Posted in Big brother - mas B, Daily stories, Parenting

Open House at KBM

image

Hari Senin kemarin saya dateng ke open house di sekolahnya Baron. Open house disini maksudnya parents gathering atau pertemuan orang tua dan guru gitu deh.

Waktunya bersamaan dengan jam sekolah yaitu jam 8 pagi s.d 10 pagi.
Kegiatannya apa aja?

Saya, Baron dan mbak sut sampe di sekolah sekitar jam 7.30 pagi. Sambil menunggu teman yg lain dateng, anak2 boleh main-main dulu. Call me norak tapi saya happy maksimal bisa meluangkan waktu kerja walau cuma 3 jam buat open house ini.

Selesai registrasi dan diberi goodiebags, saya masuk ke dalam sama Baron. Kok ya dilalah, Baron selama open house separation anxiety banget sama saya. Nggak mau main, maunya duduk sama ibu, kalau saya jalan rok saya dipegang2, tangan saya ditarik2 ngajakin keluar “kakak nggak mau sekolah, kakal nggak mau main” katanya. “Kakak mau naik mobil city aja sama ibu”. Duuh duuh duuh, PR deh niih buat ngebujukin dulu. Alhamdulillah setelah temen2nya dateng dan makin ramai, mulai adaptasi *sambil tetep megangin ibuknya*

image

Ibuknya jauhan sedikit, kepalanya uda mutar muter nengak nengok nyariin sambil teriak2 “ibuk, IBuuk, ibuUUK shiiIINNTAAA”. Waktu acara story telling dan sambil duduk di lantai, temen2nya menghadap ke bu guru, si bocah kecil malah kepalanya menghadap ke belakang mantengin ibunya. “Ibuk duduk situ aja. Ibuk foto mas Baron ya” Laaadalaah bocaaah.

image

Akhirnya di setiap kegiatan saya jadi ikutan juga deh. Waktu gurunya ngajakin main di playground saya ikut dampingin Baron. Kecuali untuk permainan yang Baron suka seperti lompat titian dan lingkaran, mau deh dia main sendiri.

Anak2 lain juga banyak yg gitu sih. Tetiba lengket sama ibu atau eyangnya. Malah ada yg sampe nangis nggak mau dilepas sama sekali sama ibu atau eyangnya. Para bapak juga lumayan banyak yg dateng.

Di open house ini, orang tua diperkenalkan pada kegiatan anak2 selama di sekolah. Mulai dari pertama senam dulu atau kegiatan di luar ruangan, trus cuci tangan, main di dalam ruangan yg sifatnya motorik halus, lalu story telling/baca buku, lalu istirahat sambil makan minum sendiri, kemudian main lagi, abis itu diakhiri dengan wrap up/kesimpulan kegiatan di hari itu.

 

image

image

Selesai menjelaskan kegiatan2 di sekolah dan manfaatnya untuk anak, kami para orangtua dijelaskan juga secara ringkas visi misi sekolah, pemilihan anggota POM, menjadi orang tua asuh dari yayasan, mengisi daftar peran serta orang tua misalnya bersedia untuk rumahnya dijadikan tempat anak2 berkunjung atau pengenalan profesi buat yg orangtuanya bekerja dll. Kemarin juga kesempatan saya untuk kenalan sama ibu2 temen Baron yg sekelas sekalian tukeran nomer HP untuk bikin WA group.

Saya sih ngeliatnya open house ini positif banget ya, ada komunikasi terbuka sama orang tua dan orang tua dilibatkan dalam kegiatan di sekolah.

Kalau Baron sendiri gimana? Menurut saya, Baron masih kurang motorik halusnya. Dia itu kurang suka sama kegiatan yg sifatnya art atau prakarya. Legopun gak suka. Lebih suka kegiatan motorik kasar seperti lari dan lompat. Calon atlet kayaknya :).. Main pretend play kayak kemah2an, pura2 jadi robot, petak umpet dll.

Satu hal lagi, nanny-nya Baron ini memang ahli di bidang urus bayi dan balita tapi kurang ahli dalam mendidik. Iyes, blame aja duluan. Mendidik itu emang tugas orang tua yes, ibuk sama bapaknya, bukan tugas nanny-nya tapi bukan berarti nanny nggak bisa didelegasikan juga. Kalau sepaham dan saling ngerti sih gampang ya, saya bisa supervisi lewat telpon selama kerja.

Contoh saya uda lamaaaa banget minta mbak sut ngajarin Baron minum susu dari gelas tapi sampe sekarang tetep aja pake dot. Kalau gak pake dot, anaknya nggak mau minum susu, gitu pembelaan mbak sut (dan juga eyangnya). Kalau saya lebih baik anaknya nggak minum susu daripada ngedot. Naaah, beda paham kan. Paham?

Kalau liat mamak-mamak di Instagram yang amat sangat rajin dan telaten main dengan metode #montessori #sensorybin #developingchild #finemotorskill kepengeeen banget cobain. Tapii yaa eetetaapiii, masih niat aja.. niat terooosss..

Hayuuk buk, kamu pasti bisa!!

6 hari lagi Baron mau 4 tahun. Bakal lebih challenging lagi nih keknya. Manapun banyak PR yg blum dikerjain sama ibu pemalas ini ya. Satu fase speech delay alhamdulillah udah terlewati, next apalagi yaa????

Save

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

8 thoughts on “Open House at KBM

Leave a Reply

