Posted in Daily stories, Health, Parenting

1y8m Baron – Parathypus

Astaghfirullah.. Sampe skrg aq msh ga percaya (baca: ga bs terima) kl mas Baron bisa kena parathypus.. Kok bisa? Kenapa? gara2 apa? Penyebabnya? Smp skrg pun aq cm bs tebak2an & ga bs nemu jawaban yg passsssti… Eeerrggg *jambak2 rambut*

Selasa 04.06.12 – Jumat 07.06.12
Awalnya dimulai dr hari Selasa sore pas aq plg kantor, mas Baron spt biasa langsung nyambut aq & ayahnya, pas kupegang tangannya kok anget, pas kucek keningnya jg anget.. Waaah, kok sumeng :S.. Pas kutny si mbak “kok bs sumeng gini emg abis ngapain?” Katanya ga ngapa2in, main2 & makan kyk biasa aja.. Malemnya msh sumeng tp blm kuksh obat apa2 krn aq msh b’anggapan sumeng krn gigi geraham belakang mw tumbuh lg…

Rabu siang, kt si mbak udah turun panasnya & si bocah malah sempet main2 sm Wildan di rumah agak lama tp uda ga kubolehin main2 keluar.. Rabu malem sumeng lg tp aq msh tetep kalem sambil ga lupa balurin minyak telon & bawang merah di sluruh badan..

Kamis pagi panasnya lumayan turun tp bocah uda mulai lemess, ga b’semangat.. Kasian 😥 .. Kamis malem panasnya naik lg & pas kutermo 38,5C.. Krn bapaknya uda senewen jd kuksh tempra, lumayan turun panasnya..

Jumat pagi – malem, tempra jalan terus soalnya sumeng msh ga turun2 jg msh b’kisar 37,5C tp alhamdulillah si bocah makannya masih kuat.. Dilalahnya jumat sore itu si mbak pulang kampung yg emang uda ijin dr lama krn sodaranya mw nikah..
Artinya weekend ini aq bakal jibakutai sendiri ngurusin mas Baron.. Kookyaaa, barengan si mbak pulang, si bocah sakit looooh… Tp lumayan ada eyangnya yg nemenin.. Yawes, bismillah aja deh..

Sabtu, 08.06.12
Pagi2 abis bangun tidur, mas Baron dgn kondisi msh sumeng aq suapin pake sariroti coklat alhamdulillah habis 1 piece…

Jam 9 pagi, mas Baron kubawa ke klinik dr.Sander sm bapaknya soale uda 4hari kok angetnya msh manteng aja.. Stlh diperiksa dr.Sander katanya gpp, common cold biasa tp kl smp senin panasnya blm turun jg tpaksa hrs cek darah utk tahu lbh detail sakitnya apa.. Jd dr.Sander cm ksh vitamin aja dgn catatan tempra tetep dikasih slama panasnya >38C..

Jam 10 jadual mik UHT skip! Soale si bocah milih mik ASI lsg dr gentongnya, yawesss ibu beri naaak lanjut tidurr..

Jam 12 wktnya mam siang, mas Baron kumasakin puree kentang+brocolli+ayam krn kupikir kl sakit gini pasti lidah pahit, males ngunyah & kl nelen sakit *sama kayak kalo org dewasa sakit radang tenggorokan gt kan males makan* jd kubikinin menu2 lembut dulu.. Awalnya uda mulai mogok makan, tp alhamdulillah dipancing pake biskuit buat sendoknya lumayan abis separo..

Jam 2 jadual mik UHT & orange juice skip juga.. Haduh, uda mulai m’khawatirkan nii..

Jam 5-6 sore jadual dinner selera makannya mulai hilang.. Dicoba puree kentang ga mw, nasi lembut pake saus spagetty ga mw..

Ya Allah ada apa dgn anakku niii.. Jangan2 kangen si mba’e jd mogok makan… Huhuhu jangan donk naak, kamu kan lagi sakit hrs byk makan b’gizi spy cepet sehat & sembuh.. 😥

Minggu, 10.06.12
Tepat mas Baron ultah ke 1y8m… Mulailah aksi GTM total **weleh, kyk gerhana aja**… Pagi siang sore ssssaaaamaaa sekali gak mw makan!!! Mwnya cuma air putih, ASI, air putih, ASI & air putih, ASI.. Astaghfirullah, piye ikii karepee.. Sgala jenis jurus pancingan utk makan ga ada yg mempan sampe saking ga ada cara lain, dijejelin paksapun apalagiii.. Malah ngambek anake & mukanya udah kuyu, badannya uda tambah lemess ga ada tenaga.. Bisanya cuma nangis minta breastfeeding smbl tiduran spanjang hari… Huuuwaaaa, sediiiiih 😥

Padahal besoknya hari kerja, kebetulan pendinganku lg byk bgt, top urgent & partner lg cuti.. So, aq rencana mw titip mas Baron di rmh eyangnya sbtr trus ambil kerjaan & bakal kerjain di rumah eyang.. Tp Allah sptnya punya rencana lain..

Jam 7 sore pas mw mulai bobo, perutnya Baron bunyi krucuk2 trus dia ngerasa mual & mw muntah tp b’hubg seharian ga makan jd yg keluar cm air aja.. Krn si mas uda panik, langsung deeh lari k UGD.. Tdnya mw ke UGD RSPI yg lbh deket tp aq takut nnt campur sm pasien2 dewasa yg kritis *kl ke UGD RSPI pasti keinget sm alm. Bude Masis :'(* ……. akhirnya dibawa ke UGD BWCH, walopun jaraknya lbh jauh at least BWCH special pasien ibu hamil & anak2..

Slama perjalanan agak macet jd tmbh senewen, sampe2 pas di p4an Cipete si mas uda mw kusrh belok lg ke RSPI tp itung2 waktu & macet takutnya mlh lbh lama jd woooosh wooosh BWCH we’re comeeeeeiiing..
Smp UGD BWCH, dicek sm dr.jaga & ditermo tnyt panasnya naik lg smp 39,5C & tenggorokannya positif radang.. Ya Allah, gara2 ga mw makan kondisinya jd tmbh drop.. Akhirnya si mas lsg telp dr.Sander lg lapor kondisi terakhir & diputuskan malem itu jg utk kasih obat yg dimasukin lwt anus, ambil darah, infus & rawat inap…
Aaaaarrrrhhhh, tidaaaak!!!…
“Doook, apa ga ada cara lain selain infus? Emg hrs dirawat di RS? Ga bs dirumah aja?” Mbo’e mas Baron baru deh mulai panik! Aq tuh plg ga tega liat anak kecil dirawat di RS apalagi diinfus gitu… Kasiaaaaaan… Huuwaaa… :”( Dan aq tau mas Baron itu trauma kl liat org pake seragam2 dokter & suster, baru liat dr jauh aja udah crancky tingkat tinggi.. Karena dia taunya yg namanya dokter pasti mw suntik (imunisasi)…
Terbukti! pas suster mw taruh termo di keteknya aja, si bocah nangis jerit2 & berontak di gendonganku.. Sedih bgt :'(.. Apalagi pas mw diambil darah & infus… Haaaaduuuuuuuh.. Perjuangan bangeeeet!! Huwaaaaaa :”(
Kebetulan venanya dia tuh kecil sm kyk aq jd kl orgnya ga canggih pasti susah nemuinnya.. Kejadian kan pas di UGD, susternya uda sempet suntik jarum eeeh ga nemu venanya.. Padahaaaal walaupun lg sakit, tenaganya mas Baron itu kuat bgt… Saking kuatnya sampe dibedong pake sprei & butuh 3 orang buat megangin kaki, tangan, badan sm yg nyuntikin infusnya.. Aq usap2 kepalanya sambil ajakin ngomong & baca2 doa biar tenang.. *sambil nahan nangis of course :”(
Infus pertama di tangan sebelah kiri ga dapet.. Trus coba lagi di tangan sebelah kanan baru deh dapet.. Itu juga agak lama prosesnya karena mas Baron ga mw makan & krg minum jd darahnya kentel bgt.. Pas jarumnya disuntik darah ga lsg keluar tp harus diurut2 dulu smp keluar sedikit2 saking kentelnya… Astaghfirullah, ya Allah…
Selesai tragedi jarum infus, aq lsg ngomel2 ke si mas “POKOKNYA, besok2 ga ada lagi infus2an, rawat2an di RS segala.. Kalau bisa dirawat di rumah yaaa di rumah.. Titik!!”… Eeerrrggg *ibu singa keluar tanduk.. **singa kok b’tanduk?!** :S

Ga brp lama eyang sm om tantenya mas Baron dtg utk nemenin & liat kondisi cucu/ponakannya..

Sampe di kamar rawat inap, jangan dikira bisa lsg santai tinggal tidur yaaaa… Begitu pintu dibuka & mas Baron liat kasurnya, lsg nangis jerit2… Dikiranya mau direbahin utk disuntik lagi padahal kaaaaan mau tidur naaaaak, kita mau istirahat, bobo di rumah sakit… Huhuhuhu, kasian banget anakku :”(

Akhirnya diakalin dgn cara aq tiduran duluan di kasur trus dia direbahin di atas dada/badanku.. Jd sementara tidurnya tindihan gt menghadap ke TV *smbl nonton kartun* krn msh blm nyaman sm posisi infusnya & nunggu dia tenang dulu, adaptasi sm kamarnya..

Udah rebahan trus bisa langsung tidur? Tentu tidaaaaaak!! Karena apa? Setiap kali pintu kebuka & ada suster masuk kamar -either cm mw kasih obat atau mw termo atau mw ksh penjelasan ke aq/bapaknya- mas Baron lsg kebangun lg, panik ketakutan & meluk aq kuat2… Ya aaampiiiiuuuun…. Huwaaaa :”(
Akhirnya posisi tidur diubah jd kangaroo style.. Msh dgn posisi badannya mas Baron rebahan menghadap ke badanku & kepalanya dimiringin ke bagian kamar yg bukan menghadap pintu spy ga stress.. Lampu diremang2in.. TV dimatiin.. Smuanya diem ga blh ngomong, yg mw ngobrol/diskusi t’paksa diusir keluar.. 😀
Akhirnya sekitar jam 1an gt kita smua baru bs tdr nyenyak & bdnnya mas Baron pelan2 mulai aq turunin di kasurnya dgn aq tdr di sebelahnya.. Si ayah tidur di sofa..

Senin, 11.06.12 – Rabu, 13.06.12
Senin aq & ayahnya cuti kantor *yg ngaku byk pendingan, akhirnya cuti jg :(* alhamdulillah, partnerku uda masuk kerja jd bs titip2 pendingan *peluk cium mb.ndari*… Actually, aq cuti dr senin s.d kamis smp mas Baron bener2 sembuh total & mba’e dah balik dr Solo..

Senin pagi hsl lab dah kluar & mas Baron (+) kena parathypus.. Tanda2nya yaa panas tinggi naik turun itu.. Alhamdulillahnya ga ada keluhan lain spt muntah2 & diare jd yaa baru gejala tipes aja.. So far, trombosit normal, DBD (-).. Yg dibawah normal itu leukositnya & kadar bakteri salmonellanya cukup tinggi ‘9’ pdhl kl normal cm ‘5’..

Sm dr.Sander diminta rawat inap 3 hr, kl kondisi m’baik boleh pulang & istirahat di rumah.. Intinya sih kl anaknya mw makan sbnrnya ga perlu infus & bs rawat jalan aja.. Di RS dikshnya infus isi makanan, infus antibiotik (2x sehari) sm vitamin penambah nabsu makan..
Stiap kontrol & smbl browsing2 internet, aq tanya2 terus penyebab tipes itu apa tp bbg kemungkinan bs tjd di sekeliling kita.. Intinya sih kebersihan makanan yg masuk ke dalam perut kita.. Biasanya tipes itu timbul di lingkungan yg jorok & kotor, banyak bakteri.. Tp kl tnyt lingkungan kita uda bersih, peralatan makan kita bersih, perlu dicermati lagi kebiasaan anak pd saat makan.. Apakah tangannya abis pegang2 kotoran atau abis main di lantai trus jarinya diemut2 atau suka gigit2 mainan dll..

Smua temen2ku yg tau kabar mas Baron kena parathypus-pun byk yg gak percaya.. Kok bisa? Allahualam.. Yg terjadi terjadilah.. Aq cm bs ambil hikmahnya walaupun skrg jd sdikit “higienic paranoid”… Stiap mw makan & melakukan sesuatu jd kepikir terus, piringku uda bersih blm ya, tanganku td uda dicuci blm ya, masakannya td uda mateng bgt blm ya… Aaaaaarrrrrrgggghhh!! Tp untung ga b’langsung lama siiih… Uda mulai bs legowo skrg.. Cuek lagi makan2 di pinggir jalan, insya allah sehat terus deh.. Tp khusus utk perawatan mas Baron, smua peralatan makannya disteril lagi trus aq khusus beli dish dryer+sterilizer gede utk simpen alat2 makannya mas Baron… Yeeaa yeeaa just call me ‘higienic paranoid’ waaateevaaa…

Senin pagi kita pindah kamar yg lbh besar spy lebih lega, udara & cahaya lebih dapet, si ayah lbh nyaman tdr di sofa lbh besar..
Alhamdulillah, hari Senin mas Baron uda mulai mw makan biskuit SAJA! Panasnya msh naik turun.. 37-38C..
Kl sbelumnya cm mw mik putih, hr Senin itu mlh ga mw minum samsek.. Pagi sarapan 1 slice cracker – nen/tidur – bangun jam 10: 1 slice cracker – nen/tidur – bangun jam 12: 1 slice cracker .. Gitu terus smp malem.. Bdn msh lemes, cm tiduran aja di kamar… Dr Sabtu s.d Senin blum poop!

Selasa nabsu makan mulai tambah, sekali makan uda 2 slice cracker + 2 timtam/wafer.. B’fast, lunch & dinner makannya itu terus.. Jatah makan dr RS dimakan sm ibunya, enak ga enak ditelen aja, drpd mubazir… glek!! 🙂 tp pas dpt jatah kacang ijo for snack, alhamdulillah mw disuapin kuahnya aja bbrp sendok..
Mik putihnya baru mw sore2, itu jg karena kepancing liat aq mik lsg dr botol aqua jd dia maunya yaa mik putih dr botol aqua.. Akhirnya dibeliin sm si mas botol aqua kecil khusus utk minum mas Baron..
Panas mulai turun 36,5-37C, uda bs turun sendiri dr kasur & minta jalan2 di alley.. Kebetulan BWCH ini krn khusus RS ibu & anak jd suasananya dibikin ceria.. Di setiap pintu kamar dikasih icon binatang kyk kakatua, singa, dolphin.. wallpaper kamar warna/i motif mickey mouse.. Nurse counternya dibentuk kyk bis tingkat, ada karakter orang2 lg naik bis smbl ketawa dadah2.. Trus disediain jg mobil2an & kuda goyang little tikes di alley spy anak2 ga bosen di dalem kamar terus..
Namanya jg anak kecil yaaa, blum bisa ngomong, bisanya cuma nangis.. Jd kl dia minta sesuatu, aq cm bisa tebak2an aja maunya apa.. Disodorin biskuit mw? Ga mw.. Disodorin wafer mw? Ga mw.. Mik putih mw? Mauuuu… Begitu nangis lg.. Biskuit? Wafer? Mik putih? Mobil? Ga mw semua.. Taunya minta breastfeeding… Halaaaah.. Tebak-tebakaaaan teros 3 harian itu.. Kl maunya ga diturutin secepatnya bisa crancky beraaaaatz, apalagi mwnya cm sm aq aja, jd kl ada org lain di deketnya yg dia merasa ga nyaman, haduuuh teriakannya bikin capedeeee..
Sabaaaaaaaaaaaaar…

B’hubung infusnya dipasang di tangan kanan jd aq tidurnya slalu miring ke kanan, mas Baron miring ke kiri (smbl breastfeeding of course).. Trus kl uda PeWe di 1 posisi tidur, aq pun hrs diem jd patung, ga blh gerak2, gerak kaki/tangan sedikit pasti kebangun kecuali mas Baron uda tdr nyenyak bgt mulutnya nganga gt baru deh aq bs gerak pelan pelaaaan bgt utk pindah posisi atau turun dr kasur.. Kl utk nahan laper, haus, blom mandi sih aq msh bisa deh yaa tp kl uda urusan kebelet pee/poo manatahaaaan, t’paksa deh b’doa extra keras spy moment2 itu dtg disaat si bocah uda bener2 lelap…. Fiuuuuuuh, duuut 😉

Pernah suatu kali pas tggl aq b2 sm ibu mertoku, abis maem biskuit trus mas Baron minta sesuatu yg aq gatau apa, lsg nangiiisss sejadi2nya.. Jerit2 + loncat2 kesel gitu *berot2 kl org jawa blg*.. Digendong ga mw, ditidurin ga mw, diksh biskuit lg ga mw, diksh minum ga mw, disetelin TV ga mw, diajakin jalan2 mobil2an ga mw juga, digendong eyangnya jg ga mw.. Aselik rempooooong.. lama2 krn kecapekan sendiri jg, akhirnya mw ditidurin smbl breastfeeding…
Yeaaa, breastfeeding udah andalan banget deh.. Anak diem & nyaman, ibupun tenang… *ksh jempol*

Hari Rabu alhamdulillah panasnya uda normal 36,5C sejak selasa malem.. Makannya makin banyak walau msh dgn biskuit & wafer + air putih.. Siang, lumayan mw disuapin nasi soto 2 sendok.. Sorenya setelah dr.Sander kontrol, dilliat kondisinya m’baik, dinyatakan blh pulang.. Dikasih obat antibiotik smp hr Senin sm vitamin penambah nabsu makan..

Huuuuuuyyeeeeaaaaaa, mas Baron boleh pulaaaaaang… *goyang dangdut koprol* \(^o^)/

Kebetulan rabu pagi, si ayah dinas ke bandung jd aq pulang sm para eyang.. Alhamdulillah si mbak, siang uda sampe.. Smp rumah, langsung panggil mbok pijet.. Ibunya mas Baron mw kerokan dulu, baru berasa badan rontok qkqkqk.. Mas Baron bhubung msh blm sembuh bgt, ga mw lsg dipegang sm si mbak, tetep mw nggendol aja sm ibunya.. Jd sore itu pas lg pijet, mas Baron minta jatah breastfeeding jd kerokannya smbl breasfeeding deeeh… Hahaha… Multitasking mama 😀

PeeRnya mas Baron: hrs makan banyak, minum obat, istirahat, jaga kebersihan & poop.. Iya poop, soalnya dr hari Sabtu blum pup samsek.. Alhamdulillah pipis tetep lancar walau b’kurang volumenya.. Semangaaat maas, supaya cepet sehat & bisa maen lagi..

Kamis, 14.06.12
Hari Kamis walaupun uda dirumah tp aq msh cuti krn mw liat perkembangan kesehatan mas Baron dl.. Pagi2 aja aq uda bawa mas Baron ke RSPI krn Rabu sore abis minum antibiotik kok pipinya tau2 merah2, badannya bruntusan depan belakang kyk alergi obat gitu.. Tp pas diperiksa dr.sander itu bruntusan bukan krn alergi tp reaksi badan utk menangkal bakterinya.. Didiemin aja nnt 3 hr jg sembuh sendiri.. Yaa mudah2an ga ada apa2 lagi yaa dook…
Smp d rumah, pelan2 sm mba’e dipancing2 utk makan.. Pertama2 biskuit dl.. Trus dicampur sedikit bubur nasi lembut.. Trus siang dicoba susu UHT msh blum mau.. Mukanya masih loyo, ga b’semangat, matanya sayu, seharian maunya digendong, liat temennya main diluar aja ga nabsu, soooo plain…
Sore pas mba’e lg makan nasi pake tahu tiba2 dia minta.. Yaudah dikasih buburnya pake tahu.. Alhamdulillah ada perkembangan bagus.. Smoga bsk lebih baik lg..

Jumat, 15.06.12
Setelah 4hr cuti, hr ini aq masuk kantor krn mas Baron uda membaik kondisinya, uda mw dipegang sm mba’e lg.. Tp di ktr tetep pantau terus via telpon.. Alhamdulillah kt mba’e hr ini makannya lbh banyak dr kemarin, mw minum UHT & jus, uda poop 2x, malah uda mw makan nasi pake ceplok telor tp putihnya aja gara2 liat mba’e makan pake telor ceplok mas Baron kepengen… Waaaaw, jd slama ini salaah kira, mas Baron tnyt cm alergi kuning telor aja, sdgkan putih telor gpp *tepok jidat*.. Yauda mulai dicobain dikit2 deh, smg dgn b’tambah usia, alergi kuning telornya pelan2 mulai hilang..

Well well, tragedi parathypus kemarin itu bener2 sesuatu bgt.. Kupikir anak ASI itu bakal kebal sakit tp tnyt salah.. *Emak terlalu pede*.. Sakit itu bisa dialami siapa aja t’utama kl kondisi anak lg lemah.. Mudah2an sih teoriku bener yaa kl anak/baby ASI yg ngalamin sakit bs lbh cepet recoverynya, kadar sakit ga tll parah & more bonding slama skin to skin contact breastfeeding dgn ibu..

Insya Allah kedepannya ga akan ngalamin sakit yg lebih parah & ga’ perlu dirawat di RS lagi… Bye bye doc, bye bye nurse, bye bye infus, bye bye antibiotic.. Don’t come near mas Baron again yaaa.. May Allah SWT always give mas Baron health & strength.. Aamiin..

♥ shinta daniel – almost becoming higienic paranoid mama ♥

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

One thought on “1y8m Baron – Parathypus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s