Posted in Big brother - mas B, Party & Event

Baron 3rd birthday: customized and personal

as publishhed at The Urban Mama

Mengurus dan menyiapkan acara ulang tahun anak selalu jadi agenda paling merepotkan sekaligus menyenangkan setiap tahunnya. Puas rasanya kalau lihat acara yang kita siapkan sukses, yang berulang tahun senang, teman-teman dan saudara yang diundang menikmati acara dan makanan yang sudah kita siapkan.

Selama 2 tahun berturut-turut, ulang tahun Baron selalu dirayakan dengan tema khusus. Ulang tahun pertama dirayakan di rumah dengan mengundang saudara dan teman dekat dengan tema Winnie the Pooh and Disney friends. Ulang Tahun kedua dirayakan di preschoolnya dengan tema Rainbow cupcakes train.

Ulang tahun ketiga tahun ini, saya hanya menyiapkan goodiebags untuk dibagikan ke teman-teman di rumah, mantan teman preschool-nya (Baron sedang schoolbreak), saudara dan anak teman kantor. Karena tanggal 10 Oktober jatuh di hari Rabu dan berdekatan dengan libur panjang Iduladha, saya pikir, pasti teman-teman Baron banyak yang berlibur keluar kota. Acara tiup lilin dilakukan di rumah Eyang saat Iduladha, hanya kumpul-kumpul keluarga inti saja.

Biasanya saya suka hunting ke Asemka untuk menyiapkan goodiebags dan peralatan ulang tahun, tapi karena keterbatasan waktu (hanya 2 minggu) dan tenaga, tahun ini saya tidak sempat ke Asemka.

Saya langsung menghubungi tetangga yang punya bisnis goodiebags ulang tahun. Awalnya saya mau ada satu tema khusus/ karakter tertentu, tapi karena ketebatasan waktu produksi, akhirnya diambil yang sudah readystock.

Goodiebags ini sifatnya customized dan personal, berupa lunch bag/tote bag yang dibordir nama teman Baron dan diisi dengan makanan ringan. Nama anak sekarang kan keren-keren, banyak yang sama dan ejaannya pun canggih-canggih. Saya butuh usaha ekstra menghubungi pengasuh dan bbm ibu-ibu mereka untuk mengumpulkan data nama dan ejaan yang benar supaya tidak salah bordir.

 

Awalnya saya pilih model, warna dan karakter lunchbagnya hanya 1 macam saja karena tidak mau ribet dan mempertimbangkan waktu produksi.

  • Balita laki-laki: lunchbag serut dumping truck
  • Balita perempuan: lunchbag serut mermaid
  • ABG laki-laki: totebag pesawat
  • ABG perempuan: totebag ballet shoes

Atas inisiatif tetangga saya, untuk adik kakak sebaiknya dibedakan gambarnya supaya lebih beragam. Akhirnya ditambah lagi dengan lunchbag serut princess dan totebag prince. Proses produksi dan quality control saya percayakan 100% kepada tetangga saya, sepanjang jadi tepat waktu.

Thank you card pun didesain oleh tetangga saya dan dipasang langsung di setiap goodiebag menggunakan tembakan harga. Semua komunikasi kami lakukan hanya dengan bbm dan email, karena kami berdua bekerja dan jarang bertemu, walaupun tinggal berhadapan.

Isi goodiebag rencananya saya mau isi homemade cupcakes, cookies dan susu. Setelah menghitung kembali budget, keterbatasan tenaga dan ada kemungkinan beberapa goodies dibagikan sesudah Iduladha, maka saya ganti dengan makanan/minuman ringan yang tahan lama. Saya pesan melalui telepon salah satu produsen makan ringan yang menjual paket ulang tahun. Proses pemesanannya juga mudah sekali.

Saya sempat dilema memberikan paket ini karena takut banyak MSGnya. Tapi setelah saya tanya beberapa ibu teman Baron, mereka tidak keberatan karena tidak sering-sering dikasih, saya jadi tidak terlalu khawatir lagi. Kalaupun bukan anaknya yang makan, yaa dihabiskan sama ibunya saja.

Untuk kue ulang tahun, saya pesan melalui email/whatsapp di bakeshop langganan saya. Bentuknya mobil morris/mini cooper lengkap dengan karakter Mr.Bean dengan rasa vanilla oreo. Mainan, film, dan biskuit kesukaan Baron. Bentuk ini saya dapat dari foto di internet, kemudian saya email ke bakernya. Hasilnya mirip dengan aslinya. Rasanya sayang kalau harus dipotong. Saat pertama kali dikeluarkan dari kardusnya, Baron langsung memencet bagian atasnya, ia mengira itu mainan, bukan kue!

Outfit yang berulangtahun, saya pakaikan kaos long sleeves bergaris dan ada angka 3 di dadanya. Kaos ini tidak sengaja saya beli saat ada sale. Pas sekali dipakai di ulang tahun Baron yang ke-3.

Persiapan keseluruhan selama 2 minggu mulai dari brainstorm (pencarian ide bentuk goodiebag yang akan dibagi), pengumpulan data nama, proses produksi yang membutuhkan waktu 1 minggu untuk sekitar 70 goodies, pemesanan dan pengiriman isi paket makanan dan finishing/packaging.

Tips untuk membuat customized dan personal goodiebags:

  1. Kumpulkan data nama dan ejaan anak se-akurat mungkin. Bisa tanya ke pengasuh, teman atau langsung ke orang tuanya. Pengalaman saya, ada teman Baron yang namanya sama, ejaannya berbeda dan ada yang serupa. Misalnya: Keisha, Kheisya, Keisia, Neysa, Sassia; Nayla, Naila; Kayla ada 2 orang dengan ejaan sama
  2. Buat checklist/daftar nama anak beserta statusnya. Misal: (saudara, Kayla),  (preschool, Keisha), (preschool, Kheisya), (cucu Bu Yuyun, Keisia), dll, agar tidak keliru/tertukar.
  3. Kalau ada revisi nama, informasikan kepada supplier sesegera mungkin sebelum goodiesnya dibordir/dibuat, karena apabila sudah dibordir tidak bisa diganti lagi atau bila dipaksakan akan jelek jadinya.
  4. Pada saat pembagian goodiebag, pisah-pisahkan sesuai kategorinya dan cek kembali dengan daftar nama yang sudah dibuat, beri tanda supaya nggak tertukar/keliru.
  5. Pilih goodiebag yang unik, lucu, bermanfaat dan disukai anak.
  6. Luangkan waktu persiapan yang cukup panjang supaya hasilnya lebih maksimal dan sesuai keinginan.

Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan persiapan ulang tahun Baron tahun ini tanpa harus repot pergi ke suatu tempat, mencari-cari, belanja dan membungkus sendiri. Walaupun hanya berkoordinasi lewat bbm, email dan whatsapp, semua dapat terlaksana dan selesai tepat waktu.

Semoga dapat menginspirasi Urban Mama dalam menyiapkan ulang tahun putra-putrinya…

Save

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

2 thoughts on “Baron 3rd birthday: customized and personal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s