Posted in Daily stories

Bukaaan basa basi..

Kali ini saya mw crita soal basa basi.. Biasanya basa basi banyak dilakukan oleh prempewi atau lebih tepatnya Ibu2 (dalam konteks ini basa basi yang bener2 ‘basi’ atau ‘gak penting’ bukan basa basi utk kep. Bisnis serius)

Sore ini sepulang dr ktr & baru aja turun dari jaguar saya , saya dibasabasiin teman Ibu yg sdg main k rmh.. Komentarnya “aduuuh mbakShinta masih langsing aja”….

Aaaaaiiiiiiihhhhh masa’ siiiih, makasih ya tante **senyum paling manis mengembang di bibir lebaaaaar sekali, criiiiiiiink**.. Langsung ngelirik ke mas Daniel cari pembenaran.. “Tuh kan saaaaay, aku msh langsing” (katanya katanya).. 

Sssssssst, jgn sampe tante itu tau kalo body yg dibilang langsing ini uda naek “x” kilo sejak menikah 10bln lalu.. Uda naek “2x” kilo sejak 10thn lalu pas masih jd anak kos di Bali slm 1 tahun.. Uda nambah size 1 nomor.. abis menyantap iga bakar cibulan 1 rusuk besar, 1 mangkok bubur ayam barito & 2 potong martabak manis coklat kijuuuu.. Hiyaaaaaaaah…. Sssssssst….

Tapi yg namanya basa basi gak sampe disitu aja.. kadang saya suka bingung yang namanya basa basi itu jujur adanya gak sih atau jujur kacang ijo atau jujur ayam barito yg baru saya makan sore ini ya….. **itu bubur dodoooool** qkqkqk … yah beda tipis laaaah jujur sama bubur  kan sama-sama encer, gampang ditelen, skali glek langsung kenyang tapi abis itu cepet laper lagi… hehehe…

dan kadang saya sendiri suka bingung kalau mau basa basi harus pilih kata2 yang gak menimbulkan perasaan tersinggung atau paling tidak gak menimbulkan perbedaan persepsi bagi yg menerimanya… soalnya saya pernah punya pengalaman dlm waktu yg bersamaan (cuma beberapa jam saja).. seorang partner kerja yg gak ketemu sama saya seminggu lamanya tanpa kontak sama sekali bilang “mbak, kurusan ya, pipinya tirus?”… dan saya jawab “masa siiih padahal abis wisata kuliner loch, hmm mungkin efek potong rambut ala rihanna kaleee”.. **sssaaaah, pembelaan yg sangat canggih….**

beberapa jam kemudian partner kerja saya yang lain yg tau kalo saya abis wisata kuliner dari Solo selama seminggu bilang “Yaaaolooo Shin pipimuuuu lebaaaaar..” …. DUWEREWEREWER…. Heellloooowww ini yg bener yg mana sih… yg jujur mana, yg bubur mana… realitanya sih Alhamdulillah walaupun makan saya sangat sangat sangat banyak dengan yg manis & bersanten tapi timbangan masih bersahabat sama saya.. gak bergeser seinchi-pun…

bisa jadi background, kondisi yg berbeda dari kedua basa basi-ers juga bisa mempengaruhi komentar / pandangan seseorang terhadap sesuatu / orang lain….

basa-basi yang membuat saya bener-bener ngerasa basi adalah pertanyaan yg sifatnya ngobok2 personal life (pernah saya bahas sebelumnya di ( http://shintadw.multiply.com/journal/item/300/menjadi_wanita_tidak_akan_ada_habisnya.. ):

Saat menjelang remaja ~ Uda haid blm?
Saat remaja ~ mau kuliah dimana? Uda punya pacar belum?
Saat lulus kuliah ~ mau kerja dimana? uda punya “calon” blm? kapan nikah?

S
aat uda punya kerjaan ~ mana “calonnya? kapan nikahnya?

Saat uda punya “calon” ~ buruan nikah, nunggu apa lagi?
Saat uda menikah ~ kapan punya anaknya?
Saat uda punya anak ~ kapan mau kasih adiknya?
Saat adiknya uda lahir ~ masih mau nambah anak lagi gak?
Saat anak mulai dewasa ~ anaknya uda punya pacar belum? Kapan besanan? Kapan punya cucu?

Dan seterusnya dan seterusnya dan seterusnya dan baru akan berhenti disaat saya meninggal dunia nantinya..

Untuk basa-basi yang sifatnya umum mungkin merupakan hal yang biasa dan penerimaan setiap orang juga biasa bahkan cenderung bisa menjadi awal mula dari suatu diskusi atau perbincangan yg hangat, mengalir & penuh canda tawa… tapi kalau basa-basi itu menyangkut hal-hal yg bersifat pribadi & (saya ulangi) menimbulkan persepsi yg berbeda / ketersinggungan di pihak lain, repot deh  jadinya.. bahkan bisa pecah perang dunia.. apalagi kalau basa basi ini ditujukan ke kaum prempewi yg cenderung sensitif & reaktif… hmmm, rasain sendiri deh akibatnya…

 Prempewiii.. prempewiii.. don’t mess with prempewii especially about the physical appearance or else your entire life will be ruined by your ownbasa basi

Mengutip dari blog saya sebelumnya… Sikap/jawaban yg tepat mungkin bisa dilakukan apabila kita pernah mengalami/melewati pengalaman hidup yg cukup beragam.. Yeah, life is a journey, right?..

Tapi kalau pengalaman kita masih minim, sikap (klasik) yang cukup bijak/dewasa untuk menjawab pertanyaan2 itu adalah “mohon doa restunya, terima kasih atas perhatiannya, sedang diusahakan dan…. Tetap dengan senyum paling lebar dan manis sedunia…**walaupun hati dongkol & diblakang punggung dah nyiapin sebilah pisau untuk siap ditusuk** 

 Jadi lain kali kalau mau basa basi jangan lupa “think first before u act” , lihat situasi, mood & suhu udara pas lagi dingin/hujan, diangetin dulu di microwave supaya gak basi & tetap hangat utk dibicarain..

  Shinta: maybe sometimes Silence is better than gold

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

