Posted in Big brother - mas B, Daily stories, Parenting

Let the conversation begin…

Beberapa hari ini setiap pulang kantor langsung ditodong buat ngerakit sirkuit mobil atau rel kereta Thomas dan ditantang balapan. Kakaaaaaak, ebok masih bau asyeeem, blum cuci tangan, blum ganti baju, apalagi mandiiiii *that’s what bath & body work is for, eboook.. Cuci tangan, semprot parfum, sroot sroot..😀

20130707-230556.jpg

Dan pilihan untuk trima tantangan si bocah dan rela untuk ga langsung mandi ternyata membawa berkah yg luarrr biasssa..

Ibuuuk, djudjuk apet. (Ibu duduk di karpet)
Ibuuuk, main obim kakak. (Ibu, main mobil sama kakak)
Epan. Apan obim. (Ibu duduk depan, balapan mobil)
Naik, naik. Obim kakak naiknung. (Mobil kakak naik gunung)
Obim kakak lewat atan. (Mobil kakak lewat jembatan)
Atas, atas.
Ibuk masukwan. (Ibu maduk terowongan)
Ibuuuuk, uyun uyun. (Ibu, turun, turun)
Obim ibuk eujek, jeep kakak icing. (Mobil ibu gede, jeep kakak kecil)
Kakak bawah isin. (Kakak dibawah isi bensin)
Obim kakak ogok. Abak obim ibuk. (Mobil kakak mogok, nabrak mobil ibu)
Acet, acet. (Macet)
Greeeeeng, obim kakak ebut. Enceng (Mobil kakak ngebut, kenceng)
Obim bapak Ota. Obim kakak ena. Obim ibuk siti. (Mobil bapak .toyota. Mobil kakak Serena. Mobil ibu city)
Jeep om imo hitam. Ama obim AGA. (Jeep om Bimo hitam, sama mobil (tante) anggra)
Jeep eyang eujek. (Jeep eyang gede)
Obim ibuk ama obim kakak. (Mobil ibu sama mobil kakak)
Oa dua uja. (Roda dua juga)
Obim bapak Bim ijo. (Mobil mr. bean hijau)
Aksi kakak iyu. (Taksi kakak biru)
Otong isi’ isin. Jeep isi’ icing. (Motor polisi isi bensin. Jeep polisi kecil)
Obim adam kakak eujek. (Mobil pemadam kakak gede)
Jatoh, abak aki kakak. (Jatuh nabrak kaki kakak)
Euk usak. (Truknya rusak)
Ta’ api omas usak. (kereta api thomas rusak)

Diawali dgn uda berani merintah bapak/ibunya untuk duduk, main, nentuin posisi dimana bapak/ibunya harus standby, ambil sesuatu dll. Saya dan bapaknya harus rela bergantian utk makan malam demi meladeni si kakak. Pun kalau pas giliran saya main dan si bapak makan, kalau Baron keukeuh mau main sama bapaknya yaaa disamperin itu kursi si bapak trus ditarik-tarik ngajak main “bapak djudjuk apet. bapak epan, bapak epaaaan” (bapak duduk di karpet. Bapak (duduk) depan) .

Uda mengerti banyak konsep: atas-bawah, naik-turun, gede-kecil, warna, angka, jenis kendaraan dll. Ada aja yg mau disampein. Ngomong terusan sambil tangannya teuteup main, untung masih pake koma dan titik. Kalo ada sesuatu yg ga beres (padahal kesalahan Baron sendiri) langsung kesel, marah, lempar mainan, kadang diakhiri dgn nangis. Kalo dicuekin marah. Kalo ga direspon, omongannya bakal diulang2 terus dgn volumenya makin kenceng, nadanya makin tinggi sampe kadang2 serak sendiri.

PR buat bapak/ibunya adalah LISTEN! WATCH! LEARN! Karena beberapa kata ada yg penyebutannya sama/mirip tapi maksudnya beda. Kalimatnya masih patah2, blm ada kata sambung. Ga cuma belajar mengerti kata2 aja, tapi belajar memahami perasaan/emosi dan karakternya juga. Orang tuanya harus sensitif menghadapi anak yg super sensitif.

PR ibu dan mba’e pontennya masih lebih bagus daripada bapaknya, walopun semua masih yellow alert. Ayoo, kita blajar sama2 ya maaaas😀

Kalau saya bertanya, Baron masih blm bisa merespon sesuai, jadi saya harus bisa mencari padaan kata lain yg lebih mudah dimengerti.

Misalnya waktu saya minta Baron untuk ambil kardus dan rel kereta thomasnya utk saya beresin.
Ibu: Kakak, tolong ambil kardus itu donk.
Baron diem aja sambil kebingungan
Ibu: Kakak ambil dus itu (sambil saya tunjuk)
B: dus kakak? (Dus diambil tapi langsung dijatuhin lg)
Ibu: itu kasih ibu (sambil saya tunjuk dus mainannya)
Baron nyamperin dus, diambil, liat ke saya
B: iya, itu kasih ibu. kasih ibu.
Baron langsung nyamperin saya dan kasih dusnya sambil bilang “kasih ibu”
Ibu: yaaa pinter, terima kasih. Sekarang relnya kasih ibu. Rel ta’ api.
Baron ambil rel kereta api tapi ga langsung kasih ke saya jd saya tuntun lagi
Ibu: yaa itu kasih ibu (tetep sambil tunjuk si rel). Itu itu itu kasih ibu
Sampe rel terakhir diambil dan berhasil masuk semua ke dalam kardus
Ibu: trima kasih kakak *peluk cium yg paling kenceng*

Well, tantangan pertama baru aja dimulai buuu…

Let’s face it! Do the best and let God do the rest. Bismillah…

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s