Posted in Daily stories, Review

#TUMBloggersmeetup – Selamat Tinggal Dunia Lama

20161217_142003

Hari Sabtu 17 Desember 2016 yang lalu saya datang ke acara  #TUMBloggersmeetup dengan tema “Selamat Tinggal Dunia Lama” sebagai bagian dari kampanye program edukasi kesehatan #brightFuture dari Unilever dengan menggandeng Blibli.com dan komunitas The Urban Mama #TUMbloggers untuk melakukan hal nyata untuk membangun masa depan yang cerah.

Acara yang diselenggarakan di D’labs Menteng, dipandu oleh MC mbak Vika, dibuka oleh TUM founder Teh Ninit dengan 3 narasumber yaitu:

  1. Maria Dewantini Dwianto (Mia), Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk
  2. Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Blibli.com
  3. Psikolog Retno Dewanti Purba dari SAUH Psychological Services

Mbak Mia menjelaskan pemilihan produk yang digunakan sehari-hari dan gaya hidup konsumen adalah dua hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan seperti apa
dunia kita di masa yang akan datang. Kekuatan konsumen dan brand-brand
Unilever dinilai akan mampu membuat perubahan positif bagi generasi mendatang.

Hasil penelitian terbaru Unilever Global menunjukkan bahwa 54% konsumen mau memilih produk yang diproduksi secara bertanggung jawab dan memiliki misi sosial. Selain manfaat, harga, dan kualitas, konsumen menginginkan produk yang membuat mereka merasa ikut terlibat dalam sebuah tujuan yang mulia. Dengan banyaknya jumlah konsumen yang memiliki kesadaran ini, berarti sebetulnya langkah menuju dunia baru yang lebih cerah sudah dimulai saat ini; dan dunia yang lama akan segera berubah.

Untuk mengajak konsumen berpartisipasi secara langsung, Unilever menggandeng
Blibli.com untuk mengedukasi konsumen melalui program kesehatan, lingkungan,
dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik di 5 Kota (Jakarta,
Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar). Program yang dijalankan dengan
Blibli.com tidak hanya mengajak peran aktif masyarakat dalam mewujudkan dunia
yang lebih sehat dan gembira lewat ranah digital. Namun juga menggandeng
komunitas dan pemerintah di sekitar taman bermain umum untuk memanfaatkan
dan menjaga fasilitas yang kami bangun. Tentunya fasilitas yang sudah ada bisa
dimanfaatkan dengan baik bila komunitas setempat ikut merawat

Mbak Lani dari Blibli.com menyampaikan Blibli.com menyambut baik program Unilever-brightFuture yang memberikan kehidupan lebih baik bagi generasi masa depan. Program ini sejalan dengan visi dan misi Blibli.com untuk memberikan kehidupan lebih baik sesuai gaya hidup konsumen. Blibli.com juga melihat belanja online menjadi solusi bagi masyarakat khususnya yang tinggal di kota-kota besar, terlebih bagi ibu-ibu modern belanja online bisa memudahkan belanja bulanan tanpa ke luar rumah dan tetap kumpul bersama keluarga.

Selain menggandeng komunitas setempat untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga
kebersihan taman, kerjasama Unilever dengan Blibli.com ini juga mengusung
program edukasi seputar kesehatan, lingkungan, dan bijak dalam berbelanja online
yang ditujukan untuk para ibu, dengan menggerakkan generasi muda seperti
mencuci tangan memakai sabun, sikat gigi pagi dan malam, mengetahui pentingnya
sarapan bergizi, ditambah dengan cara menjaga toilet agar tetap bersih, bermain di
luar ruang, memilah sampah, serta bijak dalam berbelanja online.

Belanja online adalah hasil dari perkembangan teknologi, dimana bisa menjadi pisau
bermata dua jika kita tidak mengetahui “aturan mainnya”. Blibli.com akan berbagi
tips untuk para Ibu, bagaimana belanja bijak, cermat, aman dan tetap
menyenangkan. Mulai dari data – data pribadi yang boleh dibagi, memilih
pembayaran yang aman, memilih produk – produk yang berkualitas dan keuntungan
dalam belanja online.

Sementara itu menurut mbak Retno, pemberdayaan komunitas di era sekarang ini sangatlah tepat. Komunitas sebagai saluran yang menterjemahkan gerakan sosial menjadi sebuah aksi dan yang menjadi pengikat suatu komunitas adalah kepentingan bersama dalam memenuhi kebutuhan sosial. Melalui kolaborasi dengan banyak pihak yang relevan sangatlah diperlukan agar tujuan dari kampanye brightFuture bisa mengikutsertakan sebanyak mungkin orang.

Kampanye Unilever BrightFuture bersama Blibli.com berlangsung mulai 1 Desember
2016 sampai dengan 31 Desember 2016. Selama masa periode kampanye ini, setiap
pembelian produk Unilever tertentu yakni; Lifebuoy, Pepsodent, Blue Band,
Domestos, Vixal dan Rinso di Blibli.com, konsumen secara otomatis turut
mendonasikan Rp. 1.000,- untuk program edukasi kesehatan, lingkungan, dan
pemberdayaan komunitas di arena taman bermain.

Mbak Retno menambahkan, Taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas
sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik akan memungkinkan anak untuk beraktivitas dan mengembangkan diri secara optimal. Mempromosikan
dan mendorong perilaku bermain yang menyenangkan adalah hal yang esensial
untuk hidup yang membahagiakan dan masa depan yang lebih cerah. Pembentukan
kebiasaan baik bagi anak-anak melalui pembelajaran sosial.

Dari program edukasi yang dilaksanakan, diharapkan komunitas dapat memelihara
taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana
edukasi yang menarik, memanfaatkan taman bermain untuk beraktivitas sambil
mengeksplor sarana edukasi yang ada di taman, dan juga menerapkan perilaku
hidup bersih, sehat dan bijak dalam berbelanja online.

Unilever berharap kampanye brightFuture ‘Selamat Tinggal Dunia Lama’ dapat
menggugah semakin banyak pihak lagi untuk memiliki kesadaran dan kepedulian
yang sama serta mulai melakukan tindakan nyata untuk kehidupan yang lebih baik.

Kerjasama Unilever Brightfuture dengan Blibli.com diharapkan menginspirasi komunitas yang lebih luas dalam perilaku hidup bersih dan sehat, juga bijak dalam belanja online. Setiap tindakan, sekecil apapun, bila dilakukan bersama-sama secara konsisten, niscaya
akan bisa membuat perubahan besar.

 

thumb_img_2595_1024

Saya senang sekali bisa ikut terlibat dalam kampanye Unilever Brightfuture bersama para TUM Bloggers, dan semoga virus positif ini dapat ditularkan ke keluarga, lingkungan dan banyak orang, sehingga anak2 Indonesia dapat menikmati kehidupannya dengan lebih baik lagi.

Save

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

3 thoughts on “#TUMBloggersmeetup – Selamat Tinggal Dunia Lama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s