Posted in Beauty Talk, Daily stories, Fashion

Kartini & Kebaya

Jakarta | Hari Kartini 21.04.2009 | dendong cantiq & berkebaya bak putri solo

Kemarin siang lewat ‘halo-halo’.. Seluruh karyawan di kantor pusat & cabang dihimbau (lebih tepatnya diwajibkan) pakai baju tradisional/daerah di hari Kartini.. Seketika, pengumuman itu menimbulkan gejolak reaksi yg gak saya duga sebelumnya.. Banyak sekali penolakan atas ritual ‘kebayaan’ tsb..

Padahal waktu dulu masih di cabang, ritual kebayaan di hari Kartini maupun hari Pelanggan Nasional sudah jadi hal yg lumrah & menjadi ‘biasa’.. Bahkan jadi hari yang ditunggu2 krn kita bisa dendong lbh cantik dr biasanya, bisa pamer kebaya model terbaru, kesempatan buat narsis ria (putu2 deh kita).. malah pernah beli bahan kembaran se-frontliner warna meyah gonjreng asik mampus getoh & of course to have fun.. Special moment yg dtg 1x setahun gak bakal disia2in asal tim kita kompak, solid & positif thinking..

Beberapa ‘grundelan’ yg saya dengar..

Ibu A; ngapain sih musti pake kebaya, ribet bgt.. Mustinya yg di cabang aja yg pake kebaya kan mereka yg langsung ketemu sama nasabah.. **ssst, jgn kenceng2 bu, nanti teman2 di cabang ada yg tersinggung**

Bapak B; repot2 amat kita ni.. Pake kemeja batik ajalah.. kan uda berbau daerah tuh.. **halah alesan**

Si Mbak Z; duuuh rese ni, knapa sih musti kebayaan segala.. Gak ada kerjaan banged..

Dan komen yg paling lucu dateng dari ibu S…

Ibu S; knapa sih hari Kartini slalu identik sm kebaya? Apa gara2 Kartini pake kebaya juga? Dulu kan Kartini enak, pake kebaya tapi gak kerja kantoran.. Dirumah aja gak ngapa2in.. Lah ini kita berangkat kantor pake angkot trus kerja seharian mondar mandir meeting sana sini suruh pake kebaya, gimana ceritanya tuh.. Bla bla bla bla…

Bwahahahahahahahaha.. Kocak banget si ibu, ngedumel molo…

………….. Dan Kartinipun menjawab dari surga (diiringi backsound Sabda Alam by Ismail Marzuki; buat yg mw karaokean lirik bisa dilihat dibawah notes ini);
“Yagela aja yalow, hare gene gag mw pake kebaya?!?!?.. Lo pikir gw demen pake kebaya?!?!?.. Kalau gw bisa milih, gw mendingan pake clana skinny jeans sm tank top tali spaghetty shocking pink plus kecemete item blinky, bisa skalian ngeceng sm meneer-meneer Holander.. **Waduh Kartini apa Julia Perez ya ni??**
Peduli amat soal kebebasan wanita.. Kesetaraan gender.. Gw cuma pengen belajar.. Sekolah..
Lu enak kebayaan naek angkot, bisa lirik2an sama si kenek.. Gw dulu mw sekolah aja musti berjuang di balik senapan, cacian, makian.. Jalan kaki berkilo2 jauhnya, paling banter naik sepeda ontel kadang kereta kuda..
Mendingan gw biarin aja wanita2 di jaman gw itu berteman dengan abu, bumbu & debu.. bukan dengan buku..
Mendingan gw biarin aja yang ‘gelap’ menjadi tetap ‘gelap’ dan membiarkan kalian para wanita “jaman sekarang” untuk mencari ‘terang’nya sendiri….
Sekarang kalian tinggal nikmatin emansisapi yg gw perjuangkan dulu, uda bisa naik angkot, duduk semeja, bs ngupi2, chatting, kongkow, ngedisko (hura hura!!), cela2an, tampar2an.. BARENG SAMA LAKI-LAKI..
Malah gw denger dari para malaikat gw.. Uda banyak wanita yg ‘menjajah’ laki-laki.. Betapa nikmatnya.. BRAVO!!!!
Seandainya gw bs jadi…KARTINI MASA KINI yang udah bs nikmati ‘terang’ dunia.. Bahagianya!!”

Backsound Sabda Alam by Ismail Marzuki;
…. Diciptakan alam pria & wanita
…. Dua makhluk dalam asuhan dewata
…. Ditakdirkan bahwa pria berkuasa
…. Adapun wanita lemah lembut manja

…. Wanita dijajah pria sejak dulu
….. Dijadikan perhiasan sangkar madu
….. Namun ada kala pria tak berdaya
….. Tekuk lutut di sudut kerling wanita….

♥ SELAMAT HARI KARTINI ♥

☺ Shinta lagi kesambet arwahnya Kartini.. Tapi Kartininya langganan dugem di X2 kyknya nih..liar.. ;p..

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s