Posted in Big brother - mas B, Daily stories, Parenting

B’s Talk | LDR = “L” dan “R”

LDR bukan Long Distance Relationship loooh, tapi maksudnya “L” dan “R” , dua huruf yang lagi jadi fokus grammarnya Baron selama kurleb dua bulan ini. Salut banget deh sama usaha anakku mau belajar dengan sendirinya supaya bahasanya makin baik.

Sebelumnya, di sini aq cerita kalau Baron belum fasih nyebut huruf L dan R. Sekarang dia lagi usaha banget biar bisa nyebut dua huruf itu dengan mimik yg lucu yang bikin aq sering ketawa setiap Baron ngomong.

Jadi, untuk beberapa kata berakhiran L , Baron bisa tuh nyebut katanya dengan benar plus penyebutan huruf L-nya pake nabsu gitu, lidahnya sampe keluar…. eLLLLLLLL.. DemiπŸ˜€. Dengan catatan penyebutannya perlahan/ga terburu-buru dan fokus/konsentrasi tinggi. Untuk L di tengah dan di depan kata, penyebutannya masih seperti dulu.

Misalnya..

Ibu bobo pake antaLLLL (bantal)
Ibu, kakak mw pake andaLLLL (sandal)
Bapak, iat kakak naik kapaLLLL…. naik apang aut (kapal laut)

…… hahaha udah bener di awal, malah salah di belakang.

Penyebutan huruf R biasanya jadi kayak setengah cadel gitju, bukan kayak owrang bawrat biwcara sih ya, apalagi macam tante Cinta Laura. Posisi lidah bagian tengah agak ke belakang atas hampir nabrak langit-langit mulut. Ini berlaku masih untuk huruf R di tengah kata dan berdiri sendiri.

Misalnya kata maRah, meRah, baRon, iRu (biru), oRen, cRane atau kata Roda untuk R di awal kata.

Kadang suka aq benerin nyebut huruf L dan R pelan-pelan, Baron biasanya mau niru dengan benar, tapi begitu disuruh ulang sendiri masih salah lagi.

Misalnya..
I: Baron, ayo sebut bo..LLa
B: oo..LLa
I: ya pinter, coba ulang lagi
B: owa

I: kakak, itu namanya ke..Re..ta
B: ke..Re..ta… Kakak mau main eyeka api!

Hahaha, doweng… Hayoo, belajar lagi kakak mas AyooonπŸ™‚

Save

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s