Posted in Daily stories

Percakapan di ruang laktasi

image


Alhamdulillah 9 bulan sudah saya menyusui baby A dan sudah 9 bulan juga masih semangat breastpumping di kantor untuk memenuhi kebutuhan ASIP baby A. Seiring berjalannya waktu, teman2 saya di kantor yang selesai cuti melahirkan juga makin banyak yang menemani saya breastpumping di ruang laktasi. Di divisi saya, saat ini jumlahnya ada 5 orang. Mulai dari yang umurnya late 20 sampai dengan 40 tahun *uhuk-uhuk. Ada yang anaknya baru 1, ada juga yang udah 4. Ada yang usianya menjelang 4 bulan dan yang paling senior baby A 9 bulan.

Masing2 punya jadual pumping sendiri. Ada yang 2x sehari s.d 4x sehari. Pagi – siang – sore. Kadang2 saya pumping sendiri, kadang2 bersamaan juga dengan 1 atau 2 teman lainnya. Karena keterbatasan ruang, maksimum biasanya kita pumping ber-3, yang lain terpaksa tunggu antrian sampai salah satu diantara kami selesai. Sambil pumping, biasanya kami ngobrol atau gosip macem2. Namapun book ebook yaaa, bawaannya gatel aja kalau nggak ngegosip seharian. Hihihi…

Apa aja sih bahan gosipan ibu2 menyusui?

  1. Sharing soal tumbuh kembang anak pastinya, berikut lampiran jadual vaksin. Anak si A uda bisa apa aja, si B uda pinter ngapain, si C beratnya uda berapa dll. Buat yang udah mulai makan, sekalian tuker2an menu MPASI.
  2. Pola pengasuhan anak jaman dulu dan jaman sekarang atau sharing hasil seminar parenting. Secara temen saya yang anaknya 4 *bonus :), anak tertua usianya udah 11 tahun (SMP) pastinya udah lebih berpengalaman soal mengasuh anak. Jadi kami saling diskusi, kasih masukan bagaimana mengasuh anak dan membekali anak dengan hal2 baik, atau mendelegasikan pengasuhan ke nenek atau pengasuh dengan kondisi kami semua adalah ibu pekerja.
  3. Tips supaya ASI banyak dan lancar. Naaah kalau yang satu ini seru deeeh. Jadi setiap kali pumping, kita berlomba-lomba supaya dapat hasil ASIP yang me’limpah’. Kebetulan temen saya, ada yang dianugrahi limpahan ASI yang buwanyaaaak. Sekali pompa bisa dapat 400 ml. Sementara saya, 400 ml itu harus 4 x pompa. Walaupun mau jumpalitan kayak gimana juga, kalau emang hasilnya sedikit yaa segitu aja, yang penting cukup. Gemetsszz kaaan, tetap semangkaaaa….
  4. Tips mengembalikan bentuk tubuh dan “asset” lainnya kembali paripurna sempurna seperti masa gadis dulu. Hahahaha, ini sih judulnya ngarep.com. Gimana mau kembali langsing kalau setiap abis mompa bawaannya laper mulu, makan nasi sebakul, minumnya sebaskom. Cemilan pasti sedia setiap saat di meja kerja. Udah gitu nggak pernah olahraga. Bubrah deh menuju #langsingsemlohai #singsetaduhai. Terus yang namanya ibuk-ibuk uda “turun mesin” itu butuh effort extra kan biar tetep tampil cihui di depan suami. Ada yang bisa share resepnya? Hihihi….
  5. Gosip artis kekinian dan office politics. Mainstream banget lah kalau ini ya segala macam berita yang menyangkut selebritis tanah air maupun mancanegara. Gosip seputar temen2 di kantor, boss2, organisasi, kenaikan bonus/gaji dll.
  6. SALE. Info sale di dunia apparel anak atau online shopping ini sebenernya topik yang coba saya angkat tapi nggak laku maliiih, Hahaha. Secara temen2 saya ini nggak doyan belanja, eh maksudnya doyan belanjanya di sogo jongkok belakang kantor, yang mana selalu SALE setiap saat. Saya pun suka belanja di sogo jongkok, kalau telaten ngubek-ngubek dan beruntung, dapet baju2 bagus, murah dan kualiatasnya OK. Etapii kalau ada SALE abis gajian atau pembagian bonus/THR sih semuanya pasti nyerbu kooook. Hahahaha….
  7. Baper massal ketika diskusi kasus2 terhadap anak. Ngeri lah kalau udah ngobrolin soal kasus pelecehan terhadap anak. Saya seringkali menghindar untuk diskusi soal ini, asal tau kulitnya aja uda cukup buat saya, nggak perlu tau detail. Baper mak, bapeeer….
  8. Tips menahan godaan untuk resign berjamaah. Naaah, ini adalah salah satu efek yang terlintas kalau udah dengerin soal kasus2 terhadap anak. Bawaannya pengen RESIGN, pulang ke rumah, kekepin anak. PARNO! Udah banyak temen2 kantor saya yang resign, terutama mahmud2 dengan berbagai pertimbangan juga sih. Ada yang ikut suaminya bertugas, ada yang nikah sesama pegawai kantor (di kantor saya tidak boleh ada pegawai dgn status suami istri atau adik kakak) dan ada yang resign murni karena mau jadi ibu rumah tangga (dan end up jadi work at home mom). Trus saya gimana? yaa itu… mau resign uda dari 5 tahun lalu, tapi maju mundur maju mundur, cantiiiiiik. And i’m still here anyway. Bismillah…..
  9. Tips membina rumah tangga menuju keluarga sakinah mawadah warohmah. Selain urusan anak, kadang kami juga sering diskusi soal rumah tangga juga, gimana jadi istri yang baik, gimana cara menyenangkan suami, menghindari perselingkuhan, dll. Temen yang usia pernikahannya lebih lama pastinya banyak kasih masukan buat yang muda-muda.
  10. Last but not least: kapan mau punya anak lagi? #eeeaaaaa monggo saya mlipir dulu yaaaa
Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

3 thoughts on “Percakapan di ruang laktasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s