Posted in Daily stories

Ramadhan | Menu Berbuka Puasa

kolak

Siang2 gini ngomongin makanan untuk menu buka puasa nggak apa2 donk yaaa…siapa tau bisa sharing ide untuk menu buka puasa di hari-hari berikutnya..

Dulu jaman masih single saya suka kelayapan ngikutin acara bukber kemana aja, biasanya sih gak jauh2 dari urusan reuni sama temen2 sekolah/kuliah. Sampe pernah ditegur sama alm. bapak kalau buka puasa harus di rumah. Ternyata sekarang setelah menikah, saya membuktikan sendiri nikmatnya berbuka di rumah sama keluarga. Lebih enjoy, santai, nggak terburu2, nggak harus antri dan menunya pun sesuai dengan selera keluarga.

Somehow di keluarga saya punya kebiasaan sendiri dalam berbuka. Sebenernya ini juga nggak disengaja, tau2 berjalan gitu aja urutan menu buka puasanya.

  1. Dimulai dengan teh manis anget
  2. Minuman segar dan manis kayak kolak pisang & kolang kaling, es buah, es blewah, kolak biji salak dengan catatan esnya dikit aja atau nggak terlalu dingin. Pengalaman, minuman yang terlalu dingin dan terlalu manis pas buka puasa malah bikin batuk/tenggorokan gatel. Alternatif lainnya buah manis kayak kurma, semangka, melon, mangga, pepaya dll.
  3. Lanjut makan menu berkuah anget seperti bihun rebus (prioritas utama), mie godog jawa, sup jagung, stup macaroni. Menu ini biasanya udah rutin ada, tinggal bergantian harinya, tapi kemarin baru nyoba menu mie ayam pangsit enak juga. Kapan pengen nyoba sotomie atau phobo juga aah
  4. Abis makan berkuah anget, dilanjutin sholat Maghrib
  5. Selesai sholat Maghrib biasanya pada leyeh2 dulu sambil nonton TV atau ngobrol2 sambil nurunin makanan yang tadi uda masuk ke perut
  6. Abis itu sholat Isya/Tarawih
  7. Selesai sholat Isya/Tarawih kalau masih laper lanjut makan lagi. Tapi kalau di keluarga saya walaupun disediain nasi dan lauk pauknya, biasanya uda pada kenyang makan makanan berkuah anget tadi.  Saya sendiri kalau laper lagi biasanya makan si kuah anget lagi (ronde ke-2) atau makan buah aja. Kebetulan sekarang emang lagi mengurangi makan nasi jadi ya cocok deh. Kalau mas D sih tetep lanjut makan nasi dan lauk pauknya.

Karena udah terbiasa dengan rutinitas seperti diatas, jadi saya paling gak bisa buka puasa langsung pake nasi dan lauknya. Mendingan kenyang makan kolak pisang sampe kembung kaliyaaa… qkqkqkqk. Dan saya sangat menghindari menu2 yang pedes dan asem *pukpuk perut rawan gastro*

Menu berbuka yang saya kurang cocok dihidangkan itu goreng-gorengan apalagi yang beli di abang2 pinggir jalan. Pernah sekali waktu di kantor disediain goreng2an untuk buka puasa, bikin tenggorokan makin kering dan berminyak banget rasanya . Kalau gorengannya homemade atau bikin sendiri sih masih mending, tapi itu juga saya pilih2 kayak bakwan jagung, pisang ubi, singkong goreng masih OK lah. Daripada gorengan, saya prefer direbus atau sekalian makanan keleman aja semacam pastel, kroket, risoles, lumpia gitu yaa, atau keleman manis kayak kue talam, kue bugis, jentik manis, serabi dll.

Untuk menu sahur, jaman saya kecil dulu selalu wajib ada telor ceplok, abon dan kecap manis. Hahaha, iyaa, saya itu paling males makan pas sahur, karena menurut saya jam-jam segitu kan waktunya tidur bukan waktunya makan *salampelor*. Jadi supaya saat sahur saya mau makan, Ibu saya selalu siapin telor ceplok, abon dan kecap manis itu tadi. Gampang buatnya, gampang pula nelennya, yang penting ada protein yang masuk. Kalau sekarang, berhubung mas D musti makan nasi dan lauk pauknya, jadi lauk yang uda disiapin untuk buka puasanya aja tinggal diangetin lagi. Kalau lagi rajin ya tambah nggoreng telor atau tempe tahu.

Btw, ini urutan makan untuk buka puasa yang bener atau enggak ya? but eniwei nggak ada yang bener atau salah juga sih, kembali ke selera asal aja *bukan iklan 🙂

Hhhhmmm, jadi laper yaa, glek!

Kalau teman2 punya ritual buka puasa kayak apa? suka menu buka puasanya pake apa?  sharing ide doonk…

*makasih Ira (@coklatdanhujan) ide menu pake bubur ketan itemnya

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

11 thoughts on “Ramadhan | Menu Berbuka Puasa

  1. Mbak shinta aku mau dong resep stup makaroninya.. gilee masuk ke 10 hari kedua bingung euy mau masak apa hahaha…
    Kalau sahur Zua sukanya pake havermuth kata dia enak dan kenyang! Aku lagi mau nyoba pake oat yg d soaked overnight..

    Kalau buka aku minum air sama kurma terus sholat.. abis gitu makan puding susu.. makannya abis tatawih.. atau kalo laper abis sholat terus makan.. abis tarawih beli martabak manis.. horeee genduuut

    Like

    1. Waduh gak salah nih nanya resep ke aku? yak, nanti nanya sama mbak suster dulu yaa soalnya biasanya dia yang masak hahahaha…
      Waaaah, iyaaaah, martabak manissss belum kesampean tuuuh buat buka.. suami uda minta beliin dari kapan tauk deeh.. hihihihi

      Like

  2. Jd kbayang tukang jualan tajil spanjang sudirman-thamrin. Walopun kadang rasa ga seenak tampilan, tp itu pemandangan sedep bgt.

    Like

  3. Mie godog jawa…sukaaaa
    Walaupun kami ga puasa…mamaku biasanya ikutan heboh masak kolak. Nanti aku juga heboh jajanan tajil..alesannya buat simbak dirumah padahal maaaahhhh eike yang doyan.
    Hahahaha

    Like

  4. wah kebalikan dengan saya doong mba, di awali dengan minum sirup dingin, gorengan/roti/kue lanjuuut makan berat hihi nasi plus lauk pauk untuk recharge busui. Terus shalat kadang nambah lagi ronde kedua

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s