Posted in Travel stories

Journey to Solo – Day 5 I Desa Cepogo, Boyolali

Selasa, 05.05.09 • Desa Cepogo, Pusat Kerajinan Tembaga & Kuningan

Setelah beberapa hari ini crita ngalor ngidul soal makanan khas Solo, kali ini saya akan cerita ttg ciri khas kota Boyolali yg sering kami lewati..

Kota Boyolali ditempuh dgn mobil ± 1 jam dari Solo (dalam kondisi normal & gak macet). Berdasarkan sejarahnya kata “Boyolali” sendiri berasal dari ucapan Ki Ageng Pandang Arang “Bayawis Lali Wong Iki” yang artinya “Apa sudah lupa orang ini”.. Sejarah lengkapnya bisa liat di situs resmi pemkab Boyolali http://http://www.boyolalikab.go.id

Kota Boyolali terkenal sbg daerah peternakan sapi ‘gemuk’ yg dpt dimanfaatkan daging & susunya. Harga rata2 1 sapi gemuk berkisar Rp.25 Juta.. Jd gak mungkin kalau saya beli buat qurban Idul Adha.. Mahal beeet bo’..
Daging sapi gemuk biasa dipakai utk steak (kualitas lokal), abon & dendeng.. Makdarit banyak toko abon & dendeng sapi di sepanjang jalan utama di pusat kota sbg oleh2 / konsumsi sendiri.. (Mudah2an bener2 dr daging sapi ya, bukan daging yg lain.. Bismillah aja deh)

Selain itu Boyolali juga terkenal sbg pusat kerajinan tembaga & kuningan dan hari ini kami berkesempatan datang kesana utk liat2 tp akhirnya belanjaaa jugaaa.. Abis gimana dooonk, bagus2, murah2 & laper mata booo’.. **it’s triple much better than having a loooong queing just to buy a pair of Croc sale last month on Sency** 

Tapi jgn harap bisa menemukan butik2/galery2 di spanjang pusat kota karena pusat kerajinan tsb tepatnya ada di Desa Cepogo 20 km dr pusat kota Boyolali dan ada di dalam rumah2 penduduk. Kalau dari arah kota Solo, belokan ke arah desa Cepogo ada di perempatan (atau istilah orang Boyolali “bangjo” alias “abang ijo” alias “lampu merah hejo”, hahaha lucu ya, supir saya yg org Sunda smp bingung.. “Bangjo teh naon mbak?” tanyanya.. Dan kujawab aja bangjo itu adeknya bang Dul kknya bang Samiun.. Bwakakakak).. Yang ada tugu Tembaganya.. Tapi berhubung jalan itu sering 1 arah dr arah berlawanan maka bisa jg belok kiri dari bangjo sebelumnya.. Setelah belok kiri nanti tinggal teroooos aja ikutin jalan smp 20km ada plang “PUSAT KERAJINAN TEMBAGA & KUNINGAN” ambil jalan ke kanan yg agak turun trus teroooos lg smp ada jalan bercabang 2 ambil jalan ke kanan lagi… Trus terooos lagi smp nemu galery/rumah penduduk yg jual kerajinan tsb.. Biasanya di stiap rumah yg jual ada plang nama..

Oiya, di spanjang jalan menuju Cepogo ini banyak perkebunan, persawahan, peternakan sapi & ayam, jd kalau mw mampir dulu liat sapi, monggo looch ;)..

Setiap toko tembaga & kuningan punya ciri khas/specialisasi masing2, toko langganan kami namanya;
– toko “AMIK”, simple modern minimalis, 0276-323268, amik_copper@yahoo.co.id
– toko “Muda Tama”, ukiran tradisional kembangan/daun2an, 0276-323456


Bentuknya macem2 mulai dr tmp lilin, vas, cermin, mangkok, toples, gentong, bokor, asbak, lampu dinding, lampu meja, lampu gantung, logo & nama perusahaan, wastafel, bathtub, patung, kaligrafi dll… Selain tembaga (kemerahan) & kuningan (kekuningan) ada juga dr bahan aluminium (keperakan) tp msh sedikit jumlahnya

**juwewewewew mata mulai liar pengen borong smua dibawa k Jakarta, lontoooong..eh, toloooong**



 

 

 

 

 

Adapun toko “Muda Tama” Milik Pak Supri Haryanto pernah dapet penghargaan Upakarti karena telah berhasil mengembangkan usaha mikro kecil & menengah di bidang tembaga & kuningan.

Berdasarkan hasil interview dgn pengrajinnya (beegh lagaknya dah kyk detektip conan aja ni hehe), bahan baku tembaga & kuningan sendiri berasal dari Jayapura kemudian diekspor ke Amerika & Eropa utk diolah menjadi lempengan2 tembaga & kuningan yg berkualitas lalu diimpor lg ke desa Cepogo ini utk diproses & dikreasikan menjadi barang2 yg punya nilai seni & berdaya jual. Model2/bentuk ukirannya sendiri hasil karya para seniman Cepogo tp sebagian besar merupakan desain pesanan dari orang asing atau hotel2 di Bali & Yogya.. Salah satu hasil karyanya adl lampu gantung besar yg ada di terminal 1 Bandara Soekarno Hatta..

Toko2 disini rata2 tidak banyak yg menjual ke pameran karena mereka lebih fokus ke penjualan ekspor & sangat bergantung pada sistem pemasaran “word of mouth” aja kyk yg saya lakukan skrg ini.. Khusus toko “Amik” sudah menyediakan CD katalog produk yg bs dibawa pulang.. Jd biasanya yg dtg ksini adl rombongan wisata Bapak/Ibu dari Departemen, Pemda, Kepolisian, arisan maupun keluarga..

Perawatan barang2 dr bahan tembaga & kuningan agak susah2 gampang.. Harus sering dibersihkan dgn lap kering aja, diusahakan gak kena air apalagi air garam krn akan merubah warna, kl sdh agak pudar boleh di”braso”.
Soal harga relatif tergantung dari besar kecil barang, ketebalan bahan & tingkat kerumitan proses pembuatannya.. Tapi yg pasti lbh murah jauh dibandingkan beli di butik2 di Jakarta, Jogja atau Bali.. Mulai dari Rp.100rb hingga jutaan.. Tapi tenang aja boleh ditawar kok, apalagi kl beli banyak & ada delivery ordernya sampe ke rumah baik diluar kota, luar pulau bahkan sampai ke luar negri..

Catatan: pembayaran hanya bisa dilakukan dengan CASH!!!

Jadiiiii sekarang berhubung lg bawa uang BANYAK *preet*.. aku mw pilih2 dl, mw ngeborong dl buat isi rumahku, oleh2 buat Ibu mertoku & kk iparku sm orang2 yg baik sama aku.. 

Hmm, mulai darimana yaaaa… Vas itu ok.. Mangkoknya jg bagus.. Atau gentong jinny ini lucu juga.. Eh, tapi lampu itu keren banget ya.. Aduuuuh, binguuuuuung.. “Mbak, kubeli semua setoko2nya deh, sm mbaknya kubawa sekalian jg gpp deh buat bonus”…. Bwahahaha.. 

**tolooooong, aku kalaaaaaaaaaaaap**

Btw, uda cocok jadi mentri pariwisata belum? Atau jadi tour leader? Qkqkqk.. Kalau bukan kita yg mempromosikan pariwisata & budaya daerah kita sendiri, lalu siapa lagi??

 jeung Shinta melaporkan dari Desa Cepogo, Boyolali

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s