Posted in Party & Event

Semangat Kartini 2016

image

Kartini bangkit kembali…..
Hehehehe.. bukan dalam arti sebenernya pasti. Foto diatas itu temen saya yg jadi juara lomba tata rias wajah mirip Kartini di kantor saya. Trus juara 2 nya siapa?

Ya saya dooonk. Hahahaha.

image

Sebelum saya cerita lebih lanjut tentang acara Kartini kemarin di kantor, pada saat saya tulis draft ini saya sempat berseberangan pendapat dengan teman saya di status pathnya dia.

Temen saya tulis pendapatnya yg cukup panjang, intinya gini sih, dia agak kurang berkenan/cocok dengan banyaknya postingan di sosial media adanya perayaan hari Kartini yg hanya menonjolkan sisi “ceremonial” dan “konsumerisme” mirip kontes ratu kecantikan dibandingkan esensi dari perjuangan dan pemikiran Kartini itu sendiri.

Contohnya di timeline banyak berseliweran foto2 lomba peragaan busana anak2 pake baju daerah, kebaya, kemben atau profesi, lomba foto kebayaan dengan teman2 kantor, lomba tata rias dll.

Termasuk salah satunya timeline saya. *pentung *lempar pake konde

image

Orang boleh aja berpendapat apapun ya tapi saya heran makin kesini setiap ada hari besar, hari nasional, tahun baru, acara kenegaraan dll kok ternyata ada juga orang2 yang kontra dengan perayaan2 apapun namanya itu. Nggak tau deh mungkin sayanya aja terlalu naif, maunya ya having fun aja sih sebenernya tanpa melupakan esensi dari adanya hari nasional itu sendiri, contohnya ya hari Kartini ini. Nggak perlu diposting semuanya juga kan. Dibawa asik aja gimana?….

Jadi setiap ada ‘event’ gitu saya udah ber-‘sigh’ siap2 baca status/komen kontra….

Jujur saya nggak terlalu hapal sejarah tentang Kartini, cuma kulit ampasnya aja tapi paling tidak saya tau berkat perjuangan ibu Kartini, wanita2 jaman sekarang ini punya segudang kebebasan. Bebas berpendapat, bebas bekerja, mengungkapkan pikiran, memilih tanpa paksaan dll. Beberapa diantaranya mungkin masih ada yg ada dalam tekanan juga.

Sebesar apapun kebebasan wanita sebagai insan yang mandiri, jangan melupakan kodratnya sebagai ibu, anak, istri dan hamba Tuhan.

Pun dengan mengenalkan hari Kartini ke anak2 melalui peragaan busana daerah atau kostum profesi menurut saya merupakan cara/metode yg paling mudah dimengerti bagi anak2 mengenal sosok Kartini (kebetulan identik dengan kebaya jawa = baju daerah) dan bagaimana perjuangannya untuk ingin selalu belajar, punya cita2 (= profesi), ingin merdeka dan punya kebebasan. Can you get the point?

Yaa mungkin kalau dilihat dari bagaimana rempong/ribetnya para ibu mencari kostum yg sesuai keinginan, ngedandanin anaknya semenor cantik mungkin, diajarin lenggak lenggok dan cara senyum supaya dpt piala juara 1 kesannya emang hedon banget ya. Trus kalau uda dapet piala, anaknya difoto, pajang deh di sosial media. Cekrek. Perjuangan seorang ibu ke anaknya supaya berprestasi, berani tampil dan punya rasa percaya diri bisa juga kan disamain kayak perjungan ibu Kartini?

Picture speaks a thousand words. Mungkin saya mengerti di word pertama, sementara orang lain di word ke 999.

Apalagi kalau sampai dibawa2 ke ranah agama, saya milih mundur teratur deeeeh. Not my competency. Case closed!

Fiuuuuh *lap kringet *minum air segalon

Yowislah karepmu, pokoke hari Kartini kemarin i was having fun. Acara diisi sesi motivator lanjut lomba tata rias di kantor, juara 2 pulak kan. Temen setim saya yg cowok ikutan lomba menghias mie goreng harus sama persis dengan foto di bungkus mie gorengnya. Super duper fun.

image

Sementara mas B pakai baju profesi ke sekolah. Dia pilih baju dokter yg kebetulan iseng saya beli sejak beberapa bulan lalu. Tapi mas B nggak mau disebut dokter. Dia bilangnya “profesor, peneliti”

So, Selamat Hari Kartini untuk para wanita Indonesia dimanapun berada. Enjoy and have fun

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s