Posted in Big brother - mas B, Daily stories, Parenting

Learn through play #1

Sesuai resolusi sebelumnya untuk ngedukung tumbuh kembang Baron, weekend ini judulnya bermain sambil belajar.

Jenis permainan yang saya pilih kali ini sifatnya ad hoc aja, tanpa persiapan apapun, cukup manfaatin peralatan dan permainan yang ada di rumah aja.

Slowly but sure, mudah2an ke depan bisa cari jenis permainan yang lebih beragam.

image

1. Piknik di halaman belakang
Kalau biasanya main tenda di dalam kamar, weekend ini saya sengaja taruh tenda Baron beserta sandbox di halaman belakang. Ceritanya piknik di pantai gituloooh.

Permainan ini untuk melatih indra perasa (tactile sensory) Baron yang suka geli sama rumput dan pasir dan nggak suka becek atau kalau baju/badannya kecipratan air kecuali disaat mandi, berenang atau emang waktunya main air.

Kelihatan di foto, Baron duduk diatas keset yang emang sengaja saya sediain buat adaptasi. Walaupun suka jejeritan, saya tetep keukeuh sumeukeuh ajak Baron jalan diatas rumput barefoot pura-pura ambil/cari sesuatu. Hahaha, ibu tega!

Di sebelah tenda saya siapin sandbox untuk main pasir. Selama ini pasir bukan dibentuk-bentuk untuk dibikin sesuatu tapi cuma sebagai media alas jalanan mobil-mobilannya. Pagi tadi juga masih gitu sih. Saya uda semangat kasih contoh bikin istana, kura2 dan bintang laut dari pasir dan air eeeh anaknya malah ngang ngeng aja mainan mobil diatasnya.

Malah ambil payung ceritanya lagi potong rumput di depan tenda. Hahahaha, kreatif yang salah fokus.

2. Menuang air
Permainan ini saya pakai untuk melatih keseimbangan, konsentrasi, kekuatan dan fokus Baron untuk menuang air dari 1 wadah ke wadah lain tanpa tumpah. Medianya saya pake teko dan mug blirik serta botol plastik dan corong.

Namapun baru belajar yaa jadi tumpah luber se-lantai teras. Dikasihtau kalau uda penuh stop tuang airnya eeeh malah disengajain tumpah. Pas celananya basah malah ketawa-ketawa. Bocaaaah…

3. Bermain pianika
Selesai main air dan ganti celana yang basah, permainan lanjut ke main pianika.

Main pianika ini pilihan Baron sendiri, saya pikir kebetulan juga pas mau ngajarin kemampuan meniup.

Baron tiup pianika, saya yang pencet tuts mainin lagunya. So far, menurut saya daya tiup Baron uda kuat looh, niupnya lama dan tenaganya kenceng. Jadi lemah dimana donk yaa??

Maybe next we try some bubbles and candles ya just to recheck his blow

4. Meronce balok kayu
Permainan ini kado dari temen Baron waktu ultah ke 2 tahun kalau gak salah. Isinya balok-balok kayu kecil berlubang gambar karakter Thomas & friends, huruf2 dan angka2 warna/i beserta tali panjang.

Cara maininnya seperti meronce kalung dari beads tapi yang ini dari balok kayu. Tinggal masukin satu persatu ujung tali ke dalam lubang balok. Kalau uda lebih mahir bisa juga disusun baloknya sesuai gambar kereta yang kita mau atau susunan huruf jadi kata B A R O N atau urutan angka 1, 2, 3 dst.
—————————————-
Sementara, weekend ini baru 4 permainan dulu yang bisa saya observasi. Alhamdulillah so far untuk masing2 permainan waktunya cukup lama, more or less 15 – 30 menit yang artinya konsentrasi Baron cukup dan nggak cepet bosen.
Sesuai teori, rentang konsentrasi yang bagus itu katanya 2 menit x umur anak atau sama dengan 8 menit (2 menit Ɨ 4 tahun).

Tadi saya sempet ajak Baron mewarnai tapi anaknya nggak tertarik jadi batal deh.

Mungkin ada yang mikir, aah main kayak gitu aja kok rempong amat sik, kayak something privilege or exclusive gitu, lepas aja anaknya main sepeda ke jalanan or main layangan ke tanah kosong di komplek or becek-becekan di got, biasa aja kelesss, lebay deh lo maak. Ember cyiiiin, permainan2 ini emang biasa dan sederhana aja dan ini sering dimainin sehari-hari, cuma baru kali ini saya bener-bener in touch to do deep observation terutama efeknya terhadap tumbuh kembang Baron. Kita juga maininnya biasa aja kok, nothing special.

Emang yee ibu-ibu jaman sekarang terlalu lebay dan rempong keles. *ngomong sama cermin*

So, that’s what we play for this weekend. See you on the next Baron activity learn through play #2

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

5 thoughts on “Learn through play #1

  1. baron sama kayak emma, kurang suka mewarnai… kalo dulu padahal si andrew suka banget mewarnai. kita sampe bingung kenapa si emma tuh gak suka banget mewarnai…

    Like

      1. cuman main di Path dia, lg belajar buat sertifikat Montessori di Singapore. Sering liat postingannya emang keknya seru bgt, padahal intinya belajar matematika šŸ™‚

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s