Posted in Culinary therapy, Travel stories

Kuliner Solo I Tahu Kupat / Tahu Guling

Kamis, 07.05.09 • Tahu Kupat / Tahu Guling


Tahu Kupat / Tahu Guling katanya sih asalnya dari Magelang tp versi Solo juga ada. Mirip sama tahu acar tapi tanpa acar timun & ditambah dgn ketupat & karak/krupuk gendar. Isinya ketupat, mie kuning dicampur dgn potongan tahu & tempe goreng, toge, irisan kubis, potongan bakwan.. diatasnya ditaburi kacang lalu disiram dengan kuah berwarna coklat seperti kuah utk tahu telor yang pekat.. bahan kuahnya dari rebusan air (atau bisa juga hanya di’gongso’ *maaf ya pake istilah jawa*) campur gula jawa, sedikit garam, cuka & irisan bawang putih lalu diaduk hingga rata & matang.. Kalau mau agak pedes bisa ditambah irisan cabe & dicampur dgn kuahnya..

Abis makan tahu kupat siap2 sikat gigi / makan permen mint buat ngilangin rasa & bau bawang putih yg bikin ‘mendhem’..

**Hah.. Hah.. Dah wangi kaaaan.. ** ;P

jeng Shinta melaporkan dari pasar Laweyan

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s