Posted in Daily stories, Health

Stress Management

Kemarin sharing forum di kantor, bintang tamunya Prof.Dr.dr.H.Dadang Hawari, Psikiater.. topiknya tentang Manajemen Stres, Cemas dan Depresi.. waduh berat banget yak… apa iya orang-orang di kantor tuh pada stres semua ya.. sampe perlu dikasih bahasan kayak gini..tapi pas pak Dadangnya njelasin sih, pada ketawa semua tuh.. maksudnya menertawakan diri sendiri .. secara singkat, yang dijelasin pak Dadang khusus mengenai Manajemen Stres sbb :

Stress : respons tubuh yang sifatnya non spesifik terhadap setiap tuntutan beban atasnya (stresor  psikososial). Gejala stres didominasi oleh keluhan-keluhan somatik.

Cemas : respons psikologik terhadap setiap tuntuan beban atasnya (stresor psikososial). Gejala cemas didominasi oleh keluhan-keluhan kecemasan (ketakutan, kekhawatiran dsb)

Depresi : respons psikologik (mood) terhadp setiap beban atasnya (stresor psikososial). Gejala depresi didominasi oleh keluhan-keluhan psikologik (kesedihan, kemurungan, hilangnya semangat hidup dsb)

Dalam pengalaman praktek gejala stres, cemas dan depresi seringkali tumpang tindih

DIAGRAM STRESS

Stresor psikososial (perkawinan, oprang tua, antar pribadi, pekerjaan, lingkungan, keuangan, hukum, perkembangan, penyakit fisik, faktor keluarga, trauma dsb) –> susunan saraf pusat (sistem limbik, sinyal penghantar saraf) –> kelenjar endokrin (hormonal, kekebalan) –> stres, cemas, depresi

KEPRIBADIAN

Kepribadian Tipe “A” resiko tinggi terkena stress :

Ambisius,  kurang sabar, terlalu waspada, bicara cepat, bekerja keras, kepemimpinan otoriter, one man show, waktu kaku/non fleksibel, pergaulan “hostile”, pengaruh kaku, obsesi pekerjaan, non under control

Kepribadian Tipe “B” resiko tinggi terkena stress :

Ambisi, sabar, waspada wajar, bicara kalem/tenang, bekerja santai, kepemimpinan demokratis, team work, tidak tergesa-gesa, mutual benefit, pengaruh fleksibel, non obsesi pekerjaan, under control

6 TAHAP STRES

Tahap 1 : semangat bekerja berlebihan (over acting), penglihatan tajam, perasaan mampu menyelesaikan masalah berlelbihan (all out), merasa senang tanpa disadari cadangan energi semakin menipis

Tahap 2 : Letih bangun pagi, lelah sesudah makan siang, lekas capai sore hari, keluhan lambung dan perut, berdebar-debar, oto punggung dan tengkuk tegang, tidak bisa santai

Tahap 3 : Gangguan pencernaan semakin meningkat, ketegangan otot-otot semakin terasa, ketegangan dan ketidaktenanganemosional semakin meningkat, gangguan pola tidur, koordinasi tubuh terganggu (seperti mau pingsan)

Tahap 4 : Bertahan sepanjang hari terasa sulit, aktivitas pekerjaan yang semula menyenangkan kini membosankan dan terasa sulit, tidak tanggap terhadap situasi, ketidakmampuan melaksanakan tuga rutin sehari-hari, gangguan pola tidur disertai mimpi-mimpi menegangkan, menolak ajakan, daya konsentarsi dan daya ingat menurun, kecemasan dan ketakutan tanpa sebab

Tahap 5 : kelelahan fisik dan mental semakin menjadi, ketidakmampuan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari yang ringan dan sederhana, gangguan sistem penecernaan semakin menjadi, ketakutan dan kecemasan semakin meningkat, mudah bingung dan panik

Tahap 6 : Debaran jantung semakin keras, nafas sesak dan megap-megap, sekujur badan terasa gemetar, dingin dan keringat bercucuran, ketiadaan tenaga uintuk hal-hal yang ringan, pingsan atau colaps

Stress pada eksekutif

Minuman keras dan rokok, libido, kesulitan mengambil keputusan, safety player, reaktif, berat badan, pola makan ,etika dan moral, “ping-pong”, over acting, wishful thinking, kekeliruan 

Reaksi Tubuh terhadap Stres

Rambut, mata, telinga, daya pikir, ekspresi wajah, mulut, kulit, sistem pernapasan, sistem kardiovaskular, sistem pencernaan, sistem perkemihan, siostem otot dan tulang , sistem endokrin, libido

Upaya Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Stres

Makan yang sehat dan teratur, tidur cukup, olah raga, tidak merokok dan minuman keras, berat badan ideal, pergaulan (silahturahmi), manajemen waktu, agama, rekreasi, sosial ekonomi (keuangan cukup), kasih sayang dll..

Jenis terapi : Terapi psikofarmaka, terapi somatik, psikoterapi, terapi psikoreligius, terapi psikososial, konseling..

So.. which part of stress are you.. don’t let it ruin your life.. FIGHT IT!!..

Quote from Pak Dadang :

Get sleep early, wake up earlier then your life will be healthy, wealthy & wise

Advertisements

Author:

i'm an ordinary mom & wife with ultraordinary love..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s