Posted in Daily stories, Parenting, Party & Event

#TUMBukber Liburan Keluarga dan Efeknya Bagi Anak

image


Hari Sabtu yang lalu saya ikut acara buka bersama The Urban Mama di Eat & Eat, FX Sudirman #TUMbukber. Buka bersama perdana di bulan Ramadhan tahun ini.

Selain sebagai ajang silahturahmi sesama member TUM, acara #TUMbukber kali ini diisi oleh mbak Fioney Sofyan aka mbak Oney yg membahas tentang “Pentingnya Liburan & Efeknya Bagi Anak”

LIBURAN! Semua orang pasti suka liburan. Siapa sih yg nggak suka? Boong banget lah kalau ada yg nggak suka liburan. Tapi kadang atau bahkan seringkali liburan menjadi kegiatan yang justru sulit utk dilakukan, apalagi kalau kita udah berkeluarga dan punya anak. Alasannya berbagai macam:

  • Terlalu sibuk bekerja jadi tidak punya waktu utk berlibur
  • Si kakak masih kecil atau terlalu kecil utk diajak berlibur
  • Ketika  si kakak sudah besar, lahirlah si adik
  • Liburan itu mahal
  • Uang yg kita punya sayang kalau dipakai utk liburan, lebih baik uangnya dipakai utk hal yg lebih penting
  • Liburan bisa kapan aja

Dan segudang alasan lainnya

Kebanyakan atau kelamaan mikir kayak yg diatas itu end upnya malah nggak jadi liburan deh. Mager.

Padahal ya WE DESERVE VACATION!
Kenapa?

  • Liburan itu bisa mempererat hubungan keluarga
  • Melatih anak utk mandiri, bertanggung jawab dan menentukan pilihan/aktivitas
  • Refreshing and recharging utk orang tua dan anak yg sehari-hari bekerja dan belajar di sekolah
  • Relieve stress
  • Improve you and your child mental skill and physical health
  • Self confidence

Dengan catatan: liburan dilakukan dgn ENJOY dan FUN

Gimana caranya?
Pertama pastinya melakukan persiapan, kemudian tentukan tujuan dan menghitung budget yang dibutuhkan

Persiapan dan menentukan tujuan:

  • Liburan akan menggunakan travel agent atau tidak baik itu utk pesawat, penginapan maupun itinerarynya
  • Jangan lupa browsing terlebih dulu segala sesuatunya, misal baca review dari travel blogger, membandingkan harga utk pesawat dan akomodasi dr berbagai online ticket maupun travel agent
  • Tentukan where, when, what to do, why and how to do to your destination
  • Perhitungkan budget/dana yang dibutuhkan untuk liburan: tiket pesawat, penginapan, transportasi, destinasi/adventure, konsumsi, belanja, oleh2, darurat dan travel insurance.

Mbak Oney menerapkan rule of 100 utk menghitung budget konsumsi dan adventure selama berlibur. Ini merupakan perhitungan yg optimis ya, artinya kita cukup makan dan makan enak, tidak terlalu berlebihan tapi juga tidak kelaparan. Namanya juga liburan kan.

100 x jumlah orang yang ikut berlibur x jumlah hari = total budget yg dibutuhkan untuk makan atau adventure selama liburan.

Selama liburan sebaiknya menggunakan cash untuk menghindari pengeluaran yang tdk diperlukan dan kita bisa strict to our budget. Kecuali untuk dana darurat boleh menggunakan kartu kredit.

Untuk dana darurat, dapat menggunakan kartu kredit dengan catatan historical pending payment sudah diclear sebelumnya. Perhatikan juga penggunaan kartu kredit di masing2 negara untuk efisiensi budget kita terutama mengenai aturan bunga dan penetapan kurs/konversi Rupiahnya.

image

Perhatikan juga fasilitas apa yang disediakan oleh kartu kredit yg kita miliki. Misalnya airport lounge bisa kita manfaatkan utk menunggu waktu boarding. Sebagian kartu kredit juga ada yg memberikan fasilitas travel insurance.

Fasilitas travel insurance seringkali kita abaikan tapi ini penting apabila selama liburan terjadi sesuatu pada kita atau anak2 kita *knock on wood. Nggak ada salahnya apabila kita mau liburan yang cukup jauh dan lama, menyiapkan travel insurance ini.

Salahsatu provider yg menyediakan travel insurance adalah Sun Life
Financial yg juga hadir presentasi dlm acara #TUMBukber ini.

Sun Life Financial memperkenalkan microsite bernama brightadvisor.co.id yg berfungsi sbg wadah kita utk menghitung atau menjawab berbagai macam kebutuhan ttg macam2 asuransi. Jadi sebelum kita bener2 memastikan perlu atau tidaknya asuransi atau persiapan sebelum bertemu agen asuransi, kita bisa bekali diri kita dulu melalui microsite ini. Bright Advisor  juga mempunyai fasilitas bright calculator yg berfungsi menghitung besarnya premi yg dibutuhkan utk suatu jenis asuransi.

Selain perlunya travel insurance, mbak Oney juga mensimulasikan perhitungan budget rencana liburan beberapa tahun ke depan, berapa nilai future valuenya dan investasi apa yang cocok supaya kita dapat menyiapkan budget tersebut dan liburan kita tetap bisa dijalankan.

Ribet sih angkanya. Hihihi. Intinya adalah jenis investasinya bisa berbagai macam tergantung seberapa ambisius kita mau liburan dalam setahun dan tujuannya mau di dalam negeri saja atau ke manca negara. Ada reksadana, ada saham. Monggo dipilih sesuai rencananya.

Mbak Oney sempat juga membagikan tips and trick selama liburan terutama bagi yg membawa anak2.

  • Walaupun anak sudah besar, jangan lupa membawa stroller. Stroller berfungsi utk membantu kita membawa belanjaan dan di beberapa negara, keluarga yg membawa stroller biasanya mendapat priviledge/prioritas terutama di kendaraan umum.
  • Bawa snack/cemilan tp yg tdk terlalu manis supaya tdk memicu anak utk banyak minum. Perbanyak makanan mengandung gandum supaya cepat kenyang dan mudah tidur.
  • Olesi puser bayi/anak dengan warm oil seperti minyak telon supaya bayi/anak nyaman selama perjalanan.
  • Always be nice to your kids because they are the best assets to get priviledge everywhere
  • Have fun and enjoy your trip

Naaaah bulan Ramadhan ini kebetulan berbarengan dengan libur anak sekolah kaaan. Buat yg mau berlibur bisa loh diterapin tips and trick dari mbak Oney ini atau ada rencana liburan tahun depan? Boleh lah dipersiapkan dana dan travel insurancenya dari sekarang.

Well, last not but least. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan. Semoga ibadah kali ini membawa berkah dan menjadikan kita lebih baik lagi.

Untuk teman-teman yang mau liburan atai rencana pulang kampung, have a nice trip, safe flight and enjoy 🙂

image
Photo: The Urban Mama
Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

5 thoughts on “#TUMBukber Liburan Keluarga dan Efeknya Bagi Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s