di apartment memakai wifi, jadi lebih hemat.

2. LONDON PASS

Saya sempat galau mau beli London Pass atau enggak karena harganya cukup mahal, tapi kalau kita bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dan memang banyak tempat yang mau dikunjungi, saya saran untuk membeli London Pass ini. Paling nggak minimal 3 hari trip di London baru kerasa manfaatnya. Tapi kalau kamu tipikal traveller yang asal lewat dan cuma mau foto di depan tempat wisata, sebaiknya nggak perlu beli London Pass ini. Toh juga mayoritas museum di London itu free. Manfaat London Pass pastinya udah sering saya sebut di postingan day by day trip sebelumnya.

Setelah baca review dari Bebe dan sempat tanya2, akhirnya saya beli London Pass untuk saya dan mas B dengan paket 6 days, sementara suami saya 1 day. Daftar harganya:

Dewasa

  • 1 day = £ 59.00
  • 2 days = £ 79.00
  • 3 days = £ 85.50
  • 6 days = £ 109.65

Anak2

  • 1 day = £ 39.00
  • 2 days = £ 59.00
  • 3 days = £ 59.40
  • 6 days = £ 75.65

Tuuuh, lumayan nguras kantong kaaan….

Coba kita bandingkan yuk harga tiket masuk ke tempat wisata (on the spot) yang sempat saya jelajahi tanpa dan dengan London Pass.

  • Tower of London: Adult £ 25.00, Children £ 12.00
  • Tower Bridge: Adult £ 9.00, Children £ 3.80
  • HMS Belfast : Adult  £ 16.00, Children £ 8.00
  • Transport museum : Adult £ 17.00, children free
  • Kensington Palace: Adult £ 18.00, children free
  • IMAX theater at Science Museum: Adult £ 11.00, children £ 9.00
  • River thames cruise:  Adult £ 18.50, children £ 9.25

Total jendral untuk tiket normal adult £ 114.50 dan children £ 42.05 sementara saya menggunakan London pass for 6 days seharga £ 109.65 dan £ 75.65. Cukup hemat untuk tiket adultnya, tapi untuk tiket children masih lebih tinggi karena beberapa ada yang free. Menurut saya tetap lebih hemat dengan priviledge nggak pakai antri dan di beberapa tempat belanja souvenir dapat diskon s.d 15%. Kalau saya bisa lebih memanfaatkan waktu lagi dengan mendatangi beberapa tempat wisata pastinya akan lebih efisien. Kebetulan beberapa tempat yang saya datangi lainnya ada yang memang free, ada yang nggak termasuk dalam paket London Pass (seperti London Eye) dan ada juga yang cuma lewat di depannya aja seperti Westminster Abbey, National History museum, dll.

Dari daftar tempat wisata yang ada di katalog London Pass masih ada puluhan tempat wisata yang saya lewatkan karena keterbatasan waktu. So, buat temen2 yang mau beli London Pass harus benar2 perhitungkan biaya, tempat dan waktu berwisata supaya penghematannya lebih maksimal.

Saya beli London pass melalui online web dan bayar pakai kartu kredit. London pass diambil di ticket collection desk dekat Travalgar Square.

3. OYSTER CARD

Oyster Card bisa dibeli di tube station atau 1 paket dengan London Pass. Kebetulan saya dan suami pakai Oyster Card punya teman jadi kami tinggal top up di tube station atau convenient store. Kartu sakti untuk bertransportasi di London. MUST HAVE ITEM! Bisa dipakai untuk bis, tube, train dan river cruise. Oyster Card ini nggak ada expired datenya jadi bisa dipakai lagi kalau sewaktu-waktu berlibur ke London lagi. AAMIIN…

4. Google Map

Google map bermanfaat banget buat cari tahu lokasi yg akan kita kunjungi, rute perjalanannya dan jarak/waktu tempuh menuju ke tujuan baik dgn jalan kaki, bis, tube maupun mobil pribadi.

5. Muslim Pro

Aplikasi ini saya pakai untuk mengetahui waktu sholat selama di London dan Edinburgh dan arah kiblat. Tadinya saya rencana mau sholat di Central mosque of London di Baker street tapi perjalanan kami belum ke arah sana. Insya Allah ya kalau rejeki kesana lagi. Aamiin….

TIPS MAKAN, MINUM & GROCERRY SHOPPING
Seperti kita tahu, biaya hidup di London cukup tinggi termasuk soal makanan. Ditambah lagi kekhawatiran soal Halal atau enggaknya. Berhubung suami saya menganut paham “Halal = bukan babi”, maka sayapun nggak pakai aplikasi untuk deteksi makanan Halal. Tapi kalau menganut paham “Halal = daging harus disembelih sesuai syariat Islam” maka saya saran pakai aplikasinya. Bisa juga untuk sementara makan sayur, buah dan ikan/seafood sebagai subtitusinya.

Sejauh2nya berkelana ke negeri orang, perut tetap 100% Indonesia. Apalagi mas B yg suka ngerengek “ebook, mas B lapewwrrrr” kapanpun dimanapun. Jadi yaaa setiap pergi bawa bekal sendiri. Nyonyaah yg gak pernah masak di rumah terpaksa di apartment masak jam 5 pagi ngoprek dapur krn anak laki msh jetlag perutnya minta diisi, lanjut cuci baju di washing machine, mandi, baru deh jalan.

I never go travel light. 1 koper khusus bumbu2 bawa dari Jakarta macam BERAS, gula, garam, mentega, kecap, sambel, saus tomat, dendeng, rendang daging, rendang telor, mie instan, sup jagung dan bubur ayam instan,  bumbu nasgor bamboe, sarden, kornet, spagetty + bumbu bolognaise dll, u name it. Oiya, RICE COOKER!!

Garlic puree penyelamat masakan beli di minimarket £1.25 buat 10 hari (makenya dikit-dikiit 😜), telor 0.89p isi 6 glundung dan fresh veggie £1.25 buat 2-3 hari, lainnya smoked chicken £2.00, smoked salmon £4.00 atau chicken bumbu yg tinggal masukin microwave £2.00, beras juga sempet nambah seplastik kecil 100/200 gr gitudeh 0.90p kalau gak salah. Not bad kan harganya mirip kyk di Grand Lucky, dibanding harus setiap hari makan di resto.

Waktu di Edinburgh, suami beli ayam KFC sebaskom. Rela nggak setiap hari makan KFC £9.99 isi 6 ayam include kentang? Makannya disesep dan digerogoti sampe tulang kayaknya. Apalagi menu makanan di resto lain ala2 European style atau melayu cuisine, £ 11.00 – 15.00/porsi plus minuman £ 3.00 – 5.00/gelas yaa lama2 bangkruts, even di fastfood. Biasanya minta tap water (air keran yg drinkable) gratis 😅. Oooh ya, air keran di London itu drinkable ya, jadi bisa langsung minum dari kerannya, tapi suami saya tetep minta saya masak si air keran itu sih. Masih belum biasa minum air kok dari wastafel. Kadang kalau lagi di jalan saya suka beli hot chocolate/coffee untuk suami £ 1.50 – 2.50/cup, lumayan membantu untuk menghangatkan badan dan mengusir rasa dingin. Sesekali bolehlaaaah wisata kuliner di London tapi nggak setiap hari juga sih.

Harga 1 paket KFC sekali makan hampir sama dengan harga belanjaan isi beras, ayam bumbu isi 6 potong tinggal goreng, sayur, jus, telor 12 glundung, anggur, bisa untuk 3 orang selama 3 – 4 hari.

Sisa uang saku kan bisa utk blanja di Bicester/Harrods/Selfridge lagi. Eeeeaaaaa 😅

Jangan lupa setiap belanja bawa plastic bag sendiri karena plastic/paper bag di supermarket London harus bayar 0.20P kalau nggak salah. Kadang saya terpaksa beli juga si plastic bag buat buang sampah atau tempat baju kotor.

Untungnya saya sudah siap kemana2 bawa plastic bag sendiri. Plastic bag dari Ace Hardware ukurannya besar, bahannya elastis dan bisa dilipat sampai sekepalan tangan. Praktis.

TIPS BERPAKAIAN DI SAAT AUTUMN IN LONDON

Ini adalah pengalaman pertama saya traveling di saat musim autumn. Belum tau gimana cuaca dan suasananya. Sebelumya sempat diinfo oleh teman suami mengenai cuaca di London yang suhunya berkisar 8 – 15″C, kadang hujan dan pastinya berangin. Kebetulan saya orangnya nggak tahan dingin, jadi kalau pakai baju berlapis2 deh jadinya. Setiap hari saya selalu pakai long john, sweater, syal wool dan windbreaker (jaket) serta sepatu boot.

Pemilihan pakaian dan sepatu yang nyaman PENTING BANGET selama perjalanan dengan berjalan kaki. Saya sebenernya agak kurang nyaman dengan Boot yang saya pakai karena depannya agak lancip jadi jarinya agak kejepit. Sakiiitnya tuuh di sini (tunjuk kelingking). So, i prefer wearing sneakers sebenernya. Tapii yang namanya AUTUMN itu kan musim paling heits banget buat foto OOTD pake jaket dan boots yaa. Hahahaha…

Londoners itu orangnya fashionable banget loooh. Bisa-bisanya mereka jalan kaki jauh naik turun bis/tube sambil dorong stroller/gendong bayi sama bawa belanjaan pakai boots yang heelsnya tinggi. Cetar banget deh mbaknyaa…

TIPS KESEHATAN KULIT

Musim autumn itu kan identik dengan angin kencang dan dingin. Ini yang bikin kondisi kulit jadi tipis dan gampang terkelupas. Berdasarkan pengalaman saya yang newbie dengan cuaca autumn, kemarin itu sempat kulitnya jadi tipis, kering dan bersisik. Kesenggol sesuatu dikit jadi gampang perih. Ternyata pengaruh juga dari sabun dan lotion yang saya pakai kurang bagus untuk cuaca dingin.

Saya saran untuk pakai bodywash dan bodylotion yang kandungan mosturizernya tinggi. yang melembabkan dan nggak bikin kering. Saya prefer merk2 dari Eropa karena kandungannya sudah disesuaikan dengan kondisi cuaca di negara 4 musim. Gegara kulit kering, saya jadi maniac beli segala body lotion selama di London. Selain wanginya enak, melembabkan, harganya juga jauuuuh lebih murah daripada beli di Jakarta seperti merk L’occitane, Mark & Spencer, Vaseline, Ted Baker, Molton Brown, Nivea dan merk2 drugstore lainnya. Andalan saya tentu saja BIO OIL. Saya sempat beli Bio Oil di Primark dengan harga £ 7.40 (Rp. 120 ribu) ukuran 125 ml, sementara kalau di Jakarta harga segitu kan cuma dapet ukuran 60 ml aja dan seinget saya yang ukuran 125 ml Rp. 200 ribu. Murah kaaaan…..

Bio Oil saya pakai setiap hari terutama untuk muka dan tangan. Waktu itu pernah mas B punggungnya kering sampai bersisik karena kurang lotion, akhirnya saya lumuri pakai Bio Oil dan 2 hari kemudian kulitnya kembali normal. Sejak itu mas B juga setiap hari saya pakaikan Bio Oil sehabis mandi sebelum lotion.

TIPS AKOMODASI

Untuk keluarga muda dengan anak, saya prefer apartment instead of hotel. Pilih apartment yang lokasinya strategis dekat mini market/pusat belanja, public transportation, ada pantry dan laundry room. Harga sewa apartment di London tergantung dari lokasi dan kelengkapan fasilitasnya, yang standard harganya rata2 Rp.2 – 3,5 juta. Diatas itu juga banyak. Semakin dekat pusat kota, harganya semakin mahal walaupun fasilitasnya sangat minim.

Kalau mau lebih hemat lagi bisa tinggal di hostel. KBRI London pun menyediakan tempat menginap tapi lokasinya cukup jauh dari pusat kota  Buat temen2 yang biasa travelling pastinya lebih canggih lah buat urusan cari mencari tempat penginapan yang sesuai budget. Suami kemarin hanya mengandalkan rekomendasi dari teman dan searching di booking.com.

TIPS ITINERARY / MEMILIH TEMPAT WISATA DI LONDON

Jangan khawatir, London itu banyaaaak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Apalagi kalau kamu tipe orang yang suka menjelajah dan nggak cuma scanning tempat wisata. Seminggu di London aja bagi saya masih belum cukup untuk menjelajah ke semua tempat. London sendiri kotanya nggak terlalu besar dan tempat wisatanya bisa dijangkau dalam beberapa spot. Artinya kamu bisa jalan2 ke beberapa tempat wisata sekaligus dalam 1 waktu jadi lebih efektif dan efisien. Contoh itinerary seperti yang pernah saya posting di London trip day by day.

Untuk lebih mudahnya tentu saja kamu wajib datang ke the-IT nya London which is di area seputaran Big Ben/Westminster dan area seputaran Tower Bridge. Di 2 spot area itu aja kamu bisa menjelajah ke lebih dari 10 tempat wisata HEITS-nya London.

London punya banyak museum yang tiketnya free/gratis seperti British Museum, National History Museum dan Science Museum.

London juga punya beberapa spot tempat belanja dan yang paling ngetop di wilayah Soho dan Covent Garden, atau jalan ke 1 tempat namanya Oxford Street itu isinya toko semua, monggo belanja sampai dompetnya licin tak bersisa hahaha.

Segitu dulu yaa tips travel to London ala-ala saya, semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

KEEP CALM AND ENJOY LONDON

Save

Save

Save

Advertisements

16 thoughts on “London Trip 2016: Tips

  1. Ira says:

    muslim pro ini emang berguna banget kalo traveling keluar kota ataupun negeri ya Mbak Shinta. Satu aplikasi semua ada..mulai dari urusan kiblat, Al Quran, ampe makanan halal XD
    one day…I want to traveling to London

    Liked by 1 person

  2. Wah ini tepat tips nya.

    Aku selalu bilang sama orang yang kesini jangan beli London Pass, rugi. Hahahahha Banyak yang bisa dinikmati gratis. Kan yg penting2 sebenernya foto didepan aja, kayak Big Ben, Parliament House, Buck house, etc. Selalu juga usul kalau punya anak pengen interactive gitu ke Science Museum, Museum of London, Natural History tuh ada kids interactive yang juga gratis. Terus museum2 itu selalu ada waktu2 free guide, yang bener2 menarik. Gak usah naik river cruise, naik boat dari depan Tate Britain trus ke Greenwich tuh udah kayak river river cruise.

    Liked by 2 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s