Posted in Health, Tips

#TUMluncheon I stop breakfast battles

image

#Latepost

Dari berbagai macam kontroversi mengenai sereal beserta susu sebagai asupan sarapan untuk anak-anak, saya antusias sekali saat diundang The Urban Mama untuk hadir di #TUMluncheon yang bertemakan Stop Breakfast Battles. Apalagi tema kali ini disponsori oleh Nestle melalui kampanyenya #nestleberbagipesan, produsen sereal favorit saya. Iyes, saya suka sekali mengudap sereal, baik untuk sarapan maupun untuk cemilan. Bahkan waktu saya hamil anak pertama maupun kedua, saya bisa terbangun tengah malam, kelaparan dan suksess makan sereal semangkok besar. Hahahaha….. Aneka sereal produksi Nestle di foto bawah ini sudah saya coba dan saya suka semuwaaa…

image

Acara dimulai dengan menampilkan Ninit Yunita – founder The Urban Mama yang menceritakan kehebohan setiap pagi dalam menyiapkan sarapan untuk kedua anaknya, Arza dan Alde. Bagi Ninit, sarapan buat anak-anak sifatnya wajib, karena akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan konsentrasi selama mereka di sekolah. Selain menyiapkan makanan, Ninit juga berusaha melibatkan anaknya untuk membuat sarapan mereka sendiri, sehingga dibutuhkan jenis sarapan yang praktis, enak dan bergizi.

Kemudian Ece Durukan selaku Nutrisionist dari Nestle menerangkan kenapa sarapan (sereal) sangat penting untuk anak-anak. Di dalam semangkok sereal terdapat berbagai macam sumber serat (fibre), membantu anak-anak untuk minum susu, bergizi tinggi, enak rasanya, kaya akan vitamin, magnesium, zat besi, less fat, less sugar, less salt, tinggi kalsium dan minerals serta rendah kalori sehingga baik untuk diet. Maksudnya baik untuk diet adalah kalau kita setiap pagi rajin mengkomsumsi sereal untuk sarapan dalam porsi cukup maka kecenderungan mengkonsumsi makanan (baca: cemilan) lain akan berkurang karena perut sudah terisi sebelum memulai aktivitas di hari itu.

image

Sumber WHO menyarankan bahwa kebutuhan asupan gula per hari untuk anak-anak adalah maksimum sebanyak 12 sendok teh/hari dan 2 sendok teh dimulai di pagi hari. Kebutuhan gula di pagi hari ini salah satunya didapat dari sarapan sereal berbahan dasar gandum utuh (whole grain). Sarapan sereal berbahan dasar gandum utuh (whole grain) sendiri memiliki kandungan:

  • karbohidrat yang berfungsi meningkatkan energi (endosperm)
  • serat (bran – fibre) yang membantu pencernaan tubuh
  • bakteri sehat (germ)

Apabila kita mengkonsumsi 3 atau lebih servings gandum utuh (whole grain) setiap hari membantu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes, kanker dan obesitas. Dengan adanya kebaikan dan manfaat dari gandum utuh tersebut, maka mulai tahun 2012 semua produk Nestle Breakfast Cereals dibuat dari bahan gandum utuh (whole grain).

image

Berbagai kategori sarapan sereal
image

Manfaat sarapan sereal

image
image

Harvard’s Healthy eating plate
image

Di acara tersebut, saya baru tahu kalau sekarang Nestle juga menyediakan sereal dalam bentuk combo pack (berbentuk seperti mangkuk besar) yang berisi sereal (Milo/Koko Krunch/Honey Stars) 20 gram, susu bubuk (Dancow instant) 12 gram dan sendok plastik. Cara penyajiannya gampang sekali:

  • Plastik combo pack disobek dan buka tutup kemasannya
  • Buka kemasan Dancow Instant dan campur ke dalam sereal
  • Tuang dengan air putih 80 ml dan aduk hingga rata
  • Sereal combo pack siap dimakan

Praktis dan gampang kan……

So moms, jangan lupa siapkan sarapan setiap pagi untuk anak-anak yaa supaya tetap sehat, kuat, bertenaga dan mudah konsentrasi di sekolah atau melakukan kegiatan sehari-hari…..

image

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s