Posted in Culinary therapy, Travel stories

Solo | kuliner dan wedanģan

Wiken kemarin saya sekeluarga liburan ke Solo, memperingati 1000 hari bude sekalian nyekar ke makam bapak.

Salah satu agenda yang pastinya nggak bakal dilewatin adalah makan, makan dan makan. Di Solo itu setiap saat pasti makan. Nggak ada jam khusus. Pokoke kalau laper ya makan. Tapi kok laper terus-terusan yaa. Hahaha. Emang dasar perut panci karet bolong, diisi apa aja nggak pernah kenyang. Mulut memamah biak gak brenti.

Kali ini saya mau share beberapa makanan & minuman khas Solo yg saya dan keluarga nikmati. Sempet saya share di Path & IG jg sih dan cukup bikin temen2 saya ngeces kepengen hehehehe. Program diet bubraaah sodara sodaraaaaa…

Sarapan pagi
Saya nginep di hotel bude saya hotel Sanashtri persis di sebelah Solo Grand Mall. Hotel bintang 3, nggak terlalu besar dan lebih mirip losmen sebenernya tapi saya suka karena suasananya homey.

Hotel ini menyediakan menu sarapan yang bisa kita pilih diantaranya nasi goreng, nasi liwet, nasi gudeg, nasi pecel, bubur sambel goreng/terik atau roti selai. Iiiiyesss, pagi-pagi sarapannya nasi looh kakaaaak. Jadi setiap pagi, keluarga saya ganti2 aja pilih menunya biar gak bosen. Porsinya juga gak terlalu banyak kok. Dijamin kenyang. Hahaha, yaa menurut loooh..

Ini beberapa penampakannya..

image

Selesai sarapan, saya sama ibu saya jalan2 ke pasar Penumping dekat hotel. Cari apa? Gorengaan dan cemilaaan. Hahahaha. Saya sebenernya ngincer cabuk rambak (potongan ketupat diiris tipis, makannya pake karak/rambak dicocol bumbu apalah itu namanya. Endeuss pemirsaa) sama tiwul, cenil, jenang grendul dkk tapi ternyata belum buka. Kepagian pembelinya terlalu nebsong. Hahaha.

Walhasil saya beli tahu goreng, gatot, kimpul, pisang rebus dan jamu beras kencur. Ooh iya, gorengan disini masih pake arang looh.

image

Makan pagi menjelang siang
Kalau sarapan pagi masih kurang, yeeeuk ngider cari soto. Iyess, di Solo sah-sah aja sarapan pake nasi soto. Kali ini incerannya soto mbok Giyem di Jl. Bhayangkara – cabang dari Boyolali. Soto ini buka dari pagi dan biasanya jam 12an udah habis. Hohohoho.

Pilihannya ada soto ayam dan soto daging tapi saya lebih suka soto daging. Kalau mbok Giyem ini uda habis biasanya pembeli lari ke soto Kirana di Kawatan. Tapi tetep lebih sedep mbok Giyem sih menurut saya. Ooh iya, ada lagi yg lebih endeus di daerah Tipes tapi saya nggak kesana.

image

Sotonya kesannya cuma secuprit tapi ‘temen’nya banyak banget. Yg paling enak sih tempe goreng (tanpa tepung) trus ada aneka jeroan dan gorengan plus krupuk. Minumnya paling sedep yaa pake teh nasgitel – panas legi kentel.

Makan siang
Pilihan makan siang di Solo itu banyak banget. Salah satu tempat makan yang keluarga saya datengin itu Resto Adem Ayem. Menu yang kami pilih nasi gudeg (paling heitsss di Adem Ayem), timlo Solo, nasi soto sama bistik galantin.

Menurut saya yang paling enak di Adem Ayem ini gudegnya aja sih. Yang lain B aja.

Actually, setiap restoran punya ciri khasnya sendiri. Misalnya timlo Solo itu plg enak yaa Timlo Sastro yg di Pasar Gede, bistik galantin di Kusuma Sari, nasi soto di Tipes dll. Berhuhung laper yaa sikaat semua deh  hahahaha.

image

Keluarga saya jg sempet halal bihalal di RM Mang Engking cabang Solo. Makanannya sih sunda2an yaa, agak aneh rasanya makan masakan Sunda di Solo tapi tempatnya enak siih.
image

Ada kolam untuk fish therapy juga. Lumayan buat seseruan.
image

Makan malam / wedangan
Wedangan means sebutan untuk pedagang kaki lima yang menjual wedang atau minuman tapi biasanya hangat untuk menghangatkan badan yang dingin kena udara malam seperti wedang jahe, wedang kacang, wedang ronde, kopi susu dll. Kalau di Jogja sebutannya angkringan.
image

Biasanya menu wedangan ini dilengkapi sama nasi kucing (nasi secuprit plus ikan teri atau ikan bandeng sebesar 1/3 ruas jari) dan ‘teman-teman’nya seperti goreng2an dan bakar2an tempe, gembus, tahu, aneka jerohan (paru, usus, babat, ati ampela, ceker dkk) ditambah krupuk.

Makin maraknya trend wedangan, sekarang di Solo tambah banyak tempat2 makan/restoran (bukan pedagang kaki lima) yang jual menu wedangan ini. Salah duanya yang saya coba adalah

1. Solobro
Solobro ini interiornya unik, desainnya seperti rumah tempo dulu dan hiasan2nya Jawa vintage. Lucunya Solobro punya slogan -> laras, smeleh, sugih yang artinya santai leyeh-leyeh, gak perlu usaha macem2 dan kaya. Hahaha, gue jugak mauk keleeeeuss. Di beberapa spot juga ada quote2 lain yang ngingetin kita tentang hidup.

image

Selain menu wedangan, solobro juga menyediakan menu lain khas Solo seperti mie godhog *paling heits*, tahu acar, mie thoprak, jadah apolo, jadah blondo dll. Wedang kali ini yang kami coba wedang jahe susu dan wedang jahe kencur madu. Aslik enak dan anget. Soal harga? Dijamin murahnya. Wajib coba!
image

image

2. Keboen Koelon
Wedangan Keboen Koelon itu lebih unik lagi karena kita serasa lagi leyeh-leyeh ngobrol di teras joglo di halaman rumah. Unik, etnik, antik. Wedangan disini relatif lebih mahal daripada Solobro tapi emang lebih ngejual suasana sih. Makanannya sendiri yaa cuma menu wedangan tok.

Minuman yang saya pilih itu namanya wedang uwuh (sampah). Isinya anek ragam rempah-rempah ditambah gula batu. Rasanya manis, pedes, anget, segerrrrrr.
image

Dijamin betah disini sampe pagi, yes wedangan Keboen Koelon buka dari sore sampe dini hari sebelum adzan subuh. ZzzZzzZzzzzz
image

Highlights dari berbagai macam menu selama di Solo ditutup dengan menu pengajian 1000 hari bude yang diisi dengan tengkleng, gulai dan sate kambing ditambah gulai dan sate ayam buat yg gak doyan kambing.

Helloooo koyesteyoool, come to mama…
image

Pulang dari Solo tambah gendat aja getooo…

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

2 thoughts on “Solo | kuliner dan wedanģan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s