Posted in Daily stories, Review

Mandiri Daycare

image

Published at The Urban Mama – edited

Setelah beberapa tahun lalu tersedia fasilitas ruang laktasi untuk pegawai wanita yang menyusui, kali ini Bank Mandiri menambah fasilitas Daycare bagi pegawai wanita/laki yang akan menitipkan anaknya (usia 2-5 tahun) dikala tidak ada pengasuh atau saat ART pulang kampung, sementara orangtuanya harus tetap bekerja atau tidak cuti. Fasilitas ini disediakan gratis tanpa dipungut biaya.

Mandiri daycare tahun ini masih berupa pilot project tahun kedua, bekerjasama dengan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang menyediakan sarana dan prasarana di daycare sekaligus bertugas sebagai caretaker. Buka sebelum dan sesudah libur Lebaran atau tepatnya 1 minggu sebelum libur Lebaran s.d tgl 15 Agustus 2014.

Mandiri daycare ini dibangun secara temporer menggunakan bilik/sekat di salah satu ruang kerja di gedung Plaza Mandiri. Dihias dengan balon-balon, sticker-sticker, signage berwarna warni  sehingga suasananya meriah dan menarik bagi anak2 seperti layaknya di daycare.

image

Sebelumnya pegawai mendaftar terlebih dahulu dan mengisi formulir pendaftaran berikut pertanyaan2 seputar tumbuh kembang dan kegiatan sehari-hari anaknya yang akan dititipkan di daycare, misalnya nama, usia, jenis kelamin, anak ke berapa, informasi tentang makanan/minuman/susu yg biasa dikonsumsi, punya penyakit/alergi apa dll. Hal ini untuk mengetahui kebutuhan anak dan mengantisipasi jumlah caretaker yang disediakan supaya cukup memadai untuk menjaga anak-anak yang ada di daycare.

image

Fasilitas yang disediakan a.l: locker penyimpanan sepatu dan tas, meja kursi untuk berkegiatan, playground, aktivitas belajar sambil bermain berikut dengan jadual kegiatan harian. Disediakan pula ruang tidur anak yang menggunakan sebagian dari ruang laktasi.

image

Selama di daycare, anak juga diajarkan untuk mandiri. Pegawai yang menitipkan anaknya tidak diperkenankan bertemu atau menelpon selama anak dititipkan di daycare kecuali kondisi khusus/urgent. Hal ini untuk mengantisipasi supaya anak tidak selalu mencari-cari atau sampai mengganggu orang tuanya yang sedang bekerja. Jadi kalau ada pegawai yang kangen ingin melihat kondisi anaknya di jam istirahat, biasanya ngumpet-ngumpet dari balik sekat supaya tidak kelihatan anaknya 🙂

Suatu kali saya pernah lihat salah satu anak sedang diantar caretaker ke toilet dan si anak nangis cari ibunya, caretaker dengan sabar dan telaten mengajak ngobrol si anak dan mengalihkan perhatian ke kegiatan lain sehingga anak lupa kalau tadi mencari ibunya. Hehehehe.

Semoga kedepannya, Mandiri daycare disediakan setiap hari kerja dan perusahaan-perusahaan lain juga dapat mengikuti jejak Bank Mandiri dalam memfasilitasi kebutuhan pegawainya dalam menjaga dan merawat anaknya.

Happy, Healthy, Wealthy 💖

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

2 thoughts on “Mandiri Daycare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s