Posted in Big brother - mas B, Daily stories, Parenting, School is cool

TK A to TK B

image

Time does fly so fast ya, nggak terasa mas B udah 1 tahun aja di TK A dan sekarang naik kelas ke TK B. Udah lama banget artinya saya nggak update perkembangan milestone mas B di blog ini. Kayaknya sejak saya hamil dan melahirkan baby A deh. Terakhir kali update itu pas persiapan masuk TK. Update lagi galau-galaunya. Baru juga persiapan eeeh, kok tau-tau uda naik kelas aja.Fiuh..

Senin 13 Juni 2016 kemarin saya ambil raport ke sekolah. Alhamdulillah, makin banyak kemajuan dari segala bidang. Poin yang masih harus dapet ekstra perhatian adalah Fokus dan motorik halus. Untuk bacaan-bacaan doa, udah hapal doa2 harian seperti doa mau makan, selesai makan, mau  bepergian, doa orang tua, Surat Al Fathihah. Sekarang lagi berusaha menghapal  doa An-Nas dan Al- Ikhlas.

Banyak kegiatan yang diikuti mas B selama di TK A dan Alhamdulillah untuk beberapa kegiatan yang melibatkan orang tua, saya dan bapaknya bisa hadir juga, terutama untuk pentas seni.

  1. Field trip belajar membuat pizza ke Domino Pizza. Waktu field trip ini saya nggak ikut, jadi difotoin sama salah satu ibu yang bertugas jadi chaperon. Mas B seneng banget bisa belajar bikin pizza dan sejak field trip itu mas B jadi favoritnya makan pizza (makanan favorit no. 2 setelah ayam goreng McD/A&W)

2. Waktu Idul Adha tahun lalu, anak-anak diajari cara melakukan ibadah haji. Jadi mereka dipakaikan baju ihrom kemudian melakukan tawaf di ka’bah kecil di sekolah. Hihi, lucu ya liat anak2 kecil pake baju ihrom. Insya Allah jadi haji mabrur beneran ya suatu saat nanti.

image

3. Persembahan untuk Ibu. Saya lupa ini persisnya kapan tapi bukan pas hari Ibu 22 Desember sih yang pasti. Inti acaranya adalah anak-anak menampilkan sesuatu sebagai tanda kasih/penghargaan untuk Ibu. Ini jadi acara paling TERHARU dari semua acara sekolah yang pernah saya datangi. Jadi di acara ini, anak2 menampilkan tari dan lagu untuk ibu2nya, kemudian gantian ibu2nya menampilkan lagu (spontan dikarang saat itu juga) untuk anak2. Yang bikin haru itu adalah lirik lagunya itu loh yang kurang lebih begini

” aku sayang bunda, cintaku sebesar dunia. Cintaku sedalam samudra, setinggi bintang, sejauh matahari. Bunda oooh bunda, doaku selalu untukmu. Bunda ooh bunda, semoga Allah selalu menjagamu”

dan di akhir performance, anak2 kasih setangkai mawar merah buat ibu dan bilang “aku sayang ibu”

Huwaaaa *mewek sejadinya *tissssuuu… tisssuuu….

Selain penampilan lagu, anak dan ibu kerjasama ikut berbagai macam lomba seperti lomba masak, mencari daun-daunan, membuat bubble dll. Seru dan fun banget sih…

Abis itu, kita bisa lihat hasil prakarya anak2 dan pendapat mereka tentang ibu mereka. Lucu2 deh komennya dan pastinya komen sejujur-jujurnya anak TK lah ya. Jadi ketauan deh mana ibu yang suka ke mall, yang suka masak, suka tidur, yang suka dandan dll. Saya sendiri cukup surprise komen Baron terhadap saya. Untung yang keluar yang baek-baek aja yaa. –pssst, emang ibunya baek beneran kok 🙂

image

4. Pentas Seni Budaya Sumatera Barat

Di acara ini, mas B dan teman-temannya menampilkan gerak tari dan lagu dari Sumatera Barat. Sebelumnya, mas B dan teman2nya diminta membawa barang2 kerajinan dari Padang, misalnya makanan souvenir rumah gadang, kain songket, sarung bantal makanan berupa rendang, dendeng, dll. Saya sendiri membawakan Mas B foto2 dan artikel mengenai rumah gadang, kelok sembilan, Legenda Malin Kundang, foto rendang dll. Mau cari gampangnya aja sih sebenernya kan tinggal googling, copas trus print. Habis nggak punya souvenir dari Padang sih. Hehehe.

Mas B sendiri kebagian menari dengan teman perempuannya. Sehari jadi uda B dan uni M. Si uda pake baju biru dan si uni pake baju kuning. Ganteng dan cantik yaa. Hihihi.
image

5. Pentas Akhir Tahun

Ini adalah pentas terakhir mas B di TK A. Seperti waktu pentas akhir tahun di KB, temanya kali ini masih sama yaitu mengenai kehidupan di peternakan. Mas B sendiri jadi seekor kuda. Iyeeeeeee…

Saya suka banget pentas akhir tahun kali ini. Kompak, terorganisir dengan baik dan sangat INDONESIA. Lucu deh liat anak2 pinter main operet. Selain hapal dengan scriptnya, lagunya, gerakannya, anak2 juga pinter berkolaborasi.Penonton juga diberikan brosur yang isinya foto2 pemeran anak2 dan lirik2 lagu yang dinyanyikan oleh anak2, jadi kita orang tua juga bisa ikut nyanyi sama2.

Saya sukanya lagu2nya itu karangan para guru dan pencipta lagu anak2 Indonesia seperti Ibu Sud, AT Mahmud dll.

Jadi operet kali ini bercerita tentang ayam jago yang setiap pagi selalu berkokok membangunkan teman2 sesama binatang di peternakan. Ada kucing, kuda, ayam betina, sapi, kelinci, bebek. Tiba-tiba suatu pagi, ayam jago berhenti berkokok. Lalu si ayam jago ditemani kucing mendatangi setiap kelompok binatang2 di peternakan dan bertanya “kamu tau tidak kenapa ayam jago tiba-tiba berhenti berkokok”.  Sampai akhirnya di kelompok terakhir, ketauan deh kalau ternyata si ayam jago berhenti berkokok karena KESELEK BRONDONG alias JAGUNG GRONTOL nyangkut di temboloknya. Hahahahaha.

Nah, setiap kali ayam jago mendatangi kelompok binatang2 itu, binatang2 itu menampilkan tari dan lagu ke penonton yang isinya deskripsi mengenai binatang yang mereka perankan. Contohnya mas B kebagian jadi kuda bersama 3 temannya dan mereka menyanyi lagu rap yang liriknya sbb:

“Halo teman, kamilah kuda berkaki empat binatang herbivora. Kami kuat penuh semangat, berlari kencang seperti kilat. Kami termasuk binatang ternak, berkulit hitam, putih dan coklat. Berkembang biak dengan beranak, dengan membawa beban yang berat”

Nanti kalau kelinci nyanyi kalau suka melompat-lompat dengan atraksi akrobat di alat gym, kalau sapi bisa produksi susu, bebek suka antri dll. Gemesszz lah pokoknya.

image

6. Fun day

Ini adalah kegiatan bebas setiap akhir tahun ajaran. Anak2 bebas membawa mainan ke sekolah termasuk sepeda dan otopet. Lalu di sekolah diadakan lomba tarik tambang, menuang air dll. Intinya bebas bermain, makan potluck sekaligus perpisahan dengan guru dan teman2 di kelasnya.

Laporan pandangan mata dari ibu2 yang mendampingi sih pada terharu ya karena selesai acara ini, anak2 libur selama sebulan dan masuk lagi udah TK B yang mana pastinya udah dipisah2 kelasnya.

Percakapan di WA Group kelas sama ibu2 dan guru pun berubah jadi mengharu biru. Saling berterima kasih, atas kerjasama dan prestasi anak2 yang membanggakan selama di TK A. Tidak lupa saling meminta maaf apabila ada salah ucap dan tindakan baik dari anak2 maupun ibu2 selama bergaul. Apalagi ibu bekerja seperti saya yg jarang bertemu dgn ibu2 lain, pastinya sangat terbantu dgn adanya WA Grup ini.

Kebetulan kelasnya mas B ini jawaranya TK A. Selalu menang di setiap lomba antar kelas.
image
Last but not least, saya amat sangat berterima kasih buat 2 ibu guru mas B — Ibu Ratna dan ibu Tari — yang senantiasa membekali mas B di TK A dengan super duper sabar, telaten dan ikhlas dalam memberi ilmu dan pelajaran yang bermanfaat, permainan yang menyenangkan sehingga mas B tumbuh menjadi anak yang selalu aktif, riang, bersemangat, lucu, berbudi pekerti, sopan, menghargai, mencintai dan menyayangi teman2 dan keluarga. Itu yang TER-penting! dan semoga akan selalu seperti itu sampai dewasa nanti.

Semoga jasa ibu Ratna dan bu Tari berdua mendapat berkah tidak terhingga dari Allah SWT. Aamiin yra.

Dan emoga ibu dan bapak bisa memberikan yang terbaik sesuai keinginan mas B dan mas B bisa mencapai cita-cita menjadi PROFESOR seperti foto di paling atas saat hari Kartini. Aamiin yra.

image

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

3 thoughts on “TK A to TK B

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s