Posted in Big brother - mas B, Daily stories, Parenting

B the absence boy

Bener loooh kata orang2, once your kids speak then he/she will never stop talking.. Ehek ehek ehek.. Dan sekarang, mas Baron lg suka ngabsen semua orang seisi rumah, sekeluarga berikut tetangga-tetangga.. Gak ada angin, kadang2 ujan tau2 kakak suka ngomong gini (nadanya pake nanjak keatas yaa..)

Kakaaak, bapaaak, ibuuuk, adeeek, mbak suuut (read: mbak suster), idaaan (wildan), mbak muuut, aGA!, om imooo, titaaa, eyang.. akung (kl ini ga pake nada panjang), onooo’ (yono-ARTcowok), amiiin (Jamin-supir eyang) dan seterusnya..

Atau dalam bentuk pertanyaan yg sebetulnya ga perlu ditanyakan, misalnya..

I: Kakak, ibuk mandi dulu yaa..
B: ibu andi..
I: iya, ibu mandi..
B: bapak?
I: bapak lg makan..
B: mbak?
I: mbak lg masak..
B: mbak asak (konfirmasi penting). Ono?
I: Yono lg cuci mobil..
B: eyang?
I: eyang bobo. udah yaa ibu mandi dulu
*langsung ngacirrrrrrrrr πŸ˜›

B: bapak tang.. Bapak tang.. (Bapak datang).. Bapak naik Obim Ota
I: oiya, bapak naik mobil Toyota
B: obim kakak?
I: mobil kakak Toyota
B: obim kakak ota. obim ibuk?
I: mobil ibu city. mobil kakak apa?
B: apa?

Looooh, kok balik nanya? πŸ˜›
I: iya, mobil kakak Toyota apa city?
B: obim kakak ena (serena)

Laaaaaaah, hahahahaha πŸ˜€
I: mobil aGA apa?
B: apa?

Masih balik tanya, jadi diubah pertanyaannya..
I: mobil aGA?
B: obim aGA jazz….. Hitam! Ono?
I: yono naik motor
B: ono naik otong. Mbaak?
I: mbak naik taksi. Yok kakak main Lego yuk.

Meaning: end of discussion πŸ˜€

Atau lagi suka belajar berhitung 1 s/d 10 tapi angka enam slalu ktinggalan *tepokjidat *masih dengan nada panjang dan nanjak

Satuuu… Uaaa… Igaaa… Apaaaat… Imaaa… Ujuuuuh… Apaaan… Iyaaaan… Uyuuuuh…

Save

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

6 thoughts on “B the absence boy

  1. mbak shinta, salam kenal ya. kalau boleh tau berapa umur baron sekarang dan udah berapa lama theraphynya? anakku 16 bulan. sampe sekarang 1 kata pun blom keluar dari mulutnya. menurut mbak shinta gmn ya? aku konsultasi skrg atau nunggu 2 tahun? maaf ya banyak nanya. inu2 galau nih. hehe..

    Like

    1. Halo Vivi, salam kenal juga. Baron skarang umur 2 tahun 11 bulan dan sampai sekarang masih terapi untuk ngelancarin grammarnya karena secara vocab sudah secara alami Baron bisa menyerap dan mengucapkan, cuma kata2nya masih blum jelas. Contoh: kata joged jadi ojet, kata juga jadi uja, kata mobil jadi Obin dll. Target dari dr.Ira sih pas Baron umur 3 tahun (bln Oktober) terapinya boleh disudahkan, tapi itu tergantung kita sbg org tuanya mu lanjut atau stop.

      Menurut saya pribadi gak apa2 ditunggu sampai usia 2 tahun selama anaknya gak ada masalah secara fisik di rahang atau alat2 komunikasinya. Setiap hari terus distimulasi aja, diajak ngobrol, walaupun anak blum memberi respon tapi sebenernya dia menyerap semua apa yg kita bilang.

      Kalau Vivi ngerasa khawatir, boleh konsultasi di klinik tukem supaya gk penasaran. Nanti abis konsul kan ada rekomendasi dari dokter or psikolog bagaimana baiknya dan bisa dipertimbangkan lg mau segera terapi atau tunda dulu. It’s your choice.

      Kalau di dekat rumah ada PAUD yg berbahasa Indonesia bisa join paling tidak seminggu sekali untuk tambah stimulasi dan bergaul dengan teman sebaya. Kalau di lingkungan rumah banyk temannya yaa diajak main dan kumpul2 aja setiap pagi atau sore uda cukup kok.

      Pengalaman saya, Baron ‘gong’nya itu di usia 2 thn 7 bulan, udah langsung banyak ngomong, ngoceh terus, semua2 disebutin walopun kata2 msh blum jelas yaa biarin aja sambil kita ucapin kata yg sebenernya.

      Gitusiih masukannya, smoga membantu

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s