Posted in Travel stories

Mengurus Visa UK 2016

img-20160927-wa0008

Hal penting pertama yang perlu diurus untuk perjalanan ke London adalah membuat visa UK. Sejujurnya, untuk seluruh pengurusan dokumen visa, tiket pesawat dan booking hotel sudah diurus sama suami, saya bagian itinerary. Tapi nggak apa ya, sharing sedikit pengalaman urus visa UK terutama saat pengajuan di VFS Global, Kuningan City.

Untuk keterangan lengkap mengurus visa UK bisa baca review dari Inggabia dan Ariev dan prosedurnya di web resmi VFS Global  Secara garis besar dokumen yang diperlukan sbb:

  1. Paspor masa berlaku min. 8 bln terakhir + Paspor lama (jika ada).
  2. Pas foto berwarna 3,5cm x 4,5cm = 2 lembar.
  3. Surat Referensi Bank dalam bahasa inggris.
  4. Copy Bukti Keuangan min. 3 bln terakhir (rekening koran).
  5. Copy KTP, KK, Akte Lahir + ganti nama (jika nama beda) dalam bahasa inggris.
  6. Copy Akte Nikah dalam bahasa inggris (jika sudah menikah).
  7. Copy Akte Lahir Anak, Kartu Pelajar / Surat Keterangan Sekolah dalam bahasa inggris (jika membawa anak ikut serta dalam keberangkatan).
  8. Print Out Tiket pesawat.
  9. Bookingan Hotel.
  10. Register akun dan mengisi form pengajuan visa UK secara online di website VFS Global untuk visa UK

Ke 10 dokumen persyaratan diatas, alhamdulillah udah dilengkapi sama suami (khusus tiket pesawat dan hotel sifatnya masih booked dulu belum issued) dan di tanggal yang udah ditentuin pada saat pengisian form pengajuan visa UK di website VFS Global, kami datang ke Kuningan City lantai 2 jam 7 pagi supaya nggak terlambat.

Kami bertiga dapat waktu yang berurutan, saya di jam 8, mas B di jam 8.30 dan suami di jam 9, tapi karena kami sepaket keluarga jadi oleh petugas boleh masuk berbarengan.

Biaya pembuatan visa UK sendiri sebesar $136, dibayar secara online visa website menggunakan Credit Card dengan status multiple-entry dan batas waktu kunjungan selama 6 bulan).

Kami menggunakan 2 fasilitas tambahan yaitu:

  1. Fasilitas VIP (Biaya Rp. 1 juta/applicant)

Apa sih fasilitas VIP? Fasilitas tambahan yang disediakan VFS Global dimana applicant mendapat prioritas waktu wawancara yang lebih cepat dan VIP lounge sehingga applicant tidak perlu mengantri dan menunggu lama untuk dilayani. VIP lounge layaknya airport lounge berupa ruangan khusus dengan sofa empuk, TV, disediakan aneka macam makanan, minuman dan kita dilayani oleh petugas khusus. Selain itu kita juga akan dapat fasilitas notifikasi status pengajuan visa UK melalui sms/email dan pasfoto. Jadi pasfoto yang udah kami buat di studio foto sebelumnya malah nggak kepake dan kami jadinya malah foto lagi di VIP Lounge itu.

Naaah, fasilitas ini sebenernya nggak perlu-perlu amat kalau kita dapat giliran di jam pagi dimana antrian masih belum banyak, apalagi kami bertiga datang paling pagi saat kantor VFS Globalnya masih tutup. Lebih cepet daripada juru kuncennya. Sepertinya suami saya salah informasi, dipikirnya yang namanya VIP itu sama dengan fasilitas prioritas/percepatan proses, ternyata beda, jadi kami harus mengeluarkan biaya ekstra lagi untuk proses percepatan visanya seperti dibawah ini.

2. Prioritas/percepatan proses Visa (Biaya Rp. 2,7 Juta/applicant)

Seperti judulnya, pengajuan Visa UK dapat dipercepat proses menjadi 3 hari kerja, dimana proses regulernya bisa memakan waktu 2 – 3 minggu. Kalau kita emang udah rencana pergi ke UK dalam waktu dekat, fasilitas percepatan ini bermanfaat banget jadi kita nggak perlu deg-degan/khawatir visa UK kita akan diapproved atau enggak. Tapi kalau nggak diburu waktu ya saran saya nggak masalah nunggu 2 – 3 minggu karena biaya percepatannya lumayan tinggi.

Kedua fasilitas tersebut merupakan fasilitas resmi dengan harga resmi. Daftar fasilitas prioritas lainnya ada kok waktu saya nunggu di VIP Lounge seperti fasilitas sms/email notifikasi Rp.25.000.

Proses pengajuan sendiri untuk kami bertiga memakan waktu +- 1 jam sudah termasuk wawancara, konfirmasi/kelengkapan dokumen, foto, tandatangan dan finger print  (untuk mas B), makan, minum dan leyeh-leyeh di sofa tanpa antri. Pertanyaannya ya simple aja, untuk keperluan apa pergi ke UK, nginepnya dimana dan dengan penerbangan apa, berapa lama, pergi dengan siapa, ada saudara atau enggak yang tinggal di UK, dll.  Khusus untuk mas B, selama wawancara, foto dan finger print selalu saya dampingi.

Setelah selesai proses wawancara, besoknya kami sudah dikirimi sms notifikasi status pengajuan visa UK kami udah sampai dimana dan hari berikutnya disms dan diemail lagi kapan visa kami sudah bisa diambil.  Alhamdullillah visa UK kami selesai dalam waktu 3 hari kerja.

Setelah 3 hari kerja, saya datang lagi ke VFS Global, Kuningan City untuk mengambil visa UK kami bertiga. Waktu pengambilan visa: setiap hari Senin – Jumat pukul 12.00-17.00. Karena saya ambil visa yang punya suami juga jadi harus pakai surat kuasa yang ditandatangan bermeterai, sementara kalau visa mas B tidak perlu surat kuasa karena statusnya masih anak-anak. Dokumen yang diperlukan untuk pengambilan visa: tanda bukti pembayaran, bukti identitas (KTP dan akte lahir untuk mas B) dan surat kuasa (bila perlu).

Saya pikir saat pengambilan visanya, saya bakal dilayani di VIP Lounge lagi, ternyata enggaaaaaak. VIP Lounge hanya berlaku 1 kali saat wawancara aja. Jadi saya harus antri di ruang tunggu reguler di loket khusus pengambilan visa. Untungnya hari itu antriannya nggak terlalu banyak dan 1 antrian cepat juga kok dilayaninya, yah +- 1 jam lah nunggunya, tapi supaya nggak bosen, sambil menunggu saya amati orang2 yang lagi urus visa UK di ruang tunggu reguler itu aja. Habis nggak boleh foto2 selfie siiih, hehehe….

Ada beberapa orang kurir yang sepertinya dari travel agent yang lagi ambil visa UK kliennya, sekali ambil bisa 10-15 visa. Ada juga rombongan orang kantor yang lagi urus visa UK secara bersamaan, mungkin mau ada seminar yaa. Ada juga yang lagi urus untuk study di UK atau mau menjenguk cucunya. Menarik yaa….

Saat nomer saya dipanggil, saya kasih berkas pengambilan ke petugasnya dan saya disuruh nunggu lagi selama petugasnya ambil visa saya. Nggak berapa lama, saya dipanggil lagi untuk ambil visanya. Saat visa kami bertiga udah ada di tangan, rasanya seneeeeeeeeeng banget. Ya Allah, alhamdulillah proses pengajuan lancar dan kami siap sowan ke rumah besan mbak Kate dan mas William, eeeh siap liburaaaaaan. Hehehe… Mr. Bean, we’re comiiiiiing….

Sedikit catatan untuk pengajuan visa melalui VFS Global:

  • Sebaiknya seluruh dokumen dipersiapkan sedetail dan selengkap mungkin untuk menghindari kesalahan/kekurangan dokumen dan harus bolak balik. Disana sih disediain fasilitas fotokopi/scan, email tapi harganya cukup mahal Rp.500 per lembar.
  • Bawa peralatan/perlengkapan seperlunya aja karena beberapa barang dilarang untuk dibawa masuk ke ruangan. Disana disediakan tempat penitipan barang tapi biaya penitipannya pun cukup mahal, kalau nggak salah tas/laptop/kamera Rp. 25 rb, koper, backpack dan sejenisnya Rp. 35 rb (kalau nggak salah yaaaaa…..)
  • Sebaiknya datang 30 menit sebelum waktu wawancara yang telah ditentukan untuk mengantisipasi kesiapan mental dan menghindari terjadinya keterlambatan. Karena kalau terlambat datang, kita nggak akan dilayani dan harus mengajukan waktu lagi untuk wawancara.

Sekian infonya, semoga bermanfaat yaa…..

Save

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

5 thoughts on “Mengurus Visa UK 2016

  1. Woooh lengkap banget infonya mbak. Enak ya kalau tarifnya sudah ada dan resmi gitu. Biaya percepatannya sepadan banget sama harganya. Ga perlu nunggu lama. Selamat liburan!🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s