Posted in Culinary therapy, Review, Travel stories

Jogja | Jejamuran, Jadah Tempe mbah Carik, Prambanan, Gowes di alun-alun kraton

image

Jadah Tempe
Seperti yg saya ceritain sebelumnya, di perjalanan menuju ke Ullen Sentalu kami sempat mampir ke warung jadah tempe mbah Carik yg lokasinya di Kaliurang dekat persimpangan jalan menuju Ullen Sentalu dan mbah Marijan.

Saya sebelumnya uda pernah makan jadah tempe, tapi versi mbah Carik ini bener2 ciamik banget rasanya. Soo mooiisst, halaah macam cake aja ya. Perpaduan ketan dan kelapa di jadahnya lembut banget ngett dan rasa gurihnya halus. Tempe dan tahu bacemnya juga ngeresap bangett manisnya. Perpaduan gurih dan manis jadinya lekker neeeeik…

Jadah tempe mbah Carik bisa dibeli secara paket atau satuan. Paketnya mulai dari Rp.10 rb isinya 10 jadah + 10 tempe bacem, atau Rp.18 rb isinya 10 jadah + 10 tempe + 10 tahu dan paket lainnya, tinggal pilih sesuai kebutuhan. Harga satuannya Rp. 500/piece kl ga salah. Wajiknya enak juga looh. Kata temen saya ikan wader gorengnya juga enak, garing, crispy tp saya nggak sempet cobain. Telat sih taunya 😦

image

Kali kuning
Niat awal mau liat ke tempat mbah Marijan naik jeep wilis atau naik ojek batal karena bawa balita yg lagi tidur dan saya nggak enak kalau naik sendirian, sementara ibu dan sodara saya nunggu di mobil. Ibu saya sebenernya uda pernah naik ke tempat mbah Marijan naik ojek tahun lalu.

Akhirnya kita cuma foto2 aja sebentar di area parkirnya. Dibawah ini foto kali kuning yang saya ambil dari atas jembatan, yaitu sungai tenpat mengalirnya lahar gunung Merapi. Keliatan kering ya, masih ada timbunan pasir dan batu yg lagi di’tambang’ sama truk2 untuk bahan bangunan.

Di sekitar area parkir itu sih pepohonannya uda menghijau, rumah2 yg rusak uda mulai diperbaiki terutama atapnya diganti pake asbes tapi masih banyak juga yang bolong nggak ada atapnya.

Penduduk daerah sekitar situ jadi ada mata pencahariaan baru karena wilayah di lereng gunung Merapi jadi lokasi wisata. Banyak yg jual souvenir khas Jogja, buka warung makan, jasa tour guide dan ojek, persewaan jeep wilis dll.

image

Jejamuran
Turun dari Kaliurang, kami sekeluarga late lunch di resto Jejamuran yg lagi hitss. Resto ini mengusung tema vegetarian dimana semua masakannya berasal dari aneka jamur. Menu yg kami pesan hari itu ada pepes jamur, sate jamur, sup jamur, tongseng jamur dan minumnya wedang jamur. Saya sendiri biasa aja sama jamur dan nggak tau macem2 jamur tapi menurut saya enak kok rasanya dan harganya terjangkau untuk ukuran Jogja.

Disitu juga jual aneka jamur untuk dibudidaya di rumah. Nice concept yaa..

image

Gagal Prambanan
Selesai makan, perjalanan lanjut ke Prambanan, tapi berhubung sampe di Prambanan udah jam 5 sore jadi telat deh. Candinya uda tutup. Akhirnya kita melipir muterin lokasi candi pake mobil aja, ngeliat area candi dari luar pagar. Yang saya foto ini bukan candi Prambanan (lupa nama candinya) tapi masih 1 area dengan Prambanan, lokasinya paling belakang.

image

Sebenernya ibu saya kepengen banget nonton sendratari Ramayana. Manapun hari itu bulan purnama lagi bunder-bundernya. Etapii yg namanya blum rejeki ya, saya sotoy minta ampun, telat liat jadual di internet jadi kelewatan deh. Harusnya selasa malam sebelumnya, dimana kita lagi killing time di Malioboro itu ada jadualnya.

Trus rabu sore itu saya kan nggak komunikasian sama sekali sama mas D karena saya pikir dia uda terlalu sibuk ngurusin kantornya dan dia pikir saya uda sibuk kelilingan Jogja, eeeh gataunya temen2 kantornya rabu malam itu nonton ballet performanxe Ramayana di indoor stage. Yaelaaaah..

Mas D sendiri sih ga ikutan nonton, malah kabur rame2 karaoke. Pliss deeh. Padahal lumayan kan bisa nyelipin 4 orang buat nonton gratis. *sigh. Emang belum rejeki kita, tapi jadi alasan lagi buat mampir ke Jogja kaan 🙂

Gowes di alun-alun
Abis muter di Prambanan, sodara saya ngajakin ke alun-alun kraton. Sampe disana kegirangan liat becak lampu macam di Manahan, Solo. Hihihi, nggak kapok betisnya gempor buuk.

Becak lampu di Jogja leboh mahal daripada di Solo. Seputeran alun-alun Rp. 30 ribu tapi kelebihannya banyak sih. Pilihan model becaknya lebih bervariasi, bahannya dari fiberglass lebih canggih, gowesannya lebih enteng, mulai dari 2 s.d 6 orang dan disediain DVD player buat pasang musik sekenceng-kenceng kuping sampe budeg. Yoow yoow yoow house music is in the house yoow. Pokoke modal cuek and berani malu aja deh, seru abizzz. Hehehe..

image

So that’s a wrap for our Jogja trip. We had soo much fun and can’t wait to be back soon. Masih banyak misi-misi wisata yg blum kesampean buat didatengin.

Next, i will review about Royal Ambarrukmo Hotel. Pareng jeung..

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

8 thoughts on “Jogja | Jejamuran, Jadah Tempe mbah Carik, Prambanan, Gowes di alun-alun kraton

  1. Waduh jadahnya enak tuh Shin. Aku juga pernah makan di Jejamuran, enak semuanya (dasar aku rakus aja sih ha…ha…). Yogya memang ngangeni 🙂 Itu mas B di foto terakhir kok mukanya pasrah, cape ya? 🙂

    Like

Leave a Reply

