Bali Nov ’13 – Day 3 I Monkey Forest, Ubud

Pagi jam 6, Baron yg masih dibuai mimpi diojok-ojok bapaknya bangun mw diajak main ke pantai, padahal langit mendung. Akhirnya ga berapa lama bangun, langsung deh main ke pantai Kuta lewat beachwalk yg masih tutup.

Pantai Kuta di pagi hari itu sungguh nyaman banget. Sepi, pengunjung yg dateng blum banyak dan mayoritas olahraga lari atau sekedar nikmatin pagi, pedagang blum pada buka, anginnya dingin, matahari juga masih malu-malu dibalik awan mendung… Nikmeeeeeh.. Pantai serasa milik kita bertiga (mamer ga ikutan, nunggu di hotel). Kita jalan-jalan dan lari-larian sepanjang pantai, ngejar ombak yang pagi itu cukup tinggi karena mau hujan.

Selesai main di pantai lanjut brenang di kolam renang yg hangat dan lagi2 cuma bertigaan aja.. Heaven!!!

20131117-201541.jpg

20131117-201550.jpg

Pagi itu tumbenan hujan turun, grimis-grimis deres gitusiih cuma kita nekat aja sambil berdoa semoga Baron fisiknya kuat. Abis brenang, kita breakfast sebentar di kamar, sambil nunggu ujan reda, tapi sampe siang tetep deres, jadinya kita pinjem payung hotel.

Perjalanan lanjut ke Denpasar ambil pesenan pie susu merk “Asli Enaak” yg lagi hits itu di kantor temen dan borong kacang di jl. Sumatra. Selesai blanja, kita mw anter mamer blanja ke pasar Sukawati trus ke Ubud. Eeeh tau-tau aq amnesia aja gitu. Matik gw?!?! Kl dr jl. Sumatra mw ke arah bypass lewat mana ya? Akhirnya aq bbm temenku tp ga lsg dibales, trus tanya tukang parkir juga ga terlalu ngerti, tp akhirnya dgn baik hati tukang parkir tanya dl ke temennya, baru kasih tau kita. Eeeetapiiii, aq juga bingung donk sama penjelasannya. Bukan bukaaaaan, bukan karena bapaknya kasihtau pake arah utara, timur, barat layaknya orang Bali kasih arah, bukan juga pake istilah lurus kencaang tapi karena aqnya yg terlalu sok tau jalan kurang konsentrasi dengerin.

P: (dengan logat Bali kental) adek kl mw ke Ubud lewat jl. Something nggeh, di depan belok kanan, nanti ada patung belok kanan lagi, mengke ada pertigaan belok kanan lagi, trus ke kiri, lurus ke arah jl. Gatsu nggeh.. Daerah pasar Ubung itudaah..
Aq: ooiyaiya pak, makasih yaa..
Eeeeerrrrr, pasar Ubung mana kakaaaaak..

Akhirnya ikutin instruksi si bapak itu tadi dengan sedikit sotoy dan endingnya kita muterin tempat yg sama (pasar Kumbasari, jl. Sumatra dan sekitarnya)….. Dua kali!!! Hahahaha.. Sotoy apa geblek niiii…. Puteran pertama ikutin persis apa yg si bapak bilang, puteran kedua agak nekat dikit kl dibilang belok kiri kita belok kanan baru ke kiri lagi.. Eits lewatin juga ni jl. Gatsu, kita pikir uda bener nih jalannya, eeeeehhh tetep loooh balik lagi ke Pasar Kumbasari… Hahahahaha.. Okelaaaah *tarik lengan baju..

Daripada muter ke pasar Kumbasari untuk ketiga kalinya, aq minta mas D terusin jalan ke arah kantor temenku di jl. Surapati supaya ga makin bingung. Sebenernya yaaa cari jalan di Bali itu gampang-gampang susah, signage untuk ke tempat wisata cukup jelas, tinggal ikut arahnya aja. Mau lewat jalan manapun pasti sampe, tapiiii yg aq suka bingung itu the end of the roadnya itu, apalagi kl lewat jalan protokol yg kecil.

Contohnya kyk waktu mw ke jl. Sumatra itu dari arah jl. Udayana, harusnya aq belkir di perempatan patung caturmuka, masuk ke jl. Gajah Mada, trus belkir lagi ke jl. Sumatra, tapiii aq malah lurus lagi lewatin jl. Veteran dan begitu sadar, baru deh belkir di per4an kedua. Ingetnya jalan mw ke Wardani, hahahahaha.. Pikirannya makan melulu siih.. Jadi kita muter agak jauh sedikit (untung cuma sedikit).

Lanjut cari jalan ke Ubud……. kita lewat jl. Surapati lurus ke arah jl. Hayam Wuruk, ikutin signage yg ke arah Sanur daaaan sampelah kita di perempatan bypass yg dicari… Ubud here we come…

Sebelum sampai di Ubud, kita blanja2 dikit di pasar Sukawati, lebih tepatnya nemenin mamer beli oleh2. Aq sendiri cuma beli 1 clana dan 1 daster anak. Uda lama ga ke pasar Sukawati karena biasa blanja di Erlangga atau Khrisna, males nawarnya kakaaaak. Kemarin sih lagi sepiiiiii banget jadi nawarnya lebih enak dan harganya bisa anjlok banget karena pedagang bener2 butuh pemasukan jd ditawar di harga berapapun, walo cuma untung seribu-limaribu pasti dikasih. Biasanya kl nawar suka bareng mbak sut, karena dulu dia pernah kerja di garmen jadi tau modal untuk bikin daster, kemeja, baju2 gitu berapa. Apalagi baju2 di Bali ini juga yg nyetor dari pabrik2 garmen di Jawa kayak Solo, Pekalongan, Jogja dll, salahsatunya punya sodaraku di Solo. Bisnis garmen (supplier) ini untungnya lumayan looh kl uda level se-baal dua-baal, kl dihitung satuan ya paling untung sedikit kl di pasar, tapi kalau jual di Kuta, Ubud atau Nusa Dua bisa untung banyak.

Biasanya kl kita beli di 1 kios di Sukawati, kios sebelahnya juga minta dibeli “bagi-bagi rejeki” alesan mereka. Mamer beli daster dari harga Rp.65 ribu ditawar jadi Rp.25 ribu, daster anak dari Rp.45 rb jadi Rp.15 rb, gelang dari Rp.15rb/pcs jadi dapet 2 gelang. Waktu di pantai Kuta, mamer sempet dipaksa2 pedagang beli sarung Bali, ditawar cuma turun dikit dari Rp.60rb ke Rp.45rb, karena tipikal mamer ga bisa nolak jd dibeli deh, padahal Rp.15rb juga dapet tuh pasti.

Selesai blanja, langsung cusss ke nasi ayam Kedewatan bu Mangku, Ubud buat late lunch. Bu Mangku ini hanya jual nasi ayam aja dan judulnya pedesss gilaak. Trus Baron gimana donk makannya? Aq minta nasi dan lauknya dipisah trus jangan dikasih bumbu2 pedess apapun. Begitu dateng aq cobain dulu dan lauk yg aman untuk Baron cuma telor pindangnya aja kakaaak, sisanya yg ngabisin ibunya, hehehehe… Endeussss pemirsaaa…

20131118-044957.jpg

Abis makan, kita lanjut ke Monkey Forest, Ubud. Ini kedua kalinya kita ke Monkey Forest, yg pertama tahun lalu. Tiketnya bayar Rp.20rb/dewasa, Rp.10rb/anak.

20131118-141209.jpg

Surprisingly, Baron ga takut sama sekali loh sama monyet, malah pede mondar mandir ngelewatin si monyet. Disuruh salaman berani juga tapi pas monyetnya sempet narik tangannya, Baron sempet kaget juga sih. But overall, Baron emang ga terlalu suka binatang, jadi cuek aja.

20131118-044819.jpg

Pas mw pulang, tiba2 Baron minta kita jalan ngikutin dia mw main kereta api. Jadi niih yaa, ceritanya Baron jadi mas-inis, ibu, bapak, eyang jadi gerbong, suruh jalan berjejer di belakangnya, berurutan dan harus persis ikutin ke arah mana dia mau. Sebentar2 mas-inis kecil nengok ke belakang ngecek gerbongnya masih rapi. Kalau ada gerbong yg “nakal”, Baron bakal teriak “lepas-lepas” trus dia nyamperin si “gerbong” dan dorong-dorong masuk barisan lagi. Hahahahaha, dasar bocaaaaah…. Tadinya aq jalan persis di blakang Mas-inis tapi trus pindah ke gerbong paling blakang supaya bisa foto dan videoin kejadian lucu ini. Hihihihihihi…..

20131118-045109.jpg

20131118-044914.jpg

Bule-bule yg ngeliat kita pada senyum-senyum aja. Mulai dari tengah hutan rombongan KA Baron Ekspress berhasil sampe ke pintu keluar dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Qkqkqkqk…

Berhubung waktu uda sore, kita langsung balik ke kuta. Di mobil, Baron tidur nyenyak banget. Malemnya, kita makan roti aja di kamar, karena emang masih kenyang makan nasi ayam siang tadi.

——–> Bali day 4 I landing position

2 thoughts on “Bali Nov ’13 – Day 3 I Monkey Forest, Ubud

Leave a comment