Posted in Pregnancy Journal

Journal of a pregger seri 7 – 5,5 bulan (kram betis)

Seiring b’tmbh’y usia kandungan, naik’y berat badan,perubahan hormon & besar’y ukuran perut secara fisik kondisi kaki bumil mkn rentan dlm menopang bobot tubuh.. Salah 2 diantara’y adl bengkak & kram.. Dlm kasus yg sy alami telapak kaki bengkak krn tll byk jalan & kram betis krn kdinginan kesemprot AC dan kecapekan..

Utk kaki yg bengkak biasa’y bs lsg disembuhkan dgn cara:

  • berendam di air hangat yg ditaburi garam
  • kurangi asupan garam
  • pd saat tidur kaki’y ditopang pake bantal shg posisi lbh tinggi dr badan
  •  byk istirahat/jgn tll byk jln

Utk kram betis ada artikel yg cukup bagus yg mw saya share dr http://kehamilan.klikdokter.com

Kram betis biasa’y b’lsg slm bbrp menit, namun pd bbrp kasus dpt b’tahan smp 10 menit. Biasa’y kram ini muncul pd saat b’istirahat – umum’y malam hari wkt tidur. Penyebab primer umum’y tdk diketahui. Satu teori menyebutkan bahwa kram muncul ketika otot yang sudah berada posisi memendek, distimulasi utk b’kontraksi. Krn otot tsb sdh dlm keadaan memendek, kontraksi (pemendekan serabut otot) lbh jauh lagi akan menyebabkan otot tsb spasme. Hal ini umum’y tjd pd malam hari, saat tiduran dmn posisi lutut sdkt t’tekuk, dan kaki sdkt m’hadap bawah. Pada posisi ini otot betis relatif memendek & lbh rentan t’hdp kram. Karena itu latihan stretching dpt mengatasi masalah ini.

Penyebab sekunder biasa’y berupa:

  • Kerja otot betis yang tll berat karena b’olahraga, t’utama bila dekat waktu tidur. Olahraga yg b’lbhan menyebabkan penumpukan asam laktat pd otot shg energi tdk dpt masuk.
  • Keadaan dehidrasi
  • Konsumsi alkohol yg b’lebih
  • Kurang’y kadar kalium, kalsium, magnesium & mineral-mineral lain dlm darah
  • Kekurangan vitamin B
  • Kondisi dehirasi (kurang cairan dlm tubuh)
  • P’gunaan obat-obat tertentu, spt antipsikotik, diuretik, statin, dan steroid
  • Memiliki telapak kaki yg datar
  • Menderita gangguan tiroid (ketidakseimbangan hormon), diabetes, atau hipoglikemia.
  • Gangguan pembuluh darah perifer, energi tdk sampai ke otot.
  • Udara kamar (AC) tll dingin. Pd saat dingin, pKbuluh darah mengkerut utk m’pertahankan panas dlm tubuh, akibat’y suplai darah ke otot pun b’kurang, shg energi tdk smp ke otot.

Bbrp cara utk m’cegah kram betis:

  • Minum banyak cairan tiap hari (minimal 8 gelas per hari)
  • Batasi konsumsi alkohol atau kafein, krn dpt m’buat kita dehidrasi (tubuh kehilangan banyak cairan).
  • Makan makanan yg kaya mineral kalsium, kalium & magnesium spt buah-buahan (pisang, anggur, jeruk) dan sayuran, kentang, jagung, tomat
  • Konsumsi suplemen kalsium (Calc)
  • Regangkan otot betis bbrp menit sblm tidur (tarik jari-jari kaki ke arah lutut, tungkai dlm keadaan lurus). Untuk mKhentikan kram saat terjadi, Ibu dpt b’jln keliling kamar, regangkan otot dgn cara yg sama spt di atas, atau kompres hangat atau dingin.

Jika dgn cara-cara p’cegahan dan penanganan di atas, kram terus muncul, sebaik’y Ibu berobat ke dokter utk disingkirkan penyebab kram yg lain

Semoga bermanfaat..

♥ shinta daniel – young sexy mommy wannabe ♥

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s