Posted in Daily stories, Health, Little sister - Adik A, Parenting

World breastfeeding week 2016

World breastfeeding Week atau Pekan ASI dunia diadakan pada awal bulan Agustus. Dalam rangka menyemangati para ibu yang baru saja dikaruniai bayi atau yang masih dalam tahap menyusui ASI bayinya, saya sedikit share pengalaman menyusui baby A yaa..

2 hari lagi baby A genap berusia 1 tahun, itu artinya Insya Allah dalam 2 hari baby A akan lulus S2 ASI.

Perjalanan ASI baby A dimulai beberapa jam sejak dilahirkan. Kok nggak IMD seperti kakaknya dulu? Enggak! Karena pada saat itu saya sendiri yg memutuskan untuk kesehatan baby A ditangani lebih dulu oleh DSA dan para suster dibandingkan harus mengikuti ego saya untuk IMD. Dengan atau tanpa IMD, alhamdulillah baby A bisa menikmati ASI langsung di usianya yg baru beberapa jam.

Cerita lengkap bisa dibaca di artikel “Melahirkan dengan pre-eklampsia”

Perjalanan ASI eksklusif baby A berlanjut hingga usia 6 bulan saat memasuki masa MPASI. Sampai akhirnya di awal MPASI baby A ada masalah di pencernaan yg mengakibatkan GTM Total + Berat Badan stagnan dan dibawah percentile + kekhawatiran/indikasi gagal tumbuh maka atas saran DSA dan dokter ahli pencernaan di usia 7 bln baby A diberi tambahan sufor khusus bayi BBLR.
Stok ASIPnya cukup? Lebih dari cukup. ASInya nggak berkualitas kok bisa anaknya nggak gemuk dan berat bAdan nggak naik? Konon katanya nggak ada yg namanya ASI tidak berkualitas. Semua ASI kualitasnya baik or else kalimat tsb hanya untuk menyenangkan dan menghibur sesama ibu menyusui aja? Saya nggak tau. Yang pasti pertanyaan itu sempet menghantui saya dan saya sedikit ada rasa “kurang puas” karena nggak bisa kasih ASI yang katanya “nggak berkualitas” itu tadi.

Di balik kebimbangan itu dan demi kesehatan baby A, saya memutuskan untuk kasih tambahan sufor sesuai saran DSA. Sufor + ASIP ini hanya berlangsung 1 bulan saja, toh juga baby A ternyata gak doyan campuran ASIP + sufornya. Ketika usia baby A 8 bulan berat badannya sudah back on track lagi dan setelah diterapi obat, nabsu makannya mulai muncul bahkan sampai nggragas, saya memutuskan kembali ke full ASI. Stok sufor tetap saya simpan untuk emergency.

Cerita tentang sufor ini bisa dibaca di artikel “baby A 7 bulan GTM”.

Kalau dibilang anak ASI nggak pernah sakit? Sakit juga kok. Baby A sudah 2 x kena sakit. flu sampai 3 minggu + batuk 1 minggu + demam 3 hari karena ketularan sekeluarga flu semua. Alergi 2 hari karena saya salah makan obat flu yg bikin gastro saya kumat dan baby A muncul bintik2 seluruh badan. Bedanya mungkin anak ASI daya tahannya lebih kuat aja dan cenderung lebih cepet sembuh. Menurut saya sih relatif ya tergantung sakitnya apa. Yang pasti dengan menyusui ASI langsung, anak lebih nyaman dan tenang dalam dekapan ibu. Psychological therapy.

Alhamdulillah produksi ASI saya sampai menjelang usia 1 tahun ini “cukup” dan stok ASIP di kulkas lumayan untuk lanjut sampai S2++ ASI. Ini juga karena faktor baby A lebih suka menyusu langsung daripada minum ASIP jadi demand < supply. Trick supaya siang baby A tetap konsumsi ASIP dan target ASI dalam sehari bisa terpenuhi ya bisa dicampur di dalam MPASInya.

Stok ASIP H-3 countdown to S2 ASI

Strategi meng-ASI berikut gimana ni supaya bisa lulus S3 ASI? Selama masih dikasih rejeki, Rencana saya akan masih terus breastpumping selama di kantor (walaupun frekuensinya uda berkurang jadi 2x sehari dan produksi menurun maks. 200ml sehari),dan kalaupun stok ASIP nggak terpenuhi pastinya akan dicampur dengan UHT spt jaman kakaknya dulu.

Mungkin perjalanan ASI untuk baby A nggak se-IDEAL ibu2 menyusui lainnya terutama yg dikasih rejeki ASI melimpah ruah, selalu ada disamping bayi dan bayi selalu dalam kondisi sehat walafiat. Gimanapun juga saya selalu merasa BERSYUKUR, BERUSAHA dan SEMANGAT. Insya Allah ASI ibu Shinta membawa berkah dan bermanfaat untuk baby A dan saya juga yaaa 🙂

Cerita lengkap ASI baby A bisa cek tag ASI.

Selamat Hari Pekan ASI sedunia.

Semoga bayi-bayi di seluruh dunia bisa mendapatkan hak ASInya secara maksimal dan ibu2 menyusui harus selalu semangat, usaha dan berdoa supaya bisa mengASIhi bayi2nya dengan penuh cinta kASIh.

Insya Allah

Save

Save

Save

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

One thought on “World breastfeeding week 2016

  1. Selamat anak cantik , alhamdulillah udah S2 ASIX 🙂 selalu senang melihat ibu2 yg bisa ASI exclusive. Aku yg nggak ASIX aja rasanya bersyukur tiap kali my Baby B masih mau nyusu dr gentong emaknya 🙂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

