Posted in Daily stories, Tips

Perpanjang SIM & STNK expired

Dodolipret itu kalau aq baru sadar SIM & STNKku itu udah expired.. ga tanggung2 expirednya .. 2 tahun boo’.. Iyah, 2 tahun!! Kl SIM expired tepat 1 hari sebelum aq lahiran Baron, persisnya 9 oktober 2010.. Sedangkan STNK di bln Septermber 2011.. Gubraakk!! Ketauan deeh, kl ga pernah tanggung jawab sama barang milik pribadi.. Hihihi.. Dong dong dong *toyor kepala

Sebenernya aq tau kl SIMku expired di pertengahan 2012 lalu, tp dari hasil tanya sana sini katanya kl SIM expired lbh dari 1 tahun harus bikin baru lagi di Samsat Daan Mogot.. Hastaganaga bujubuneng.. Malesss bgt mikir jauhnya, macetnya, panasnya.. Belum lagi mikirin prosesnya yg pastinya ribet, soalnya harus tes tertulis & tes nyetir lg.. Kebayang rempooong gaaan.. Jadilah urusan perpanjang SIM kupending.. Jadi setiap nyetir, baca doanya jd berlipat ganda.. Berdoa spy selamat sampe tujuan plus berdoa spy selamat dari pak pulisi.. Hihihi..

Sampe di akhir Februari kmrn ngobrol2 sama mb.Ndari & pakde, eeelaadaalaah kok gayung bersambut.. SIM merekapun uda expired bbrp tahun jauuuuuh sebelum aq… Bwahahaha, superr parrah! Kok 1 tim bisa kompak genggeusnya gini hihihi.. Akhirnya kita janjian urus SIM baru tapi ‘terpaksa’ lewat ‘bantuan’ langganan kantor.. Dudududu.. *don’t try this at home*

Padahal aq rencana pgn urus sendiri looh, kyk tahun2 sebelumnya cukup dtg ke SIM keliling atau polres terdekat.. Gampang bgt, eetapii dgn catatan: perpanjang SIM sebelum masa expired.. Kebetulan mas D jg perpanjang SIM sendiri 2 mgg lalu di polres. Cepet bgt! +- 1 jam deh sama antrinya.

Berdasarkan pengalaman urus SIM dgn ‘bantuan’ di Daan Mogot, ada bbrp point yg kucatet:
– Butuh biaya yg cukup tinggi dan pastinya lbh mahal drpd harga resmi (< 200rb)
– Prosesnya dipotong cukup singkat. Aq datang sambil bawa receipt lulus tes, antri di counter foto (catet: counter foto khusus wanita ada sendiri & dijaga oleh polwan, tp waktu itu aq ga ada yg kshtau or else hr Sabtu counter wanita tutup ya? Whatever, jd antri campur dgn laki2), sampe gilirannya cek data pribadi, tandatangan & cap jempol elektronik, foto. Lanjut antri di counter pengambilan SIM, tunggu panggilan, ambil SIM plus bayar 5000 (optional) utk amplop SIM yg mana ga kepake jg, soalnya SIM lsg masuk dompet
– Datang sepagi mungkin di weekday spy antrinya ga panjang tp karena aq dtg hr Sabtu dan lokasi Daan Mogot cukup jauh dr rumah, jd kesiangan sampenya, uda lumayan rame. Bayangkan, dr rumah brkt jam 8, smp Daan Mogot jam 9, proses & antri 1 jam jd selesai jam 10, smp rumah lg jam 11.30… Gilak kan! Itu aja tggl foto doank looh, coba aq urus sendiri, pasti bakal lebih lama
– Usahakan dtg ditemani teman or keluarga, apalagi kl baru pertamakali ke Daan Mogot dan gayanya jgn kayak org kebingungan, sok pede aja spy ga tiba2 disamperin calo yg mangkal disitu
– Usahakan segala kebingungan ditanyakan lsg ke pak pulisi. Semua prosedur sdh tertulis lengkap (tp belum cukup jelas) dan karena counter2 setiap proses lokasinya agak berjauhan dan layoutnya agak membingungkan jd sebaiknya jgn malu utk bertanya. Biarin aja kl pulisinya jawabnya jutek atau krg responsif, yg penting tujuan kita dapet.
– Usahakan bawa kendaraan pribadi krn jarak dari pintu masuk ke dalam cukup jauh, panas & berdebu, tp kl uda sampe parkiran sih adem bgt krn byk pepohonan
– Karena aq dtg cuma utk foto jd cukup bawa diri aja, tp kl proses sendiri kyknya perlu bawa SIM lama (kecuali kl baru mau bikin), alat tulis sendiri (disitu ada yg jual jg sih), KTP, uang. Oohiya, usahakan SIM lama jgn hilang, karena kl hilang, ga bs potong proses, hrs ikut tes tertulis/nyetir yg blum tentu lulusnya. Temenku si pakde terpaksa ikut tes lg (walaupun sdh dgn 'bantuan') krn SIM lamanya hilang, tp alhamdulillah lsg lulus & jadi hari itu jg. Kl pengalaman mas Bro, dia urus SIM baru tanpa 'bantuan' pernah ga lulus tes tertulis (laah, kok bisa pdhl kata pakde pertanyaannnya standard, umum & ga susah), akhirnya mas Bro urus pake 'bantuan' jg
– Sabar, sabar, sabar!! Sebenernya proses bikin SIM baru ini cepet, cuma nunggu antrinya butuh kesabaran tinggi. Apalagi kita antri brg sama org dgn berbagai macam latar belakang jd perilakupun beraneka ragam
– Kalau perlu bawa perlengkapan pribadi ekstra spt kipas (karena banyak org, ruangan ber AC pun jd krg dingin), tissue/tissue basah/sapu tangan, permen, buku/gadget utk mengusir rasa bosan, minyak telon (andalanku)

Overall, kl dibandingkan dgn pengalamanku urus paspor sendiri di kantor imigrasi, pelayanan urus SIM di Daan Mogot ini msh perlu banyak perbaikan, terutama dari sisi pelayanan, simplifikasi & transparansi prosedur & fasilitas gedung yg memadai. Idealnya, bikin SIM bisa semudah bikin paspor.

Selesai urusan SIM, lanjut urus perpanjangan STNK. Kl urus STNK relatif lbh mudah & cepet, tp karena kesibukan pekerjaan yg ga bs ditinggalkan (alesaaan, pdhl males urus sendiri jg, hihihi) jd aq minta tolong OB kantor untuk urusin, wong tinggal lompat pagar jg siiiiih 🙂
Tinggal bawa berkas STNK, KTP, BPKB & uang sesuai pajak & denda yg hrs dibayar. Semua bukti pembayaran resmi akan diksh & tertulis rinci perhitungannya. Kl ga salah, perhitungn denda utk mobil itu 2% per bulannya.
OB kantorku proses krg dr 1 jam uda selesai, malah kl proses sendiri tanpa denda2an kan uda ada fasilitas drive thru jd proses kilat kyk ambil uang di ATM aja.

Demikianlah cerita urusan SIM & STNK, smoga bermanfaat & saranku rutin mencek masa expired & sebelum habis expirednya sbg warga negara yg baik & taat aturan, sebaiknya urus sendiri spy lebih disiplin & tertib 🙂

MERDEKA!

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

One thought on “Perpanjang SIM & STNK expired

  1. hi Shinta, aku boleh minta no telpon “bantuan” langganan kantor gak? hehe soalnya kemaren nanya2 yang sekitar rumah katanya mereka gak terima lagi, katanya lagi susah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s