Posted in Big brother - mas B, Daily stories, Health, Parenting

Konsultasi Tumbuh Kembang @ priskool

Setelah konsultasi ke Pela 9 & RSPI, dimana dr.Ira & dr.Ariyanti menyarankan untuk stop sementara sekolahnya Baron sampai dia fasih bicara, kemudian saya berencana konsultasi dgn pihak priskool.. Alhamdulillah, di libur long weekend yang lalu (15-18 Nop 2012) saya bisa antar Baron sekolah sekaligus diskusi sama miss Puji (guru Pre Nursery) & miss Riana (guru playgroup) ttg proses terapinya Baron dan mereka kasih masukan yang cukup bagus..

Miss Puji & miss Riana cerita kalau di priskool juga ada beberapa anak yang dulunya mengalami speech delay.. sekarang usianya 3-4 tahun dan masih sekolah disitu di kelas Nursery (sekelas TK A & B).. dari pengalaman miss Puji & Riana, anak2 tsb tidak di-therapy oleh orang tuanya (or else orang tua si anak gak menginfokan ke pihak sekolah… allahualam) dan beberapa kondisi yang dialami oleh miss Puji & Riana sbb:

  • Si A kondisinya hampir mirip dengan Baron, likes to bubble pake bahasa planet, prefer to use body language and the magic word “ugh..ugh”
  • Si B definitely punya masalah di lidahnya yang pendek, walaupun dia bisa mengucapkan kata or kalimat tapi gak jelas sehingga bikin teman-teman & guru-gurunya gak ngerti apa yang dia ucapkan
  • Si C karena di rumah dibiasakan makan bubur aja sama ibunya, jadi ketika di sekolah dikasih sarapan (which is menunya berubah-rubah), dia agak terpaksa makannya karena gak terbiasa mengunyah dan endingnya selesai sarapan selalu jackpot… iyaah setiap hari jackpot di sekolah… naaah, yang bersihin siapa? yaaa miss Riana… it’s truly a memorable experience for miss Riana that she never forget…

Dari beberapa pengalaman diatas, pihak sekolah uda minta ke orang tua B & C untuk dilakukan terapi tapi kayaknya gak ada tanggapan (sekali lagi or else orang tua si anak gak menginfokan ke pihak sekolah).. alhamdulillah ke-3nya sekarang uda lancar bicara..

Saya sampaikan ke miss Puji & Riana kalau di saat speech therapy, diusahakan menggunakan 1 bahasa dulu (Bahasa Indonesia) dan saran dokter untuk menstop sementara priskoolnya (Bhs Inggris)..

Miss Puji & Riana kasih saran Baron gak perlu sampai stop sekolah karena menurut mereka, sebagai anak baru di kelas PN Drum dan paling muda, perkembangan Baron cukup baik terutama dari sisi motorik kasar dan halus, pergaulan dengan teman-teman, kemandirian di kelas walaupun kadang-kadang masih suka nangis (wajarlaah, don’t expect too much from 2 year old kid though) dan menurut miss Puji, pelajaran yang paling disukai itu adalah story telling karena setiap pelajaran baru dimulai, Baron selalu nyamperin rak buku dulu dan kasih buku pilihannya ke miss Puji untuk diceritain (triiiink, good idea buat bikin perpustakaan pribadi di rumah) dan kalau miss Puji lagi cerita, dia suka niru-niru suara which is minat dia terhadap bahasa cukup baik.. dan inipun dibuktikan dengan hasil monthly communication book/report yang disampaikan bbrp waktu lalu…

B’s communication report

Berdasarkan pengalaman mereka juga, anak yang speech delay pada saat mereka sudah fasih bicara pasti akan lebih banyak komunikasinya dibandingkan teman-teman yang gak speech delay… jadi sebaiknya lebih bersabar untuk tunggu waktu.. Lebih bagusnya lagi, di priskool Baron ini nanti kalau sudah naik kelas Nursery (TK A & B) akan ada pelajaran bahasa Indonesia dan kelas bahasa Inggris, disana anak-anak akan kelihatan lebih minat dan fasih bahasa apa, hal ini keliatan dari hasil tanya jawab, diskusi, cerita dll.. belum tentu anak yang speech delay akan lebih fasih berbahasa Indonesia saja atau bahasa Inggris saja atau bahkan fasih 2 bahasa…

Well, I admit they both not a psycholog and they might be not knowing what they should do to deal with speech therapy, but based on their previous experience, I’m pretty sure that Baron is in good hand..

Saya dihadapkan pada 2 pilihan:

  1. Stop sementara priskool Baron sampai dia fasih bicara
  2. Mencari priskool lain yang berbasis bahasa indonesia which is lokasinya lebih jauh dari rumah

Setelah diskusi dengan si ayah, akhirnya kami tetep bertahan untuk menyekolahkan Baron di priskool itu dengan pertimbangan banyak kegiatan positif yang dapat meningkatkan milestone Baron dan melihat bawah penyebab Baron untuk masalah bicara bukan karena bahasa Inggris, Insya Allah gak akan memperlambat proses belajar bicaranya.. kami juga minta bantuan dan kerjasama miss Puji/Rini dalam mendidik Baron selama ini..

Hope the best and let God do the rest..

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s