Posted in Daily stories

Dolanan anak

Beberapa waktu yang lalu Mbak Ati dari Batavia Art Festival tanya soal maenan anak-anak dari Betawi untuk ditampilin di Batavia Art Festival berikutnya.. langsung kepikiran maenan yang dulu sering gue maenin waktu kecil.. emang dasar jaman kecil mbeling & doyan banget keluar rumah.. abis dulu kan belum ada PS.. paling juga ada Atari, video games & Nintendo, itu juga baru punya pas jaman SMP… ‘n paling jago cuma main Mortal Combat, popeye & Mario Bros..xixixi… ini dia mainannya (dikumpulkan dari berbagai sumber)..

– Engklek/teklek… permainan ini berbentuk kotak-kotak yang menyerupai tanda tambah. Kita sebagai pemain memegang sebuah pecahan eternit/asbes untuk dilempar ke masing-masing kotak trus lompat ke dalam kotak-kotak itu

– Gasing…. permainan dari bambu/kayu berbentuk bulat & lancip dibagian atas, lalu diikat pake tali.. lalu tali tersebut ditarik sehingga gasing berputar di lantai.. gasing yang bagus akan mengeluarkan suara mendesing yang keras dan kadang2 sampai mengeluarkan percikan api karena putaran gasing mengalami gesekan dengan lantai..

– Cublak-cublak suweng… cublak cublak suweng, suwenge seng gelenter.. mambu ketumplek gudel, takjentul lelalelo sopo guyu delek ake sir sir pong udele bodong…

– Congklak..

– Gobak sodor/galasin… permainan ini terdiri dari dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 3 – 5 orang. inti permainannya mencegat lawan supaya gak bisa lolos ke baris terakhir. Biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis.

– Bola Bekel

– Kelereng

– Umbul/gambaran.. permainan ini bisa dilakukan minimal 2 orang s/d banyak orang.. setiap orang punya kartu yang berisi gambar (biasanya  gambar karakter jagoan/kartun/idola).. trus gambaran itu diumbul/dilempar ke udara.. ada juga yang caranya gambar itu ditempel ke telapak tangan trus diadukan ke telapak tangan temannya… pada saat gambar itu jatuh
dilantai, kalau gambarnya menghadap keatas berarti dia yang menang.. untuk yang kalah berkewajiban memberikan gambar tadi ke teman yang menang.. nanti endingnya dihitung dari banyaknya gambar yang dimenangkan/dikumpulkan..

– Dampu.. permainan batu yang disusun sedemikian rupa dan kita berusaha menjatuhkan susunan batu itu dengan menggunakan batu lain yang diletakkan di kaki kita.

– Benteng… terdiri dari dua tim. intinya adalah memasuki benteng lawan dengan menyentuh baris pertahanan mereka. Biasanya yang dianggap sebagai benteng adalah sebuah tiang yang dijaga oleh beberapa orang dan kita berusaha untuk menyentuh tiang itu.

– Kasti.. biasa dimainin pake bola tenis & gagang sapu sebagai pemukulnya..

– Gebokan.. kalau sekarang nama kerennya Dino boy

– Boneka2an & pakaian yang dari kertas (dulu belum ada barbie).. aku sih nyebutnya bongkar pasang.. kalau leher bonekanya gak putus gak berenti main :D…

– Pasaran/masak-masakan.. alat2nya biasa beli di abang2 pinggir jalan di sekolah.. trus masaknya pake daun2an, bunga, biji2an, dan parasit yang warna kuning panjang untuk bakmi….

– Kartu remi.. kalau permainan ini banyak versinya kan..minuman/kocokan/cangkulan, 41, seven scoop dll

– Permainan yang memerlukan kemampuan berpikir… Monopoli, catur, dam-daman/otello..

– Biji karet… permainan mengadu kekuatan biji karet. Dulu biji karet dijual dengan harga Rp.25,- s/d Rp.100,-..

– Karet Gelang.. ini biasa dimainin sama anak-anak cewek dengan menyusun/mengikat karet gelang dalam jumlah besar, ada beberapa macam :

1. Skipping : Kedua ujung karet dipegang oleh 2 orang (atau salah satu diikat ke batang pohon) lalu diputar. Teman yang lain akan melompati tali yang diputar itu (seperti olahraga skipping) dengan hitungan tertentu.. malah kalau diluar negri permainan ini dilombakan secara nasional dengan berbagai gaya lompatan.. mulai dari lompat biasa, jongkok, satu kaki dll..

2. Lompat tali : Kedua ujung karet dipegang oleh 2 orang (atau salah satu diikat ke batang pohon). Teman yang lain akan melompati tali itu, makin lama makin tinggi, mulai dari semata kaki, sedengkul, sepaha, sepipis (ups sorry but this is what we call it), sepuser, sedada, sedagu, sekuping, sekepala, sejengkal…

– Ular naga panjang.. yang ada lagunya Ular Naga Panjangnya Bukan Kepalang, Berjalan-jalan selalu riang gembira…umpan yang lezat itulah yang dicari, ini dianya yang terbelakang…

– Yoyo

– Petak umpat (hide ‘n see).. 

– Tebak-tebakan/Gantungan.. permainan ini sifatnya tebak-tebakan (udah ketauan dari judulnya).. bisa nama artis/lagu/daerah/benda.. nanti disebelah kiri titik-titik yang harus diisi disediakan tempat untuk menggambar orang gantung diri.. kalau ada teman yang gak bisa nebak akan dihukum berupa gambar.. kalau gambar tersebut udah menggambarkan orang
gantung diri berarti dia yang kalah…

– Catur Jawa..

apalagi ya??

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s