Posted in Daily stories, Little sister - Adik A, Parenting

6 bulan baby A I S1 ASIX + MPASI Perdana

image

Huuyeeaa anak ibu sekarang uda 6 bulan… beratnya 6 kg, alhamdulillah sehat wal afiat dengan badan mungil tapi sekel anteb.. berkat ASI, yess! Lulus S1 ASI exclusive ya deeek.. kita lanjoot lagi sampe S2 dan S3..

Alhamdulillah tepat tgl 08 Feb 2016 pas libur Imlek saya bisa kasih suapan MPASI pertama untuk baby A. Degdeg serrr gimana gitu yaaa… hahaha, lebay..

Sesuai jadual menu yg dikasih dr.Yovita, awal MPASI dimulai dari pengenalan tepung beras dulu dan saya pilih tepung gasol beras merah.

Seperti biasa, setiap abis bangun tidur, saya, mas B dan baby A jalan pagi keliling komplek. Pulang dari jalan pagi biasanya rutinitas baby A lanjut mandi, minum ASI trus bobo lagi. Nah berhubung hari itu perdana MPASI jd saya berusaha naikin moodnya baby A dulu nih supaya adaptasinya lebih mudah.

Abis mandi, baby A saya dudukin di rocker chairnya kemudian pelan-pelan saya suapin sedikit demi sedikit. Suapan pertama sampe ke-4 sukses tanpa drama, sampe di suapan ke-5 mulai crancky anaknya. Badannya digoyang-goyang minta gendong. Setelah saya gendong, baby A mulai ndusel-ndusel idung dan ngucek-ngucek matanya.. yaaaah, alamat ngantuk deeeh… akhirnya saya kasih ASI eeeh langsung bobo pules anaknya. Hahahaha… MPASI perdana gagal sodara-sodara…

Saya pikir karena waktu itu saya kebanyakan kasih ASI ke tepungnya jadi terlalu encer, makanya baby A nggak doyan. Trus MPASI berikutnya gimana? Ternyata anak bayi ibu satu ini emang nggak doyan tepung beras gasol deeh… tiap disuapin sama mbak ncus dilepeh, ludahnya melet-melet gitu biar makanannya keluar. Pernah juga pas weekend saya cobain pepaya, nggak doyan juga. Hari ini lg dicobain alpukat dan kata mbak ncus sukses ludes tandas dilahap baby A. Alhamdulillah….. Saya juga udah siapin kabocha, baby biskuit sama baby crackers. Pinter-pinternya mbak ncus aja deh kasih makannya gimana, asal anaknya mau makan. Menu bu dokter berantakan… Hahaha, emak lepas tangan… Kayaknya emang musti cari strategi gimana supaya anak bayi suka dan enjoy makan MPASI. Huhuhu, belajar lagi ya buuuk…

image

Urusan milestone sendiri, baby A sekarang uda mulai minta berdiri-berdiri, jadi kalau kita pangku di paha/kaki kita nggak betah duduk tapi maunya berdiri aja. Di stroller pun udah gak betah lama-lama. Baby A lebih suka digendong atau dianya yang dorong stroller. Haduh, anak bayi gaya. Jadinya yg lebih kepake itu malah gendongan baby Bjorn sama kain jarig lungsuran kakaknya dulu. Cuma kalau kelamaan gendong kan pegel juga ya neeek, umur gak bisa boong deh.. pundak, lengan, sendi uda rontok ngiluuu.

Gemes pengen beliin baby walker tapi katanya nggak bagus ya buat perkembangan kaki. Dulu kakaknya juga nggak pake siih… yaa jadi kuat-kuatin lengan aja buat megangin biar baby A nggak jatuh.

Uda mulai ngesot dan angkat-angkat pantat tanda mau merangkak. Uda pinter ngesot siiih tapi ngesot mundur dan memutar, jadi kalau dibiarin di kasur tuh tau-tau posisi kepala ada di kaki , kaki di kepala, hahahaha…

Suaranya nggak kalah nyaring dibanding kakaknya, jadi kalau uda sahut-sahutan kakak adik, pening deh kepala ibunya…

Spot favoritnya baby A itu ada di kamar tidur utama di lantai atas. Jadi kalau matanya dah ngelirik ke tangga dan badannya uda dicondongin ke arah tangga tandanya baby A minta naik ke kamar. Pas kita mulai naik tangga satu persatu, baby A ketawa2 kegirangan. Tau aja deeh anak bayik. Trus kalau uda di kamar ngapain? Yaa main-main aja, ngglundang-ngglundung di kasur, nonton video sm mas B, pencet-pencet buku V-technya atau ng-ASI sampe ketiduran.

Ooh iya, sekarang mainan kesukaannya itu berkaca. Iyess, anak bayik wedok emang centil deeh, sukanya mainan di depan cermin. Ketawa-ketawa sambil mukul-mukul bayangannya sendiri, berasa ada temennya kali yaaa…

Di usia 6 bulan ini, baby A uda 2 kali saya tinggal dinas ke luar kita dan bulan depan bakal saya tinggal keluar kota lagi. Untungnya baby A nggak rewel kalau malam bobo sama mbak ncus, palingan kangen sm gentong ibunya aja. Dan syukurnya, begitu saya pulang lagi, nggak ada drama penolakan atau tragedi bingung puting. Anak bayi ibu pinteeeer….

Well, perjuangan MPASI baru aja dimulai niiih, doakan baby A lancar MPASInya yaaa….

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

4 thoughts on “6 bulan baby A I S1 ASIX + MPASI Perdana

Leave a Reply

