Posted in Health, Review

Botanina – Local Organic Essential Oil

image

Bulan lalu mas B dan baby A batuk, pilek, flu ora uwisuwis, ganti-gantian aja tuh yang satu sakit trus nular ke yang lain, yang satu udah sembuh eh ketularan lagi, begitu terus sampai sebulan. Udah dibawa ke dokter anak dan dikasih obat flu masih nggak mempan, udah diblonyokin minyak telon dan brambang abang sekujur badan sampai ke ubun-ubun sempet agak lumayan tapi besoknya kambuh lagi. Fiuh, karepe opo toh yo ki. Setiap siang umbele mbeler ora barbar, setiap malam tidurnya nggak nyenyak karena susah napas atau suka bunyi grok-grok. Saya dan bapaknya pun ikutan flu juga. Komplit deh serumah flu semua.

Turning pointnya adalah seminggu sebelum bulan Ramadhan saat saya flu, hidung dan kepala udah mulai cenut-cenut, saya minum obat p*n*d*l hijau. Nggak biasanya saya minum yang varian ini, biasanya saya minum yang biru (aman untuk ibu hamil dan menyusui), tapi berhubung yang hijau konon untuk menyembuhkan batuk dan pilek jadi deh saya minum juga. Dan taukah apa yang terjadi? Besoknya perut saya melilit, gastronya kumat kakaaaak, periiiih banget. Saya sampai pulang 1/2 hari dari kantor dan besoknya absen karena masih melilit. Awalnya saya coba inget2 lagi, apa saya salah makan ya? Seinget saya sih saya nggak makan makanan yang aneh2. Makan yang biasa saya makan dan tidak pedas. Etapiiii saya inget2 lagi, jangan2….. jangan2 gara2 saya kebanyakan makan opak oleh2 teman dari Jogja. Tapi kan opak bahannya terbuat dari singkong, makanan yang biasa saya makan juga. Udah gitu yang anehnya lagi, di waktu bersamaan saya gastro, baby A tetiba badannya bentol2 merah sekujur badan mulai dari kulit kepala, pipi, belakang telinga, tangan, punggung, dada, perut, kaki… seeemuanya merah2 tapi nggak gatal. Baby A pun nggak demam, yaa cuma keluar bintik2 merah aja. Waaaah, pasti ini alergi deeeh. Bener kan pas saya bawa ke dr. Yovita dibilangnya alergi dan dr. Yovita juga curiga ini akibat saya minum p*n*d*l hijau karena kadar kafein lebih tinggi dari yang biru dan ada kandungan apanya gitu yang nggak cocok untuk kondisi orang tertentu (hipersensitif).

Waaah, wis kapok lah minum obat flu sembarangan lagi. Eling kalau masih masa menyusui harus lebih hati2 lagi.

Makanya berdasarkan pengalaman itu, saya pilih balik lagi ke pengobatan herbal, alami atau organik aja deh. Kalau pun terpaksa minum obat ya cari yang bener2 paling aman atau kalau nggak ampuh harus dengan resep dokter.

Sekarang ini kan lagi trendnya EO alias essential oil utk menjaga kesehatan, meningkatkan imunitas dan pencegahan penyakit. Ada beberapa merk EO yg emang lagi happening. Pasti pada tau lah yaaaa….

Setelah saya coba browsing beberapa merk EO, tetiba mencloklah di IG @botaninaID. Wah boleh juga nih, ada EO buatan dalam negri. Langsung minta pricelist, baca detailnya dan pesen deh. Karena tujuan utama saya utk anak2 maka saya pesan yg kids travel set yang berisi 5 jenis EO dengan customized ingredient yang aman untuk bayi usia 9 bulan dan anak usia 5 tahun.

Begitu paket dateng dan saya buka, makseeeng baunya wangiiiii…. jamu. Laaah??? Hahahaha. Enggak ding maksudnya wangi aroma-aroma herbal gituloh. Enak dan segeeeer bangetnget sampe saya cium-ciumin terus.

Favorit saya yaitu cold dan flu, bed hand and foot salve dan baby oil. Hampir setiap malam saya selalu semprotin cold and flu spray di kasur, bantal dan guling. Soothing banget. Anak-anakpun sebelum tidur selalu saya pijet pake baby oil dan telapak kakinya saya lumurin bed salve tipis-tipis.

Honestly Botanina ini bukan obat jadi saya nggak ngarepin anak-anak bakal sembuh dari batuk pilek dgn cepat. Toh sampe sekarang mas B dan baby A batuk pileknya masih on off aja. Sekarang sembuh, besok kambuh. Selama masih sering kontak sama orang lain dan main keluar rumah, pasti bisa darimana aja ketularannya.

Etapii saya ngerasain banget manfaatnya buat anak-anak. Somehow kualitas tidur mereka jadi lebih nyenyak dan selama tidur si hidung pilek nggak bikin mampet ataupun bunyi grok-grok lagi. Anak tidur nyenyak, sayapun jadi tenang. Selain itu kamar juga ikutan wangi sepanjang malam.

Untuk all purpose healing salvenya saya pernah pakai untuk nyembuhin pipinya baby A yg merah abis kejedot kena mainan. Dalam waktu 3 hari si pipi merah hilang nyaris tak berbekas.

Tinggal bugs repellent spraynya yg blm saya cobain ke anak-anak. Kebetulan akhir-akhir ini nyamuknya lagi pada ngumpet jadi so far masih aman.

Overall saya puas banget pake Botanina EO ini. Highly recommended. Kayaknya bakal pesen EO lainnya yg utk dewasa nih buat saya dan terutama buat suami yg setiap pagi pilek karena alergi dingin.

Ini ada sedikit info mengenai Botanina yg saya copas dari emailnya.

Botanina merupakan perusahaan dengan misi membantu keluarga dalam mengurangi tingkat pencemaran di dalam rumah, dimana polutan utama berasal dari bahan toksik yang terkandung dalam produk rumah tangga dan perawatan tubuh. Produk kami menggunakan bahan-bahan alami dan berbasiskan essential oil.

Prinsip Botanina:
Honest Ingredients (keterbukaan mengenai bahan-bahan yang digunakan sehingga konsumen dapat menilai apakah produk aman digunakan)

Safety First (penggunaan formula yang disesuaikan dengan kelompok umur konsumen)

Proven Benefits(pengembangan produk berkelanjutan untuk menghasilkan produk perawatan yang efektif

Affordable Prices (pemilihan bahan/pemasok dan penetapan harga untuk menghasilkan produk dengan harga yang terjangkau)

Organic Ingredients Priority (penggunaan 100% bahan organik secara bertahap)

a.. Botanina membuat varian produk yang disesuaikan dengan kelompok umur konsumen. Hal ini dikarenakan meskipun essential oil adalah bahan alami, namun tetap saja tidak semua essential oil dapat digunakan untuk segala usia (sensitivitas tubuh pada tiap umur dapat berbeda-beda).

b. Ibu hamil dan menyusui memiliki daftar essential oil yang sebaiknya dihindari dan hanya dapat menggunakan essential oil pada dosis rendah. Jika ingin menggunakan produk Botanina, mereka dapat menggunakan produk yang diperuntukkan bagi anak-anak atau lini produk Botanina – Pregnancy friendly skincare.
Jika Anda membutuhkan varian lainnya untuk ibu hamil/menyusui

c. Anda dapat menghubungi Botanina kapanpun jika terdapat info yang kurang
Lengkap.

IG: @botanina_id
LINE: @botanina
WA: 081.320.264.832 (Tina), 081.312.433.307 (Olva)

Cold & Flu (Rp. 80.000 per 60 ml) *BEST SELLER*
Berfungsi untuk membantu menyegarkan pernafasan dan membersihkan bakteri/virus di lingkungan. Botanina membuat 3 varian berdasarkan kelompok umur:
Cold & Flu for ages > 10 y.o (eucalyptus, peppermint, lavender oil)
Cold & Flu for ages > 6 m.o (lemon, lavender, tea tree oil)
Cold & Flu for ages < 6 m.o (lavender, chamomile oil)

Notes: jika konsumen hanya ingin membeli 1 macam saja untuk keluarganya, maka sarankan Cold & Flu for ages > 6 m.o (kalau anaknya berusia di atas 6 bulan) atau ages *BEST SELLER*
Mengandung 6 jenis essential oil (lavender, tea tree, lemon, helichrysum, calendula, patchouli), krem ini memiliki manfaat antiseptik, anti bakteri, anti jamur, anti inAamasi, analgesik, dan memudarkan bekas luka. Selain itu, krem ini juga menggunakan bahan baku utama cold pressed coconut oil dan shea butter yang menutrisi kulit, serta beeswax yang dapat mengunci kelembaban kulit, merangsang pembentukan sel kulit baru, dan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan. Oleskan secukupnya pada luka iris, memar, gigitan serangga, sengatan lebah, eksim, luka bakar minor, gatal alergi, terbakar matahari, iritasi, campak, cacar air, racun tanaman. Hanya untuk pemakaian luar.

BUGS REPELLANT SPRAY (Rp 50.000 per 60 ml)
Kandungan campuran essential oil dalam produk ini memberikan perlindungan dari gigitan serangga seperti nyamuk dan kutu. NO DEET.
Cara pakai:
Semprotkan ke bagian tubuh seperti tangan dan kaki, ratakan dan biarkan meresap.
Jangan disemprotkan dekat ke area hidung, mulut, atau mata.

Botanina membuat 3 varian berdasarkan kelompok umur:
Bugs Repellant Spray for Adults
citronella, lemongrass, cedarwood, patchouli, lavender, rosemary oil)

Bugs Repellant Spray for Kids > 2 y.o citronella, lavender, lemongrass, patchouli oil)
Bugs Repellant Spray for Babies < 2 y.o (citronella, lavender, lemongrass, cedarwood oil)

IMMUNE-GUARD BABY OIL FOR BATH & MASSAGE (Rp 70.000 per 60ml) *BEST SELLER*
Mengandung 4 jenis carrier oil (cold pressed coconut oil, cold pressed apricot, kernel oil, cold pressed avocado oil, cold pressed sweet almond oil) dan 6-7 jenis essential oil untuk tiap varian, produk ini memiliki fungsi membantu sistem imunitas tubuh anak-anak, serta merilekskan tubuh dan pikiran. NO PRESERVATIVES, NO ARTIFICIAL FRAGRANCES, NO MINERAL OIL.
Cara pakai:
Oleskan secukupnya untuk memijat tubuh si kecil, terutama area kaki, atau campurkan ½ – 1 sdt ke dalam air mandi hangat sesaat sebelum si kecil dimandikan. Karena kandungannya yang super melembabkan, penggunaan sedikit saja sudah cukup sehingga produk ini awet dalam penggunaannya.
Botanina membuat 2 varian berdasarkan kelompok umur:
Baby Oil for ages 2 y.o (cinnamon leaf, lavender, sweet orange, cypress, frankincense, ginger, turmeric)

BEDTIME HAND &.FOOT SALVE *BEST SELLER* Mengandung 5 jenis essential oil (lavender, patchouli, ylang-ylang, sweet orange, tea tree), krem ini memiliki manfaat menenangkan dan “emotional balancing sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur. Kandungan anti jamur dan anti bakteri dari essential oil dallam produk ini juga dapat membantu mengurangi bau kaki. Selain itu, produk ini juga mengandung shea butter,>beeswax, dan virgin coconut oil sehingga baik untuk melembabkan kaki.
Oleskan secukupnya pada telapak dan punggung kaki sebelum tidur.

Silahkan dicoba….

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

