Posted in Travel stories

London Trip – Day 2 : British museum, Russel Square Garden

20161024_100856

Hari ini jadi hari perdana saya dan mas B jalan berdua aja karena suami saya training. Hari ini juga jadi hari yang kurang efektif buat saya karena ada miskomunikasi dengan suami yang katanya bakal pulang setelah jam makan siang ternyata baru selesai jam 5 sore. Saya yang tadinya udah atur waktu supaya pagi jalan berdua dan siang bisa jalan bertiga, malah cuma tidur2an di apartment nunggu bang Thoyib suami kok nggak pulang-pulang.

Agenda hari ini saya jalan ke tempat wisata yang dekat dengan apartment, cuma 5 menit jalan kaki.

British Museum

British museum merupakan museum sejarah sejuta umat London. Kalau di Jakarta seperti Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah). Isinya tentang sejarah peradaban manusia, sejarah kota London, artefak dari berbagai negara dan budaya. Saya sampai di museum tepat jam 10 pagi masih sepi banget. Nggak pake antri langsung masuk cuss.

Udah pede aja ngalungin London Pass biar gak bayar dan gak antri eeh ternyata emang gratis sodara-sodara, hahaha. Kalau mau masuk atau nonton exhibition berbayar yang ada di dalam barulah London passnya kepake supaya dapat priviledge gratis.

Berhubung saya dan mas B kurang menikmati sejarah dan benda2 mati dan setelah 1 jam keliling mas B udah keliatan bosen, akhirnya London passnya nggak saya pakai untuk nonton exhibition. 1 jam aja belum keliling ke semua tempat looh, bukti betapa gedenya museum ini. Begitu saya dan mas B keluar dari museum, ternyataaaaa antriannya udah panjaaaaaaaaang banget. Petugas museum aja sampe kewalahan menampung banyaknya pengunjung dan akhirnya pintu gerbang museum terpaksa ditutup sementara, menunggu sampai pengunjung yang ada di dalam keluar. Ya ampuuuun, sampe segitunya ya yang penasaran mau liat British museum.

Oooh iya, sebelum masuk ke museum ini, saya sempet salah info. Saya pikir British Museum itu yang untuk tempat shooting film The Night at The Museum, ternyata salaah, hahaha, makanya saya bingung kok isinya beda banget sama yang ada di film. Ternyata tempat shootingnya itu adanya di Natural History Museum, yang mana lokasinya jauh dari British museum. Hehehehe…..

Free, open daily 10.00 – 17.30

Kalau ditanya worth it gak sih ke British Museum? kalau kamu penggemar  benda2 sejarah, purbakala, barang antik dan kebudayaan, museum ini cocok dan wajib kamu datangi. Kalau cuma sekedar jawab pertanyaan “udah pernah ke British Museum belum?” dan kamu pengen jawab “udah” yaaa cukup foto2 di depannya dan keliling 1/2 jam aja untuk ngerasain atmosfernya, toh masuknya juga gratis. Tapi kalau kamu tipe lifestyle and hedon traveller, better museum ini di-skip karena dijamin kamu bakal boring tingkat dewa.

British museum ini dalemnya hangat malah cenderung sumuk jadi saya dan mas B terpaksa buka windbreaker/jaket. Untungnya baju dalem kami juga nggak terlalu tebal jadi cukup nyaman jalan-jalan selama 1 jam. Mas B seneng banget liat mummy.

Dasar yaa darah arsitek, nggak menikmati isinya tapi saya cukup mengagumi bangunan-bangunan yang ada di London termasuk British Museum ini. Perpaduan klasik Roma dan modern, terdiri dari 4 lantai. Penataan layoutnya pun dibuat sedemikian rupa supaya pengunjung nyaman dan alurnya teratur. Ada juga benda2 dari mancanegara seperti dari China, Egypt, Jepang dll. Ooh ya waktu saya kesana lagi ada poster promo pertunjukan wayang dari Indonesia, Malaysia dan Thailand looh bulan Januari. Ikut banggaaaa, Indonesia goes International.

Koleksi favorit saya di British Museum ini adalah sejarah tentang uang mulai dari jaman barter bahan2 pertanian/peternakan sampai the end of cash dan koleksi jam.

Koleksi jamnya keren banget, ya bentuknya, ya materialnya, ya teknologinya baik yang umurnya udah beratus tahun sampai teknologi terbaru saat ini.

Ruangan besar di dalam British Museum.

Russel Square Garden

Selesai dari British Museum, rencananya mau lanjut ke Cartoon Museum yang tinggal nyebrang jalan, eeeaaa ternyata museumnya tutup. huhuhuhu, sediiiih. Padahal saya yakin saya dan mas B bakal lebih enjoy liat cartoon museum ini. Lumayan kan gratis kalau pake London Pass.

Yaudah, kami puter balik pulang dan killing time aja di Russel Square Garden, menikmati segernya udara autumn dan merhatiin orang yang lalu lalang. Mas B sendiri kesenengan lari-larian di air mancurnya, malah sempet minta divideoin ceritanya live streaming jadi reporter yang lagi jalan-jalan di London. Hahahaha, kayaknya mas B lebih cepet adaptasi deeh daripada saya. Buktinya dia udah nggak jetlag lagi dan udah nggak kedinginan seperti sehari sebelumnya. Kebetulan cuaca di hari ke-2 ini cukup bersahabat, suhu sekitar 12-13″C deh.

Oh iya kalau liat di peta, apartment kami letaknya di Guilford Street persis depan President Hotel. Deket banget kan dari British Museum dan Russel Square Garden.

Sebenernya di area ini ada 2 museum lagi:

1. Museum tentang kesehatan anak di Institute of Child Health/National Hospital, tapi u know laaah, udah pasti saya skip.
  2. Persis di ujung jalan deket apartment juga ada Charles Dickens museum, isinya yaa tentang isi rumahnya Charles Dickens selama masih hidup menjadi penulis terkenal di London. Berhubung saya bukan penggemar novel dan nggak tau Charles Dickens itu siapa, jadi saya skip aja. Oh iya, museum ini berbayar ya tapi kalau pakai London pass free.

Pulang dari Russel Square Garden, saya leyeh2 aja di apartment sampai nunggu suami pulang training. Lumayan sih buat recharge energy, ngebayar capeknya perjalanan udara 2 hari sebelumnya.

Nah, lumayan kan di 1 area yang nggak favorit dan bukan tourist attraction aja udah dapet beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi hanya dengan berjalan kaki.

Besok kami bakal jalan kemana lagi yaa? Just stay tune…..

Save

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..