Posted in Big brother - mas B, Daily stories, Parenting

B’s talk | logat meudok

Si anak kecil satu ini uda ga kurang lagi cerewetnya, ngomooooong terus, yg denger capek, yg nanggepin apalagi, tapi kalau gak ditanggepin, anaknya bakal marah atau nanyanya ga brenti2 sampe kita jawab. Udah gitu suaranya kenceng melengking lagi, padahal dulu waktu bayi ngebas looh. Disuruh ngomong pelan gak bisa, apalagi bisik2, kalau dikasihtau malah suka teriak sampe kuping yg denger peungeung. Enjoy aja..

Celotehan yg lagi heitss diomongin sama Baron antara lain..

Logatnya makin meudok
Kalau anak balita lain banyak yg jago dua bahasa – Indonesia dan Inggris, Baron malah sekarang kalau ngomong ada logat meudoknya. Hahahaha, yaa siapa lagi kalau gak niru ibu dan mbaknya, Jawa is the key!

Kata-kata yg diucapin dengan logat meudok (lebih tegas dan nge-gas) adalah yg berawalan J, G dan D tapi gak semua sih, yang sering diucapin aja.

Contohnya:
JJatuh, JJelek, JJalan, GGoyang-GGoyang, GGanteng, GGa(r)uk, DDitutup, DDi(b)uka

Ibuk, iat nih obinnya JJatooh
Mas A(r)on GGoyang-GGoyang
Kakak GGak au itu, itu JJelek
Intunya DDitutup
Orangnya JJalan-JJalan

Mengarang Cerita
Biasanya kan kalau menjelang tidur suka saya bacain buku cerita atau saya cerita ngarang2 sendiri tuuh. Naah, suatu hari saya iseng aja minta Baron yang cerita terus sekarang jadi suka gantian deh ceritanya. Kadang kalau saya lagi cerita malah suka diinterupsi sama Baron dan dia lanjutin ceritanya sesuai versi dia sendiri.

Jadi misalnya saya cerita tentang binatang Gajah, baru aja mulai “Gajahnya masuk hutan,….” tiba2 Baron bilang “No, gak au ajah, ceyita teuk aja. Teuknya (truk) ede anjyaaaang warna iwru awa uwa (aqua). Uwanya ada satu, uwa, iga, empat, ima, ujuh, apan anyaaak (banyak). Teuknya alan tus ogok, abak obil. Obilnya usaak. Ada obil oisinya lewat. Etooop. Tus obil pak oisinya dibom, Booooom, obil pak oisinya gosyoong. Yang nembak oginya. Gituuu”

Eeerrr, jaka sembung kakaaaaak. Jadi itu tadi judul cerita apa to be continued ya buk ibuk.. Hahahahaha…

Western vs Javanese songs
Jadi ceritanya sejak hari Kartini kemarin kan saya mau brainwash ngenalin Baron dengan lagu2 daerah yg saya tahu. Jadi setiap ngelonin bobo, saya nyanyiin lagu cublak-cublak suweng. Eeeh, beberapa hari kemudian Baron dah bisa tuh nyanyiin lagu itu, walaupun masih cadel2 dan baru hapal separo putus2. “Ubak-ubak uweng, uwenge edel. ambu udel. Sisipong osyong. Sisipong osyong” . hahahaha yesss, berhasssil

Terus kalau dulu bapaknya suka ngenalin lagu2 heits jaman sekarang kayak One Direction, Justin Bieber, dll yg saya ga hapal nama bandnya. Sekarang Baron dah gak mau dooonk dengerin lagu2 ABG itu. Sukanya apa coba? Cold Play sama House music ciyyyin, hahaha, sssok banget sih anak kecil satu nih. Jadi dia hapal tuuh lagu2 favoritnya apa trus kalau lagi main mobil2an sambil bumbling (apaya bahasanya, menendangkan lagu, halah, pokoknya gitudeh) atau kalau pas di mobil suka minta pasangin lagu dan kalau uda disetel suka bilang “kakak mau denger agu aron. Noo, ini ukan agu aron ini agu bapak. Naaaa, agus, agu ibu agus”. Lagaknya kayak uda ngerti selera musik ajaa.

Depan
Jadi Baron itukan masih blum tau arah, taunya cuma depan, akang, situ, sana tapi pastinya depan atau belakang itu dimana kadang absurd. Kalau bendanya ada di depan mata udah bener tuh bilang depan blakangnya, tapi kalau barang yg ditunjuk entah dimana jadi asal jawab aja. Seringkali kalo ditanya dimana atau kemana spontan tanpa mikir lama jawabannya pasti depan

B: bapak, kakak mau naik obil bin
D: kakak mau kemana?
B: ke depan
D: depan mana?
B: depan situ (sambil nunjuk ke entah arahnya dimana itu)

B: Ibuk, kakak mau eli obil
I: beli mobil dimana?
B: ke ayen (Giant)
I: Oooh, Giant yang dimana?
B: Ayen yang di depan

B: ibuk, obil kakak di depan aksi (kalau ini contoh kata depan yang bener)

Mulai ngerti urutan/jadual
“Kakak ain, tus akan, tus andi, tus bobo”

Kalau ngambek biasanya kan langsung nangis tapi kadang suka juga bilang kalau dia gak suka sesuatu dia bakal marah. Kita yg denger malah kesannya jadi diwarning duluan supaya gak ngelakuin apa yang Baron gak suka tapi bukannya diem malah suka kita ketawain. Atau Baron juga tau misal saya gak suka dia melakukan sesuatu (misalnya kalau gak mau makan atau lagi teriak-teriak) Baron juga bakal bilang saya marah.
“Gak oleh ijem obil A(r)on, nanti A(r)on a(r)ah”
“Mbak diem, ibuk diem, nanti kakak ma(r)ahin”
“Kakak gak akan, ibu a(r)ah?”

Ada banyak lagi siih celotehannya, nanti kalo inget ditambahin lagi deh yaaa…

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

13 thoughts on “B’s talk | logat meudok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s