Posted in Daily stories, Health, Tips

#TUMluncheon Fun Yoga – Investment for healthy bone

Print

Bermula dari undangan The Urban Mama untuk menghadiri acara #TUMluncheon Fun Yoga – Investment For Healthy Bone bersama Protecal di Comma, One – Wolter Place, saya langsung meng-iya-kan dan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mulai olahraga lagi setelah melahirkan 5 bulan yang lalu, terutama olahraga yoga.

Sebelum sesi yoga dimulai, saya sempat mencek tingkat kepadatan tulang melalui alat yang disediakan oleh tim Protecal. Tes ini memberikan T-score yang membandingkan kepadatan mineral tulang (BMD) saya dengan BMD optimal dari orang dewasa sehat berusia 30 tahun. T-score -1,0 ke atas menunjukkan kepadatan tulang yang normal. T-score antara -2.5 dan -1.0 menunjukkan massa tulang yang rendah (osteopenia) dan skor di bawah -2,5 menunjukkan osteoporosis. Hasil T-score saya -1,6 yang artinya BMD saya termasuk dalam kondisi Osteopenia yaitu bahwa kepadatan mineral tulang (BMD/Bone Mineral Density) saya lebih rendah dari BMD normal tetapi tidak cukup rendah untuk diklasifikasikan sebagai osteoporosis.

Sementara, saya berasumsi kondisi Osteopenia ini terjadi karena selain dari segi usia, saya masih dalam masa menyusui, kurang olahraga dan walaupun sudah mencoba menganut pola makan sehat tapi ternyata asupan kalsiumnya masih kurang. Disarankan untuk secara rutin mencek kepadatan tulang setiap 6 bulan sekali.

Sesi yoga kali ini dipimpin oleh mbak Lucy dan Felicia dari Purinawa Yoga. Gerakan demi gerakan kami lakukan bersama mulai dari yang paling mudah sampai yang cukup sulit buat pemula seperti saya. Sekian lama tidak berolahraga, selesai yoga badan rasanya seger dan enteng banget. Otot-otot yang tadinya kaku mulai lentur dan rasa pegal berkurang. Jadi tambah semangat deh buat mulai olahraga lagi. Apalagi setelah saya mengetahui bahwa mbak Lucy usianya beda tipis sama seperti saya, 40 tahun, toss. Mbak Lucy, ibu beranak 3, mulai menekuni yoga sejak usia 36 tahun setelah melahirkan anak ketiga dengan BB bayi 5 kg dan BB mbak Lucy dikala hamil s.d 95 kg. Uwwwooooowwww……..

Bedanya, mbak Lucy di usia 40 tahun, anak tertuanya sudah mulai kuliah, bodynya singset, sehat, kuat dan lentur, sementara saya anaknya masih balita, bodynya semloheh aduhai bonus tetelan di kanan kiri depan belakang, hahahaha dan artinya, kalau anak saya mulai kuliah, usia saya more or less 60 tahun loh. That’s why, Insya Allah kalau diberi umur panjang, investasi kesehatan amat sangat penting buat saya supaya bisa terus mendampingi anak-anak sampai dewasa nanti. Keep calm and welcome 40! Naaaah, nothing is impossible, mbak Lucy aja bisa, saya juga harus bisa, pasti bisa! Dimulai dari niat, disiplin dan konsisten. Semangkaaaaa……

Before yoga

image

During yoga

image

After yoga

image

Photo courtesy of The Urban Mama

Setelah sesi yoga, acara dilanjutkan dengan informasi mengenai Pentingnya investasi untuk tulang sehat mulai sekarang dengan Protecal dan dimulai dengan quote yang saya suka banget…

“IT’S HEALTH THAT IS REAL WEALTH”

Kesehatan itu adalah kemakmuran yang utama

Pasti semua setuju donk dengan quote diatas ini. Semua kegiatan yang kita lakukan sehari-hari diawali dengan Sehat. Sehat Jasmani dan Sehat Rohani.

Salah satu anggota badan yang perlu dijaga kesehatannya adalah tulang. Tulang merupakan penopang tubuh yang utama sehingga harus kuat dan dijaga dengan cara:

  • Konsumsi makanan bergizi terutama makanan yang mengandung kalsium dari sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, ikan seperti salmon dan tuna, aneka jenis kacang-kacangan dan buah seperti jeruk.
  • Olahraga teratur untuk menjaga kekuatan dan kelenturan tubuh.
  • Gaya hidup sehat dengan menghindari rokok, kopi atau minuman yang mengandung alkohol/kafein tinggi karena dapat mengganggu daya penyerapan kalsium dalam tubuh.
  • Konsumsi suplemen kalsium. Kebutuhan kalsium orang dewasa rata-rata 1000 mg/hari, sementara makanan yang kita konsumsi sehari-hari hanya dapat memenuhi rata-rata 450 mg kalsium/hari, sehingga dibutuhkan suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan kalsium per harinya.

image

Fakta menunjukkan bahwa puncak massa tulang ada di usia 30 tahun dan wanita berisiko lebih tinggi mengalami osteoporosis dibanding pria, karena menurunnya kadar esterogen yang berfungsi membantu penyerapan kalsium oleh tubuh terutama saat menopause. Oleh sebab itu, untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis di usia senja, tidak pernah ada kata terlambat untuk menabung kalsium sejak usia muda.

 

image

Salah satu suplemen yang dapat membantu kita memenuhi kebutuhan kalsium harian adalah Protecal (twitter dan instagram @protecal_ID). Kelebihan dari Protecal adalah:

  • Efektif dan aman. Bentuknya yang berupa tablet effervescent lebih mudah diserap tubuh untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kita. Protecal cukup dikonsumsi 1 tablet/hari setelah makan dan disarankan untuk langsung dikonsumsi menggunakan air biasa atau air dingin agar kandungan antioksidannya maksimal. Protecal aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui seperti saya, begitu juga oleh lanjut usia terutama yang belum terkena osteoporosis dan aman dikonsumsi oleh anak-anak di atas usia 12 tahun. Untuk anak-anak usia 12 tahun dosisnya sama dengan orang dewasa, sementara anak-anak dibawah 12 tahun cukup mengkonsumsi 1/2-nya. Tablet Protecal tidak didesain untuk dibelah menjadi 2, sehingga kalau mau mengkonsumsi sebagian, 1 tablet dilarutkan dalam 1 gelas dan cukup konsumsi 1/2 gelas saja.
  • Kemasan praktis dan higienis. Selain tersedia dalam kemasan tube, Protecal juga tersedia dalam kemasan strip yang mudah dibawa saat berpergian.
  • Segar dan sehat. Protecal memiliki rasa jeruk yang enak, segar dan bebas gula.
  • Kandungan lengkap. Protecal memiliki kandungan lengkap seperti kalsium, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin C.
  • Harga lebih ekonomis dibandingkan produk sejenis dengan kandungan yang sama.
  • Protecal memiliki 3 varian, yaitu:
  1. Protecal Solid mengandung kalsium 250mg, 300 IU, vitamin B6 15 mg dan vitamin C 1000mg
  2. Protecal Osteo yang memiliki kandungan kalsium lebih tinggi 600 mg dan vitamin D 400 IU untuk mempertahan kepadatan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis
  3. Protecal Defense yang memiliki kandungan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan siap beraktivitas seharian

 

Setelah mengikuti sesi yoga dilengkapi dengan informasi mengenai Pentingnya investasi untuk tulang sehat mulai sekarang dengan Protecal,  jadi semakin semangat untuk menjalani hidup sehat dan perbanyak asupan kalsium untuk kesehatan tulang.

Pastinya, bukan cuma saya saja yang butuh konsumsi suplemen Protecal, tapi juga suami dan pengasuh anak-anak saya. Secara, anak pertama saya, mas B (5 tahun) itu kan lagi aktif-aktifnya bergerak dan bermain. Dengan berat badan +- 20 kg, mas B itu suka tiba-tiba gelayutan atau main kuda-kudaan di punggung kita, bahkan kalau lagi pergi berlibur masih suka digendong pundak sama bapaknya. Selain mas B, masih ada adiknya baby A (6 bulan) yang makin hari makin berat juga badannya. Naaah, kalau tulang pinggang, punggung dan pundak kita nggak sempurna, pastinya nggak akan kuat gendong mas B dan baby A.

Tidak ada kata terlambat untuk investasi kesehatan. Harus dimulai dari diri sendiri, untuk kepentingan sendiri dan keluarga serta dimulai dari sekarang!

image

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

9 thoughts on “#TUMluncheon Fun Yoga – Investment for healthy bone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s