Posted in Big brother - mas B, Travel stories

Rawcktober birthday Trip to London & Edinburgh

photogrid_1477244356576

Holaaa mantemin, long time no see yaaa. Buat yang follow IG saya pasti tau kalau kami sekeluarga baru aja liburan ke UK selama 10 hari dalam rangka #rawcktoberbirthdaytrip secara i super spam timeline IG every single day with pictures, pictures and pictures. Hahaha peace yooo. Maapken yaaa, maklum turis lokal perdana jalan-jalan keluar negeri setelah menikah dan punya anak jadi noraknya nggak ketulungan, hahahaha….

Buat sebagian orang terutama travel blogger, travelling mungkin jadi prioritas pertama atau kedua yang harus dipenuhi setelah kebutuhan pokok. Apalagi sekarang makin dimudahkan dgn adanya low cost/budget ticket & accomodation. Makin gampil deh mau pergi kemana aja. Malah planningnya udah setahun sebelumnya.

Buat keluarga kami, travelling (terutama mancanegara) masih jadi kebutuhan tertier dan duduk di posisi ke-sekianpuluh dibanding kebutuhan lainnya. Kendala utama dari segi waktu dan finansial. Travel kali ini pun sebenernya nebeng suami yg lagi tugas kantor, hehehe, kebetulan aja timingnya pas bulan Oktober saat saya dan mas B ultah. Alhamdulillah, rejeki buat yg ulang tahun. Makanya begitu form cuti di-approved bos, visa UK juga approved dengan mudah dan cepatnya, girapnya bukan kepalang.

Perjalanan kali ini buat saya penuh luapan emosi, karena selain ini trip perdana mancanegara setelah 12 tahun berlalu (waktu masih single, hitung2 sekalian nostalgia sama kota London), kali ini trip perdana mancanegara juga bareng sama suami dan mas B dan TANPA ADIK A. Kebayang nggak 10 hari tanpa adik A, hancur lebur luluh lantah hati ibu ini. Sedihnya luarrrr biasa. Dilema!! diajak — enggak — diajak — enggak.. Akhirnya dengan amat sangat berat hati, adik A kami tinggal di Jakarta sama mbak sus dan ibu saya. Pertimbangannya:

1. Sisi kesehatan. Berhubung di London dan sekitarnya lagi musim autumn jadi cuaca dingin berangin, suhu 8 – 13Β°C. Kami khawatir adik A akan sulit adaptasi dan takut kedinginan. Laaah kita aja yg udah dewasa harus pake baju 3 lapis dan masih nderedeg juga loooh. Apalagi seminggu sebelum berangkat adik A flu berat dan 2 hari sebelum berangkat akhirnya saya bawa ke dokter dan minta aneka jenis obat dan vitamin untuk jaga2 selama kami tinggal.

2. Di usianya yg masih 14 bulan, adik A pasti belum ngerti kalau diajak jalan. Mas B aja yang udah 6 tahun baru perdana jalan ke mancanegara ibaratnya masih cek2 ombak dulu. Berdasarkan pengalaman waktu kami ke Amerika 30 tahun yang lalu, saat adik saya masih umur 5 tahun, adik saya setiap ditanya kesan2nya pasti bilangnya nggak inget. Paling kalau pas liat fotonya aja dia bilang “ooh iya pernah kesini”, tapi yaa sebatas itu aja. Jadi kami pikir, yawislah nunggu adik A agak besar aja kalau mau diajak jalan2 mancanegara.

3. Pertimbangan egois ini sebenernya. Karena kami travel gak pakai guide/agent dan kemana-mana harus jalan kaki atau naik transportasi umum, kami pikir kalau adik A diajak bakal lebih kasian lagi, kasian saya juga. Saya sendiri nggak kebayang rempongnya kalau jalan sendiri bawa 2 anak, sementara suami beberapa hari harus tugas. Belum mikir jalannya, belum mikir makan dan minumnya, belum mikir nanti kalau poop. Kesuweeen mikire jeung. Padahal selama disana, saya sering ketemu sama ibu2 bule bawa balita dan bayinya (yang dibuntel sweater, jaket, selimut, sarung tangan) kemana-mana kok ya santai aja ya….. duuh, kalau saya sih nggak tega loh. Etapii kalau emang nggak ada pihan lain (hidup tanpa babysitter atau nannyless) yaa kalik bakal dibawa kemana-mana juga yaa…

Selain itu, sebelum berangkat, partner saya cuti sakit pasca operasi selama 1 bulan, makanya saya deg-degan banget kalau sampe di hari saya berangkat, temen saya belum masuk juga, saya nggak enak sama bos saya walaupun form cuti udah approved. Bikin itinerary pun jadi nggak konsen, karena terus terang saya udah lupa kondisi London kayak gimana. Duluuu sekali pernah ke London, 12 tahun yang lalu. Itupun saya tinggal melenggang aja karena itinerary udah ada yang atur dan lagi summer. Nah sekarang harus atur semuanya sendiri. Saya sendiri belum pengalaman yang namanya autumn itu cuacanya kayak apa, kota London itu besarnya kayak gimana dan jarak antar tempatnya jauh atau dekat. Apakah dalam 1 hari bisa dapet 3 – 4 tempat wisata atau cuma 1 – 2 aja? Apalagi kemana-mana bakal jalan kaki. Udah gitu rencana mau ikut Harry Potter Studio batal karena tiketnya SOLD OUT sampai bulan November. Salahnya saya baru mau book online 2 minggu sebelum berangkat, padahal sebulan sebelumnya saya uda sempet ceki2, tiketnya masih ada tapi saya masih ragu2 belum tau tanggal berapa mau kesana. Tambah senewen!!

Akhirnya itinerary sedikit dibantu sama anaknya temen kantor yang lagi sekolah disana dan liat webnya beberapa blogger yang pernah ke London (Inggabia, Puti, Bebe, MrsDelonika, Javamilk dll).

Jadi yaaa, saya dikit2 nangis melulu selama di perjalanan. Baru take off dari Jakarta nangis, begitu transit di Istanbul nangis, apalagi pas landing sampai di Heathrow.. ya Allah, terharuuuu banget, nyaris kayak pertama kali nginjekin kaki di Baitullah Mekkah. Terharu antara sedih, seneng dan bersyukur jadi satu.

Well eniwei, karena banyak agenda yg mau saya share, #rawcktoberbirthdaytrip #thedanielsgoesUK #thedanielsgoesScotland -nya saya bagi jadi beberapa chapter yaa… *duh gaya amat siiih..

  1. Mengurus Visa UK
  2. London Trip : Fly with Turkish Airlines
  3. London Trip – Day 1 : Parliament Building (Big Ben), Westminster Abbey, Buckingham Palace, Oxford Street, Travalgar Square
  4. London Trip – Day 2 : British Museum, Russel Square Garden
  5. London Trip – Day 3 : Tower of London, Tower Bridge, HMS Belfast, Borough market, Millenium Bridge, St. Paul’s Cathedral
  6. London Trip – Day 4 : Piccadily Circus, Leicester Square, Covent Garden, British Transportation Museum
  7. London Trip – Day 5 : All day shopping at Bicester Village
  8. London Trip – Day 6 : Kensington Palace, Hyde Park, Harrods, Science Museum, London Eye, River Thames cruise
  9. London Trip – Day 7 :Rasa Sayang and London Eye
  10. London Trip – Day 8 : London to Edinburgh by Virgin Train + Platform 9 3/4 at Kings Cross Station
  11. Edinburgh Trip – Day 9 and 10 : 2 days Hop On Hop Off Bus Tour
  12. London – Edinburgh Trip : People and The City
  13. London – Edinburgh Trip : London pass, Oyster Card, Google Maps dan aneka Apps
  14. London – Edinburgh Trip : Aneka tips
  15. London – Edinburgh Trip : 100% Perut Indonesia
  16. London – Edinburgh Trip : where we stay

Hahaha, bakal panjaaaang dan lamaaaa niiih di-draftnya. Well, semoga berkenan yaa. Keep on reading and enjoy our trip…….

Save

Save

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

15 thoughts on “Rawcktober birthday Trip to London & Edinburgh

  1. Relatif udah bs ditinggal ya Adik A klo udah 14 bulan. Bulan Nov ini benere aku diajak suami nemenin dia ke suatu negara juga. Tp membayangkan terbang jarak jauh sama bayik 9 bulan? Trs disananya meski stroller friendly tp bayik ini lebih mau masuk gendongan? Pakabar bodi ane ngegendong bocah 9 kg kmana-mana? Mau ditinggalpun, gak ada yg bs dititipin, wkwkwk…. akhire say bye dgn legowo ke tanah impian. Trs taunya presiden terpilihnya begono pulak. Blah. Semakin tak menyesal diriku, wkwkwkw….

    Like

    1. “Suatu negara” yang presidennya baru, hahaha sesuatuuu deeeh bahasamuuu.. wah, menurut aku kalau masih 9 bulan diajak aja, apalagi cuma bawa 1 bayi kaaan…. 9 kg cincailaaaaah, setrooooong…..

      Like

      1. Zimbabwe juga presidennya baru loh, kayaknya, wkwkwk…. lagian…. Apply visa sekarang opo yo diterima…. wes ben. Next time aja klo ke London sepertimu…. aku maksa ikot, wkwkwk…. gendong gendong deh!

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s