Posted in Big brother - mas B, Daily stories, Parenting

Holiday Program with gen cerdik

 

Di musim liburan bulan puasa lalu, saya daftarin mas B di holiday program. Tujuannya sih untuk ngisi waktu libur dengan kegiatan belajar sambil bermain, belajar bersosialisasi dan beradaptasi dgn lingkungan baru, mengasah kemampuan motorik halusnya (makanya dipilih yg bentuknya art and craft) dan yang terpenting supaya nggak main gadget setiap hari dan nggak bosen di rumah terus karena ibu bapaknya nggak bisa cuti untuk anter jalan2.

Banyak banget promo2 holiday program yg ditawarin temen2, tapi yang paling cocok menurut saya holiday program dari Gen Cerdik ini. Selain dari segi waktu pelaksanaan yang cuma 2 jam/hari jadi anak nggak terlalu capek atau bosen, pilihan tema/topik saya sesuaikan dengan minat dan kesukaan mas B, tempat acara yg relatif dekat dari rumah, kesesuaian waktu dengan kesediaan supir ibu saya utk anter les karena saya kerja jadi nggak bisa anter sendiri dan biaya cukup reasonable.

Seperti kata wali kelasnya mas B waktu ambil rapor bulan lalu, libur panjang adalah waktu dimana anak2 mulai dari nol makanya harus tetap dibimbing, diajarkan dan diisi dgn kegiatan di rumah/ di luar rumah.

Tadinya saya mau ikutkan juga di pesantren kilat dan kursus menggambar untuk anak2 tapi berhubung waktunya hampir setiap hari dan tempatnya cukup jauh dari rumah jd saya nggak jadi daftar. Mungkin tahun depan bisa dicoba. Di kantor saya juga ada pesantren kilat utk anak2 pegawai tp umur minimalnya 7 tahun (kelas 1 SD) jd  tahun depan mas B baru bisa ikutan.

Kegiatan ini rata2 berupa pengenalan terhadap topik/tema, gunting, tempel, mewarnai dan percobaan science seperti bikin gunung berapi, eksperimen air, fruit battery dll.

Berikut ini kegiatan yg diikuti oleh mas B. Foto2 saya dapat dari ibu saya alias eyang utinya mas B yg nungguin mas B les. Yang kursus satu tp yg nganter macam mau naik haji aja deh. Ada eyang uti, supir, mbak ncus dan baby A. Hahaha. Kalau eyang uti nggak bisa anter, dianter mbak ncus naik taxi.

Kecuali untuk kegiatan penutup terakhir fire fighter alhamdulillah saya bisa kabur dari kantor untuk ikut kegiatan di pos pemadam Lebak Bulus.

Outer space (luar angkasa, tata surya, planet2)

All Around The World (pengenalan tentang negara2)

Dino Party (dinosaurus dan kehidupan masa purba)

Mas B paling suka kegiatan bikin gunung berapi dan larvanya. Sampe di rumah saya ditodong untuk bikin lagi tapi saya nggak tau gimana caranya sementara mas B juga nggak inget, padahal bahan2nnya dikasih buat dibawa pulang.

Besoknya saya langsung WA gurunya dan kasih masukan kalau setiap kegiatan sebaiknya diberi tutorial cara membuatnya juga supaya anak2 (dan ibunya) bisa mencoba lagi di rumah.

Selesai holiday program akhirnya saya dikirimin email tutorial setiap kegiatan di holiday program yg diikuti mas B. Tinggal dipraktekin lg deh…

Sea the beauty (kehidupan laut dan binatang laut)

Scientist

Pas kegiatan scientist ini nggak sempet difoto ibu saya karena hanya didrop aja, sementara pulangnya saya jemput. Surprisingly, di sesi ini mas B dapet hadiah hamster yg boleh dibawa pulang untuk dipelihara.


Fire fighter
at Pos Pemadam kebakaran Lebak Bulus

Kegiatan penutup yang satu ini yang paling ditunggu-tunggu mas B dan saya. Saya bela2in pulang 1/2 hari looh buat nyusul mas B ke pos pemadam. Untung sesi ini diadain seminggu sesudah libur Lebaran dimana kerjaan masih sepi dan bos saya masih cuti. Kucing pergi tikus berpesta. Hehehehe…

Awalnya mau diadain di Playparq juga tapi mana seru yaaa, untungnya dipindahin ke lokasi sesungguhnya di pos pemadam Lebak Bulus. IT WAS EXTREMELY FUN!!

Anak2 dikenalkan dulu dengan bahaya kebakaran termasuk api, jenis2 mobil pemadam, alat2 pemadam dll terus disuruh coba baju pemadam yg berwarna orange, selanjutnya jalan2 keliling pakai mobil pemadam/mobil patroli. Selesai keliling anak2 pretend play seolah2 jadi petugas pemadam yg lagi memadamkan api pakai selang air dan yang terakhir…. main hujan-hujanan… wooo hoooo…

Berhubung banyak bermain air makanya anak2 pakai sepatu boot dan jaket hujan. Seruuuu banget.

Save

Di salah satu sesi, mbak ncus bilang kalau acara ini diliput sama salah satu TV swasta kalau nggak salah Kompas TV deh, trus reporternya uda sempet ngobrol sama mas B ditanya kesannya dan hari ini uda bikin apa aja. Eeeeh begitu si reporter manggil kameraman buat take shoot mas B nya ngambek nggak mau dishooting. Hahaha. Pas masnya siapin kamera, micnya langsung ditaro lagi. Hahaha… kurang canggih sih masnya. Harusnya ngambilnya candid aja sembari reporter ngewawancara mas B jadi anaknya nggak tau kl lg dishoot. Eetapii mas B bener juga sih, harusnya kl mw dishoot kan harus minta ijin sama artist manager (baca: ibu)nya dulu yaa trus teken kontrak dan bayar fee di muka baru deh boleh dishoot. Hahahaha, ibu matre….

Well overall saya suka holiday program yang dibuat oleh gen cerdik ini, sangat mendidik, fun dan yang paling penting anak2 enjoy walau masih ada beberapa hal yg harus ditingkatin lagi seperti misalnya:

1. Setiap kegiatan diberi tutorial care membuat art and craft atau eksperimen2 science

2. Waktu acara sebaiknya diluar jam makan anak atau anak2 diberi lunchbox/snack apabila waktunya pas makan siang

3. Pendekatan pengajar ke setiap anak lebih akrab supaya dalam waktu singkat anak mudah beradaptasi.

4. Di akhir acara, pengajar kasih feedback ke orangtua terhadap hasil belajar anak di hari itu. Walaupun waktunya cukup singkat semestinya bisa sih kasih penilaian plus minusnya.

Sampai berjumpa di holiday program berikutnya. Be creative and have fun 🙂

Save

Save

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

2 thoughts on “Holiday Program with gen cerdik

Leave a Reply

